Kamis, 10 September 2009

9/11 Liputan6 - Aktual Tajam dan Terpercaya: RSS 0.92

Please add updates@feedmyinbox.com to your address book to make sure you receive these messages in the future.
Liputan6 - Aktual Tajam dan Terpercaya: RSS 0.92 Feed My Inbox

Vitamin D untuk Hindari Kanker Payudara
September 10, 2009 at 9:58 pm

Liputan6.com, Jakarta: Penelitian menyimpulkan bahwa pasien dengan kanker payudara yang memiliki kadar vitamin D rendah dalam tubuhnya dapat dengan cepat meninggal akibat penyakitnya. Selain itu, kanker payudara juga lebih mudah menyebar pada pasien kurang vitamin D dibandingkan dengan pasien yang cukup nutrisi. Penelitian membuktikan bahwa vitamin D atau vitamin cahaya matahari mempunyai kecenderungan sebagai antikanker.

Vitamin D dibentuk oleh kulit kita dari cahaya matahari. Namun, terlalu lama terpapar sinar matahari dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Para dokter percaya bahwa kulit yang terkena cahaya matahari selama 15 menit dalam beberapa hari selama seminggu tanpa tabir surya dapat memberikan keuntungan pada kesehatan.

Selain dari sinar matahari, vitamin D juga dapat ditemukan pada ikan salmon, tuna, dan minyak ikan lainnya. Vitamin D juga secara rutin ditambahkan dalam susu. Namun kadar nutrisi yang masuk ke dalam darah sangat sedikit bila melalui makanan.

Kadar vitamin D yang tinggi dalam darah dapat menurunkan risiko seseorang terkena kanker payudara sebanyak 50 persen. Namun sangat sedikit wanita yang memiliki kadar vitamin D tinggi dalam tubuhnya. Kadar vitamin D yang tinggi dalam darah memerlukan konsumsi 1.000 international unit (IU) vitamin D sehari dan kebanyakan wanita di Amerika hanya dapat sebanyak 320 IU.

Dilaporkan dalam penelitian, hanya 24 persen wanita yang diteliti mempunyai kadar vitamin D yang cukup pada saat pertama kali mereka didiagnosis terkena kanker payudara. Sisanya, kira-kira hampir dua kalinya, mempunyai kadar vitamin D yang rendah saat pertama kali terkena kanker payudara atau menyebar setelah 10 tahun. Sementara itu, lebih dari 73 persen cenderung meninggal akibat penyakit tersebut.

"Angka di atas menggambarkan perbedaan yang sangat besar dan baru kali ini vitamin D dihubungkan dengan kanker payudara," kata Dr. Pamela Goodwin dari Rumah Sakit Mount Sinai, Toronto, Kanada.

Walaupun demikian, orang-orang sebaiknya tidak langsung mengonsumsi suplemen vitamin D secara berlebihan. Para ahli belum sepakat mengenai berapa kadar vitamin D yang dibutuhkan dalam tubuh. Bila berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan. Sangat sulit untuk memberikan rekomendasi yang tepat sebab setiap individu mempunyai kadar basal yang berbeda-beda, yang juga dipengaruhi oleh sinar matahari, jenis kulit, dan waktu. Dokter menyarankan bagi penderita kanker payudara untuk memeriksakan kadar vitamin D dalam darah, untuk melihat terdapat kekurangan atau tidak.

Kanker payudara merupakan kanker yang paling sering terjadi pada wanita. Diperkirakan pada tahun ini terdapat 184.450 kasus kanker payudara dan 40.930 kematian dari penyakit ini di Amerika Serikat.(LUC)


Banjir Meluas, Puluhan Orang Hilang
September 10, 2009 at 9:58 pm

Liputan6.com, Istanbul: Banjir bandang yang menerjang Kota Istanbul, Turki, Kamis (10/9), kian meluas menyusul. Belum redanya bencana alam ini mengakibatkan 26 orang dinyatakan hilang. Sementara korban tewas mencapai 31 orang [baca: Banjir Bandang Rendam Turki, 31 Orang Tewas].

Selain menyebabkan korban tewas, banjir juga meluluhlantakkan ratusan rumah dan tempat usaha di kota tersebut. Banjir bandang ini diduga kuat karena perubahan iklim dan topografi Kota Istanbul yang kurang baik.(BOG/DIO)


Pencari Uang di Jalan Raya Kian Ramai
September 10, 2009 at 9:58 pm

Liputan6.com, Subang: Tradisi berebut uang receh di jalan raya di Subang, Jawa Barat, semakin ramai mendekati arus mudik. Pantauan SCTV, Kamis (10/9), bahkan, anak-anak rela menempuh bahaya demi berebut uang recehan yang dilemparkan pengendara mobil.

Meningkatnya arus kendaraan menjelang mudik Lebaran merupakan saat yang ditunggu-tunggu. Sebab, di waktu seperti ini uang recehan yang dilemparkan pengguna jalan yang melintas kian banyak. Meski berisiko tertabrak kendaraan, mereka tak terlalu memperdulikannya. Ditambah lagi tidak ada larang tegas bagi para pencari uang receh di jalan ini. Selengkapnya simak video berita ini.(BOG)


Warga Berebut Berkah Lailatul Qodar
September 10, 2009 at 9:58 pm

Liputan6.com, Solo: Menyambut datangnya Lailatul Qodar, Keraton Solo, Jawa Tengah, Kamis (10/9), menggelar ritual kirab lampu lampion yang dikenal dengan lampu ting-ting. Ritual tradisi selikuran tersebut diawali dengan kirab prajurit abdi dalem serta keluarga keraton sambil membawa puluhan lampu dan mengusung sesaji. Mereka menempuh jarak dua kilometer dari keraton menuju Taman Sriwedari.

Sesampai di pendapa Taman Sriwedari, para peserta kirab kemudian berkumpul bersama warga. Sebelum pembagian, mereka berdoa bersama sekaligus memohon ampun kepada Tuhan atas kesalahan yang telah diperbuat. Selesai, ratusan nasi tumpeng dari pihak keraton langsung diserbu warga yang sudah menunggu sejak petang hari. Mereka menggangap apabila mendapat nasi tumpeng akan mendapat berkah dan rezeki.

Tradisi ini merupakan perwujudan rasa syukur Keraton Solo yang sudah berlangsung turun temurun. Arak-arakan lampu lampion dan sesaji merupakan gambaran datangnya cahaya 1.000 bulan, malam lailatul qodar, yang diyakini datang setiap malam ganjil di 10 hari terakhir Ramadan. Selengkapnya simak video berita ini.(BOG)


Festival Qasidah, Media Dakwah Agama
September 10, 2009 at 9:58 pm

Liputan6.com, Polewali Mandar: Festival musik qasidah yang digelar di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, baru-baru ini, menarik minat kalangan anak-anak hingga orang tua. Wajar, jika festival musik yang digelar setiap tahun usai salat tawarih ini menjadi tontonan yang menghibur warga.

Beragam lirik lagu qasidah sarat dengan pesan-pesan agama serta moral yang dilantunkan peserta menjadikan kesenian ini begitu lekat di hati masyarakat Polewali Mandar yang dikenal religius. Festival qasidah yang digelar selama sepekan ini diikuti peserta dari masing-masing masjid di Polewali. Selengkapnya simak video berita ini.(BOG)


Capello Cermati Pantai Gading
September 10, 2009 at 5:20 pm

Liputan6.com, London: Sempurna. Itulah rapor penampilan Timnas Inggris di babak kualifikasi Piala Dunia (PD) 2010 Zona Eropa Grup 6. Dari delapan pertandingan yang telah dimainkan, The Three Lions sukses meraup hasil maksimal, 24 poin. Alhasil, Inggris meraih tiket otomatis melaju ke putaran final yang akan berlangsung di Afrika Selatan, Juni-Juli mendatang, mengikuti jejak Timnas Belanda yang tampil sebagai jawara Grup 9.

Meski putaran final masih jauh, berlangsung sembilan bulan ke depan, Capello telah memrediksi tim-tim yang bakal jadi batu sandungan bagi John Terry dkk untuk mengulang prestasi emas pada PD 1966 lalu. Sama halnya dengan pendapat pengamat, Capello pun menunjuk sejumlah tim-tim yang telah menjadi langganan putaran final dan yang kerap kali menjadi unggulan FIFA.

"Tim-tim yang berbahaya itu adalah Brasil, Argentina, Spanyol, dan Jerman. Mereka selalu jadi tim unggulan pertama," kata Capello seperti yang dikutip Daily Mail. "Tentu juga, kami pun pantas memerhatikan Timnas Italia," tegas pelatih yang lahir di San Canzian d'Isonzo, Provinsi Gorizia tersebut.

Namun, "Pastinya, terdapat satu tim asal Afrika yang pantas diwaspadai. Pantai Gading adalah tim yang sangat bagus. Lagipula, jangan lupa, turnamen kali ini bakal digelar di Afrika. Jadi, semangat mereka (tim-tim yang berasal dari Afrika) akan berbeda," tegas Capello.


Real Madrid, Klub Abad 20
September 10, 2009 at 5:20 pm

Liputan6.com, Bonn: International Federation of Football History and Statistics (IFFHS) atau Federasi Internasional Sejarah dan Statistik Sepakbola, lembaga yang bermarkas di Bonn, Jerman, mendaulat klub raksasa La Liga Spanyol, Real Madrid sebagai Klub Abad 20.

Seperti yang dilansir di laman resminya, IFFHS mendasarkan keputusannya itu berdasarkan hasil riset mendalam terkait hasil pertandingan sebuah tim di semua ajang kompetisi sejak 1901. Karena itulah, dalam daftar 10 Klub Terbaik Abad 20 tidak tercantum klub elite Liga Premier, Manchester United yang dalam dua dekade terakhir selalu tampil dominan dalam ranking klub versi IFFHS.

Di bawah Los Merengues, julukan Madrid, bercokol raksasa Liga Serie A Italia, Juventus. Peringkat ketiga terbaik ditempati klub yang di musim lalu menoreh rekor di La Liga Spanyol sebagai klub pertama yang berhasil meraih treble winners dalam semusim, Barcelona. Sementara, raksasa Italia lainnya, AC Milan dan tim elite Bundesliga, Bayern Muenchen menempati posisi keempat dan kelima.

Sebelumnya, sejak 1991, IFFHS mengenalkan sistem ranking klub dunia yang didasarkan atas keberhasilan tim meraih trofi. Pola semacam itu diklaim kurang fair dalam menilai performa klub. Karena itu, dengan mengacu pada permintaan klub, para jurnalis dan fans dalam menentukan klub terbaik abad ini, IFFHS menggodok pola baru yang didasarkan atas hasil pertandingan di setiap ajang kompetisi yang diikuti klub tersebut.

"Karena Club World Ranking dimulai sejak Januari 1991, pola seperti itu tidak dapat dipakai sebagai acuan atau basis untuk menentukan klub terbaik abad ini. Karenanya, IFFHS memutuskan mengacu pada hasil pertandingan setiap tim di semua ajang kompetisi yang diikutinya," demikian pernyataan IFFHS.

Dengan pola seperti itu, setiap klub atau tim mendapat penilaian dari hasil pertandingan yang diikutinya di ajang Liga Champions, UEFA Cup, European Cup Winners Cup, Mitropa Cup, Copa Latina, dan European Super Cup.

Berikut daftar 20 klub terbaik di Abad 20 versi IFFHS (dalam kurung jumlah poin):
1. Real Madrid, Spanyol (563,50)
2. Juventus, Italia (466,00)
3. Barcelona, Spanyol (458,00)
4. AC Milan, Italia (399,75)
5. Bayern Muenchen, Jerman (399,00)
6. Internazionale, Italia (362,00)
7. Ajax Amsterdam, Belanda (332,75)
8. Liverpool, Inggris (300,25)
9. Benfica, Portugal (299,00)
10. Anderlecht, Belgia (231,00)
11. Manchester United, Inggris (220,00)
12. Atletico Madrid, Spanyol (196,00)
13. Ferencvrosi, Hungaria (190,00)
14. Leeds United, Inggris (154,50)
15. Sparta Praha, Republik Ceska, (149,50)
16. Dinamo Kiev, Ukraina (144,50)
17. AS Roma, Italia (141,50)
18. SV Hamburg, Jerman (140,50)
19. Borussia Muenchengladbach, Jerman (136,50)
20. Tottenham Hotspur, Inggris (136,00)
(MEG)


Guille Franco Gabung The Hammers
September 10, 2009 at 5:20 pm

Liputan6.com, London: Amunisi lini depan West Ham United mendapat tambahan seiring dengan bergabungnya mantan striker Villarreal, Guillermo Franco. Penyerang veteran kelahiran Argentina yang memperkuat Timnas Meksiko berusia 32 tahun ini menyetujui penawaran kontrak personal terms yang disodorkan The Hammers, julukan West Ham. Franco setuju dan meneken kontrak selama setahun di Upton Park.

Sebelumnya, Franco yang kontrak kerjanya di Estadio Madrigal tidak diperpanjang, disebut-sebut akan kembali ke Argentina dan bergabung dengan Estudiantes. Namun, Franco memutuskan bergabung dengan skuad asuhan Gianfranco Zola yang memang sedang membutuhkan striker baru untuk menjadi tandem atau pelapis bagi Carlton Cole.

"Segala sesuatunya telah diselesaikan. Saya akan segera bergabung bersama West Ham," tutur Franco seperti yang dikutip Daily Mail. "Saya sangat senang. Tampil di ajang Liga Premier merupakan salah satu keinginan saya. Saya gembira hal itu dapat direalisasikan," imbuhnya.

Sepanjang bursa transfer musim panas lalu, Zola sibuk mencari tambahan penyerang. Setelah merekrut striker Livorno, Alessandro Diamanti, di hari terakhir, West Ham gagal memboyong striker asal Zimbabwe, Benjani Mwaruwari dari Manchester City.

"Gianfranco Zola dan Gianluca Nani (Direktur Teknik Klub) membicarakan tentang kemungkinan merekrut seorang penyerang yang kontrak kerjanya telah kedaluwarsa," demikian pernyataan resmi The Hammers pekan lalu. Boleh jadi, Franco menjadi rekrutmen terakhir West Ham yang sebelumnya santer dikabarkan mengincar mantan penyerang Newcastle United, Mark Viduka. (MEG)


Isu Korsleting Bikin Panik, Lima Siswa Tewas
September 10, 2009 at 5:20 pm

Liputan6.com, New Delhi: Lima murid tewas dan 31 lainnya terluka akibat berdesak-desakan di tangga darurat sekolah di New Delhi, India, Kamis (10/9) pagi. Mereka bersama ratusan pelajar lainnya berupaya menyelamatkan diri karena muncul isu korsleting listrik di sekolah saat para siswa sedang mengikuti ujian.

Kepanikan juga membuat orangtua para siswa mendatangi sekolah. Mereka histeris melihat adanya korban jiwa dan luka-luka. Para orangtua kesal karena sekolah tidak memberi perlindungan sehingga jatuh korban tewas. Kekesalan orangtua diungkapkan dengan melempari sekolah.

Korban terluka saat ini dirawat di Rumah Sakit Guru Tegh Bahadur. Insiden memicu kerusuhan luas di jalan-jalan sekitar sekolah. Bentrokan pun tak terhindarkan antara massa dan polisi. Belum diketahui jumlah korban luka. Sejauh ini otoritas setempat telah memerintahkan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti jatuhnya korban dalam insiden. Simak selengkapnya di video.(YNI/ANS)


Gaun Pengantin dari Tisu nan Multifungsi
September 10, 2009 at 5:20 pm

Liputan6.com, Tel Aviv: Gaun pernikahan biasanya terbuat dari bahan dan hiasan yang mewah. Namun di tangan perancang busana Israel, gaun pengantin yang indah justru dibuat dari kertas tisu. Selain lebih ringan dan murah, gaun pengantin ini tak kalah indahnya dengan gaun berbahan sutra atau tekstil mahal lainnya.

Pagelaran busana pengantin unik ini dilakukan tujuh perancang busana Israel bersama sebuah produsen tisu menjelang tanggal unik, 9 September 2009. Atau 09-09-09. Gaun-gaun ini tak hanya ramah lingkungan tapi juga multifungsi. Kertas tisunya dapat digunakan untuk menyeka air mata bahagia atau menghapus rias wajah yang kacau.

Rencananya gaun pengantin dari tisu ini dilelang dan hasilnya akan disumbangkan ke badan amal. Bagaimana, Anda berminat? Simak contoh gaun-gaun pengantinnya dalam video berikut.(TES/AND)


Siswi SMA Diduga Tewas Dibunuh Pacar
September 10, 2009 at 12:41 pm

Liputan6.com, Pontianak: Seorang pelajar sekolah menengah atas ditemukan tewas di sebuah pemakaman Tionghoa di Pontianak, Kalimantan Barat, baru-baru ini. Korban ditemukan seorang penjaga makam dengan kondisi leher nyaris putus dan kepala pecah. Berdasarkan data di buku korban, jenazah itu adalah Indah Nugraha Ningtias, warga Gang Analis di Jalan Rumah Sakit Sudarso.

Dari penjaga makam pula diperoleh keterangan bahwa dia melihat seorang pria yang mencurigakan. Dugaan polisi kemudian mengarah pada pacar korban yang juga satu sekolah dengan Indah. Hanya berselang empat jam setelah penemuan jenazah, polisi akhirnya menangkap Muhammad Arif di rumahnya.

Polisi juga menyita barang bukti berupa pisau dan sepatu yang diduga sebagai alat untuk menghabisi nyawa korban. Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka kini mendekam di tahanan Markas Kepolisian Kota Besar Pontianak. Selengkapnya saksikan video berita ini.(ADO/ANS)


Nenek Lumpuh Tewas Saat Kebakaran
September 10, 2009 at 12:41 pm

Liputan6.com, Penajam: Seorang nenek yang lumpuh tewas saat rumahnya dilalap api di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (10/9) siang. Kobaran api juga menghanguskan puluhan rumah hingga kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah. Menurut saksi mata, api pertama kali terlihat dari sebuah rumah di dekat salon.

Sempitnya jalan sempat menyulitkan 10 mobil pemadam kebakaran mencapai lokasi. Sementara lokasi kebakaran di jalur Trans Kalimantan Timur ini juga membuat arus lalu lintas terputus. Untuk menampung para korban, pemerintah setempat membangun tenda darurat.

Musibah serupa menimpa 16 rumah di Kelurahan Pemurus, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Api diduga dari obat nyamuk bakar di salah satu rumah. Warga yang sebagian masih terlelap sesaat setelah makan sahur tak dapat menyelamatkan harta benda mereka. Buat memastikan penyebab kebakaran, polisi tengah memeriksa sejumlah saksi. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kejadian nahas pun terjadi di kawasan Jalan Kali Anyar, Tambora, Jakarta Barat, Kamis pagi. Sedikitnya 17 rumah hangus terbakar. Kobaran api diduga berasal dari sebuah bangunan usaha konveksi yang kemudian merambat ke rumah sekitar. Tiupan angin membuat usaha warga memadamkan si jago merah tak berarti.

Sebanyak 20 mobil pemadam kebakaran yang tiba di lokasi baru bisa menjinakkan api satu jam setelah kejadian. Tak ada korban jiwa dalam musibah ini. Namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Simak selengkapnya di video.(ZAQ/ANS)


"Hantu" Bisnis Rental Mobil
September 10, 2009 at 12:41 pm

Liputan6.com, Jakarta: Momentum mudik seperti musim Lebaran adalah masa panen bagi pengusaha rental mobil. Meski harga sewa dinaikkan, permintaan pasar tetap tinggi. Namun di balik potensi keuntungan yang berlipat ganda itu, ada risiko yang menghantui para pengusaha jasa sewa kendaraan. Belum lama berselang, seorang sopir mobil sewaan ditemukan tewas di pinggir jalan di Malang, Jawa Timur. Tak hanya nyawa, kendaraan yang dikemudikan korban pun turut dirampas.

Sebagai langkah antisipasi, pengelola mobil sewaan bertindak selektif memilih pelanggan. Sebelum penyewaan disetujui, pengelola mensurvei calon pelanggan. Di antaranya dengan meminta mengisi data pribadi, sekaligus mengecek rumah calon pelanggan. Calon penyewa juga harus mempunya nomor telepon rumah. "Kalau perlu cek ke RT," ucap pengusaha rental mobil, Akbar di Jakarta. Kalau meyakinkan, barulah kunci mobil diberikan kepada pelanggan.

Namun cara ini juga bukan jaminan. Di Depok, Jawa Barat, seorang tokoh masyarakat ketua yayasan sebuah majelis taklim menyewa delapan mobil dari tiga tempat penyewaan. Namun, setelah masa sewa berakhir, mobil tak kunjung dikembalikan. Memang, penyewa tak kabur. Namun, semua mobil yang disewa ia gadaikan dengan masing-masing nilai gadai di atas Rp 10 juta.

Entah apa lagi kiat menghindari tindak kejahatan dalam usaha penyewaan kendaran. Bersikap selektif memilih calon pelanggan tentu harus tetap dilakukan. Di antaranya dengan tidak mudah tergiur menyewakan kendaraan dengan jangka waktu panjang meski menjanjikan pendapatan berlipat. Selengkapnya, simak video.(ZAQ/AND)


Bee Gees Siap Manggung Lagi
September 10, 2009 at 12:41 pm

Liputan6.com, London: Pecinta Bee Gees perlu menyimak kabar berikut ini. Sejak kehilangan salah satu personilnya, Maurice Gibb, kelompok ini tak terdengar kiprahnya di blantika musik dunia. Namun, kini Bee Gees yang menyisakan Robin dan Barry Gibb itu siap kembali manggung. Demikian diwartakan National Ledger, Rabu (9/9).

Robin dan Barry mengaku tak mudah untuk melakukan pertunjukan tanpa saudaranya, Maurice. Sebab, mereka terbiasa berbagi pentas bertiga. Setelah enam tahun sejak kematian Maurice di usia 53 tahun, baru sekarang dua bersaudara ini bisa kembali reuni. "Kini kami berdua telah kembali lagi. Tidak mudah ketika Anda kehilangan seseorang yang sangat dekat ," ujar Robin saat diwawancarai sebuah radio.

Maurice meninggal dunia pada Januari 2003 silam karena sakit. Sejak itulah peraih Grammy Awards ini tak terdengar lagi. Kelompok yang berdiri pada 1958 itu telah merilis 21 album. Tembang How Deep is Your Love, Immortality, dan Chain Reaction adalah beberapa single yang terkenal pada eranya.(YUS)


Buang Bayi, Dua Pelajar SMA Dicokok
September 10, 2009 at 12:41 pm

Liputan6.com, Ponorogo: Terjawab sudah orangtua yang tega membuang darah dagingnya di Ponorogo, Jawa Timur, pertengahan Agustus lalu. Titik Setyowati dan Tri Wiranto, sepasang kekasih yang masih berstatus pelajar sekolah menengah atas di Pacitan ini ditangkap polisi, belum lama berselang, karena diduga sebagai orangtua sang bayi.

Saat diperiksa di Markas Kepolisian Resor Ponorogo, keduanya mengaku tega membuang sang bayi yang baru berusia 10 hari itu karena malu status mereka belum suami istri.

Kasus ini bermula pada 19 Agustus silam, ketika warga Dusun Jajar, Desa Binade, dikagetkan dengan penemuan bayi laki-laki di rumah seorang warga [baca: Bayi Ditemukan di Teras Rumah Warga]. Beruntung nyawa bayi tidak berdosa itu bisa diselamatkan dan masih dalam perawatan di rumah sakit setempat. Selengkapnya saksikan video berita ini.(ADO/ANS)


Kehadiran Tentara Inggris di Irak Ditentang
September 10, 2009 at 8:03 am

Liputan6.com, London: Enam dari sepuluh warga Inggris berpendapat tentara Inggris tidak seharusnya pergi ke Irak. Demikian kesimpulan sebuah survei yang diselenggarakan untuk Museum Tentara Nasional Inggris, Kamis (10/9).

BBC melansir sebanyak 20 persen dari 2.000 orang yang disurvei mendukung kebijakan itu. Sementara 20 persen lainnya memilih bersikap netral, tidak tahu, atau abstain.

Terhadap persoalan yang sama di Afghanistan, 53 persen menentang pengiriman pasukan Inggris, 25 persen lainnya setuju, sementara sisanya tidak tahu. Meski begitu, sekitar dua pertiga responden mengaku akan mendukung keputusan anak mereka jika ingin masuk dinas militer.

Survei dilakukan bersamaan dengan pembukaan pameran baru di Museum London, berjudul "Konflik Kepentingan", dengan fokus pada peran tentara Inggris sejak 1969. Kurator pameran itu, Mairead O'Hara, menyatakan survei ini memberikan masukan penting terhadap pandangan publik terkait peran angkatan bersenjata, terutama di Irak dan Afghanistan. "Di museum ini kami menawarkan kesempatan untuk memperdebatkan persoalan, dimana galeri 'Konflik Kepentingan' bertindak sebagai ajang diskusi," kata O'Hara.(AND)


Jelang Lebaran, Permintaan Pakaian Bekas Melonjak
September 10, 2009 at 8:03 am

Liputan6.com, Polewali: Kendati harga-harga kebutuhan hidup terus mencekik leher, tak membuat antusiasme warga Polewali Mandar, Sulawesi Barat, kehilangan semangat untuk menyambut Lebaran. Sekalipun dengan cara yang sederhana lantaran tak bisa berlebaran dengan pakaian serba baru, barang bekas pun jadi pilihan. Tak mengherankan, bila permintaan pakaian bekas atau yang biasa disebut cakar melonjak drastis hingga 50 persen.

Berdasarkan pantauan SCTV, sejak Kamis (10/9) pukul 08.00 WITA, ratusan warga sudah memadati pusat penjualan barang pekas di Pasar Sentral Pekkabata, Polewali Mandar. Mereka saling berdesak-desakan di tengah suasana yang pengab akibat padatnya pengunjung. Meski hari masih pagi, tak menyurutkan niat mereka untuk berburu cakar.

Di Pasar Sentral Pekkabata ini, beragam motif pakaian ditawarkan. Selain itu, aneka kebutuhan pakaian seperti celana, baju, sepatu, sarung, dan pakaian anak-anak dengan harga murah bisa ditemui. Sejumlah warga mengaku membeli pakaian bekas tak hanya untuk keperluan Lebaran, tapi juga untuk pakaian sehari-hari.

Harga yang ditawarkan juga sangat ekonomis. Dengan selembar uang Rp 50 ribu, pengunjung sudah bisa membawa 3-4 jenis pakaian. Salah seorang pedagang cakar, Arif, memperkirakan lonjakan permintaan pakaian bekas terutama baju, celana, dan sepatu akan semakin tinggi pada H-3 Idulfitri.(UPI/ANS)


Pegawai Gubernuran Saling Dorong dengan Wartawan
September 10, 2009 at 8:03 am

Liputan6.com, Ambon: Tim Kejaksaan Tinggi Maluku, Kamis (10/9) siang, melakukan penggeledahan di ruangan Biro Keuangan kantor Gubernur Maluku. Aksi tersebut berlangsung ricuh sebab sejumlah pegawai terlibat saling dorong dengan wartawan karena malu diliput.

Aksi penggeledahan yang dipimpin V. Teturan ini ditujukan untuk mencari dokumen laporan keuangan pemerintah daerah Maluku, terkait dugaan penyalahgunaan sisa anggaran sekretaris daerah Maluku sebesar Rp 5,4 miliar tahun anggaran 2006. Anggaran tersebut diduga telah dibagikan kepada seluruh anggota DPRD Maluku untuk tunjangan insentif komunikasi anggota dewan.

Kericuhan kemudian terjadi lantaran sejumlah pegawai menolak untuk diliput lantaran malu saat ruangan mereka digeledah tim Kejati Maluku. Aksi saling dorong pun terjadi di depan pintu masuk ruang Biro Keuangan Maluku. Bahkan sejumlah wartawan nyaris terlibat adu jotos dengan pegawai kantor gubernur. Polisi Pamong Praja akhirnya turun tangan melerai aksi saling dorong ini.(TES/YUS)


Korban Gempa di Pangalengan Butuh Bahan Bangunan
September 10, 2009 at 8:03 am

Liputan6.com, Pangalengan: Warga korban gempa bumi di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, saat ini mulai memperbaiki rumah mereka. Namun kebanyakan warga tak memiliki cukup dana untuk memugar rumah yang rusak cukup parah akibat diguncang gempa 7,3 skala Richter, Rabu pekan silam.

Warga membutuhkan bantuan berupa bahan bangunan seperti semen, pasir, dan genting. Selain itu, korban gempa juga membutuhkan alat berat seperti beko untuk meratakan bangunan rumah mereka. Sebab, sekalipun rumahnya masih berdiri, kondisinya sudah rusak berat sehingga tidak layak untuk dihuni kembali.(TES/ANS)


Dokter Desak Larangan Iklan Alkohol
September 10, 2009 at 8:03 am

Liputan6.com, London: Para dokter di Inggris mendesak larangan menyeluruh iklan alkohol untuk mengatasi melonjaknya konsumsi alkohol dan mencegah masalah yang ditimbulkannya. Laporan Asosiasi Medis Inggris (BMA) seperti diwartakan BBC, Rabu (9/9),  menyebutkan alkohol saat ini menjadi penyebab utama kematian dan kecacatan setelah rokok dan tekanan darah tinggi.

Alkohol adalah minuman yang paling digemari di Inggris. Konsumsinya pun meningkat tajam. Akibatnya, pengaruh buruk alkohol pada kesehatan makin meningkat. BMA menginginkan tindakan tegas untuk mengatasi masalah itu. Badan tersebut menginginkan pelarangan menyeluruh iklan alkohol, dalam mendukung acara olahraga dan konser musik.

Badan itu juga mengusulkan diterapkannya harga minimum semua produk alkohol dan pajak alkohol diatas tingkat inflasi. BMA mengatakan konsumsi alkohol secara berlebihan sekarang sudah menjadi kebiasaan. Para dokter menilai potongan harga, kemudahan mendapatkan karena izin operasi 24 jam, dan iklan massal yang menggunakan situs jaringan sosial menjadi pemicu utama peningkatan konsumsi alkohol.(AND)


Warna-warni 99 Paralayang di Pantai Timbis
September 10, 2009 at 3:26 am

Liputan6.com, Nusa Dua: Rekor baru tercipta di Nusa Dua, Bali. 99 atlet paralayang menggelar atraksi terbang bersama di Pantai Timbis, sembari menikmati keindahan pantai Bali dari udara, Rabu (9/9).

Bahkan, Dedi Arifianto, salah seorang pilot yang ikut terbang bareng dinyatakan telah memecahkan rekor terbang terlama, yakni 9 jam 9 menit. Selain itu, upaya terbang bersama 99 paralayang ini juga telah memecahkan rekor baru, mengalahkan rekor sebelumnya, terbang bersama 88 paralayang pada 2008 lalu. Selengkapnya, simak video berita ini.(UPI/DIO)


Palm Pixi, Smartphone Ramping nan Murah
September 10, 2009 at 3:26 am

Liputan6.com, Sunnyvale: Perusahaan pembuat telepon cerdas, Palm memperkenalkan smartphone berbasis WebOS terbarunya, Palm Pixi, Rabu (9/9) waktu setempat. Produk ini memang sengaja diciptakan dalam suasana liburan lantaran ditujukan untuk pengguna yang lebih muda dibandingkan yang memakai smartphone sebelumnya, Palm Pre.

Tak hanya ramping, produk ini juga menawarkan desain yang segar hingga fitur-fitur baru. Di antaranya kapasitas menyimpan sebesar delapan Gigabita dan layar yang setengah inci lebih kecil dari Palm Pre, yakni 2,63 inci dengan resolusi 320 x 400 piksel. Kendati demikian, beberapa pengorbanan juga dilakukan demi merabat biaya produksi.

Seperti dilansir Cnet News, harga pasar Palm Pixi diperkirakan sekitar US$ 100 atau Rp 1 juta. Jika memang benar akan dipasarkan dengan harga semurah itu, tak mustahil para remaja dan pengguna baru telepon cerdas akan menyerbu Palm Pixi ini muai Desember mendatang.(DIO)


Ellen DeGeneres Resmi Gantikan Paula Abdul
September 10, 2009 at 3:26 am

Liputan6.com, Los Angeles: Pembawa acara Ellen DeGeneres telah dipastikan menggantikan Paula Abdul menjadi juri keempat kontes menyanyi American Idol. Dia telah menandatangani kontrak dengan produser film Warner Bros untuk mendampingi Simon Cowell, Randy Jackson dan Kara DioGuardi selama lima tahun ke depan mulai musim tayang ke sembilan.

Seperti diwartakan Hollywoodreporter.com (THR.com), DeGeneres membocorkan kabar tersebut saat tengah rekaman acaranya, "The Ellen DeGeneres Show", Rabu (9/9) waktu setempat. Saat itu dia menerangkan bahwa meskipun bergabung dengan Idol, namun dirinya takkan meninggalkan acara tersebut. Karena lega akan kabar baik itu, penonton setia pun bertepuk tangan.

DeGeneres mengaku tak pernah melewatkan setiap episode dari kompetisi bernyanyi yang sangat populer di Amerika Serikat (AS) tersebut. Dia berharap nantinya bisa memberikan "penilaian khalayak umum" saat bergabung dengan juri-juri lainnya.

Menurut pencipta dan poduser eksekutif Idol, Simon Fuller, DeGeneres telah menjadi penggemar acara itu selama bertahun-tahun lamanya. "Cintanya pada musik dan pemahaman mengenai publik AS akan membawa sentuhan unik pada juri-juri Idol," ujar Fuller.

Selain itu, DeGeneres pun diketahui sudah tidak asing lagi dengan panggung Idol. Pasalnya, dia pernah menjadi presenter pendamping Ryan Seacrest di acara kampanye derma "Idol Gives Back" pada 2007 silam.

Presiden alternatif Fox, Mike Darnell yakin bahwa DeGeneres memiliki banyak pengalaman dalam dunia hiburan. Selain itu, dia juga memiliki kecintaan dan penilaian yang cerdas tentang musik. Sehingga, dia diharapkan akan menambah energi baru yang segar untuk acara itu.

Menyusul pengunduran diri tiba-tiba Abdul pada Agustus silam lantaran masalah gaji, Idol kemudian merekrut sederet nama-nama tenar untuk menjadi juri tamu. Di antaranya ada Victoria Beckham, Mary J. Blige, Kristin Chenoweth, Joe Jonas, Neil Patrick Harris, Avril Lavigne, Katy Perry dan Shania Twain.(LUC)


Mbak Tutut Tak Minat Ikut Bersaing
September 10, 2009 at 3:26 am

Liputan6.com, Bekasi: Menjelang Musyawarah Nasional Partai Golongan Karya (Golkar) 6 hingga 8 Oktober mendatang, sejumlah nama bermunculan untuk menjadi ketua umum baru partai tersebut. Selain Aburizal Bakrie dan Surya Paloh, dua anak mantan presiden Soeharto yakni Siti Hardiyanti Rukmana atau "Mbak Tutut" dan Hutomo Mandala Putra alias Tommy juga ikut disebut.

Kendati demikian, saat meresmikan sebuah masjid di Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (9/9), Tutut membantah dirinya tertarik untuk memperebutkan posisi puncak di partai beringin itu. Dia justru mengaku lebih tertarik mengurusi keluarga. Selengkapnya simak video berita ini.(IRN/DIO)


Panglima TNI: Susah Lacak Penembak Mobil Danramil
September 10, 2009 at 3:26 am

Liputan6.com, Jakarta: Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso mengaku pengejaran terhadap para pelaku penembakan mobil Komandan Rayon Militer (Danramil) Tembagapura Kapten Inf Ronald Nainggolan di Mile 42 Tembagapura, Timika, Papua, tak mudah. Medan pelacakan terbilang sulit untuk dijelajahi, sehingga pengejaran membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Pernyataan ini diungkapkan Panglima TNI sebelum rapat kabinet paripurna di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (10/9). Saat ini, pengejaran pelaku tergabung dalam Satgas Amole yang dipegang polisi dan dibantu oleh TNI. "Kita harus melakukan patroli, pengendapan, mencari, menemukan dan menangkap pelaku," kata Panglima TNI.

Seperti diberitakan sebelumnya, mobil yang ditumpangi Ronald bersama tiga penumpang lainnya ditembaki dalam perjalanan dari Timika ke Tembagapura, kemarin. Mobil tersebut membawa sejumlah bahan makanan pokok. Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa tersebut. Kendaraan itu mampu meloloskan diri hingga diamankan di Mile 50.(JUM/LUC)

 

This email was sent to auliaganteng4@gmail.comCreate Your Account
Don't want to receive this feed any longer? Unsubscribe here.

2 komentar: