Selasa, 08 September 2009

9/9 Liputan6 - Aktual Tajam dan Terpercaya: RSS 0.92

Please add updates@feedmyinbox.com to your address book to make sure you receive these messages in the future.
Liputan6 - Aktual Tajam dan Terpercaya: RSS 0.92 Feed My Inbox

Obama: Batasi Informasi Pribadi di Facebook
September 8, 2009 at 10:51 pm

Liputan6.com, Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama memperingatkan remaja AS mengenai bahaya mempublikasikan terlalu banyak informasi pribadi di situs-situs jejaring sosial internet, Selasa (8/9) waktu setempat. Menurut Obama, seperti diwartakan Reuters, hal itu bisa menghantui mereka di kemudian hari.

Wejangan Obama ini mengikuti kajian terbaru yang menyarankan perusahaan-perusahaan AS untuk lebih sering mengunjungi situs-situs seperti Facebook dan MySpace guna memeriksa latar belakang pelamar kerja. Untuk itulah Obama mengajak para generasi muda agar lebih membatasi informasi pribadi yang dapat mempengaruhi keputusan perusahaan-perusahaan tersebut saat akan mempekerjakan seseorang. "Dan ketika Anda masih muda, Anda melakukan kesalahan dan hal-hal bodoh," ujar Obama.

"Saya telah mendengar banyak mengenai anak-anak muda yang suka mempublikasikan hal-hal pribadinya di Facebook, dan kemudian tiba-tiba mereka pergi melamar pekerjaan dan seseorang telah melakukan pemgamatan."

Sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh situs untuk para pencari kerja Careerbuilder.com pada Juni menunjukkan bahwa 45 persen perusahaan-perusahaan menggunakan situs jejaring sosial guna mencari kandidat pegawai. Facebook yang telah memiliki 250 juta pengguna di seluruh dunia merupakan situs pilihan mereka.

Sebanyak 35 persen dari perusahaan yang disurvei mengatakan telah menemukan beberapa informasi yang mempengaruhi mereka untuk menolak calon pekerja. Contohnya adalah foto-foto yang tidak pantas, kebiasaan minum alkohol atau memakai narkoba, hingga kata-kata kasar yang diutarakan pada perusahaan, rekan kerja, atau klien sebelumnya.

Gedung Putih di bawah pimpinan Obama saat ini cukup sering menggunakan Facebook, Twitter, dan situs jejaring sosial lainnya. Tujuannya adalah untuk menghindari media dan berkomunikasi langsung dengan rakyatnya.(AND)


Menko Kesra Akan Bertemu Panglima OPM
September 8, 2009 at 10:51 pm

Liputan6.com, Timika: Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie pada Rabu (9/9) pagi dijadwalkan bertemu Panglima Organisasi Papua Merdeka (OPM) dalam kunjungan kerjanya ke Enarotali, Kabupaten Paniai, Papua.

Kepada wartawan di Timika, Selasa malam, Ical-panggilan akrab Aburizal-mengakui, pertemuan itu bukan agenda utama karena kunjungan kerjanya ke Enarotali adalah untuk meresmikan dimulainya pembangunan permukiman terpadu tahap I di kampung Madi, Enarotali. "Saya mendapat informasi bahwa Tadius Yogi saat ini sedang sakit sehingga pertemuan itu mungkin tidak dapat dilaksanakan. Namun kami siap jika pertemuan itu tetap diwujudkan," tutur Ical seperti dikutip ANTARA.

Menko Kesra mengakui, saat ini pihaknya lebih mengutamakan pendekatan kesejahteraan dengan OPM. Dengan pendekatan itu, diharapkan mereka mau turun kembali ke kampung halamannya dan membaur dengan masyarakat lainnya dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebelumnya, pada Selasa kemarin Menko Kesra menyerahkan 390 unit rumah beserta sarana penunjangnya untuk mantan OPM di dua kabupaten di Papua yakni Kabupaten Pegunungan Bintang dan Kabupaten Lani Jaya.(AND)


Banjir Bandang Landa Turki
September 8, 2009 at 10:51 pm

Liputan6.com, Istanbul: Hujan deras yang mengguyur Turki memicu banjir bandang di wilayah barat negara itu, Selasa (8/9). Sedikitnya delapan orang hilang tersapu banjir, termasuk satu keluarga yang terdiri dari lima orang. Sejauh ini, petugas penyelamat baru menemukan empat korban, salah satunya anak perempuan berusia enam tahun. Diperkirakan jumlah korban tewas terus bertambah.

Banjir turut pula merendam wilayah Silivri dan Catalca di Provinsi Istanbul. Akibatnya, ruas jalan menuju wilayah tersebut terputus. Selengkapnya simak video berita ini.(TES/BOG)


Ayah Lutviana Ulfa Depresi
September 8, 2009 at 10:51 pm

Liputan6.com, Semarang: Suroso, ayah Lutviana Ulfa pada Selasa (8/9) menjalani perawatan di Rumah Sakit Bhayangkari Semarang, Jawa Tengah, karena menderita depresi berat. Suroso yang menjadi tersangka kasus pernikahan di bawah umur antara anaknya Lutviana Ulfa dengan Pujiono Cahyo Widiyanto alias Syeh Puji tak kuasa menahan beban mental dan tekanan psikis atas kasus tersebut.

Di bawah penjagaan ketat aparat kepolisian di luar ruangan perawatan, Suroso menjalani perawatan di ruang Flamboyan, lantai dua RS Bhayangkari. Suroso menjalani perawatan dengan ditangani oleh spesialis kejiwaan.

Menurut salah seorang penasehat hukumnya, Muhammad Rofian, Suroso hingga saat ini belum bisa diajak berkomunikasi. Suroso mengalami depresi berat setelah ditahan Polwiltabes Semarang sejak 15 Juli 2009 lalu sebagai tersangka kasus pernikahan di bawah umur.

Suroso menjadi tersangka karena membiarkan anaknya yang saat itu masih berumur 12 tahun dinikahi Syeh Puji. Kasus tersebut kini masih terus berjalan. Tersangka utama, Syeh Puji kini ditahan di Kejaksaan Tinggi Ambarawa menunggu proses persidangan.(TES/AND)


Korban Gempa Harap Bantuan Merata
September 8, 2009 at 10:51 pm

Liputan6.com, Garut: Korban gempa di Garut, Jawa Barat, hingga Rabu (9/9), masih membutuhkan bantuan, terutama makanan serta tenda pengungsian. Mereka berharap bantuan bisa didistribusikan dengan cepat dan merata.

Menurut sejumlah pengungsi korban gempa, mereka belum mendapat bantuan yang diharapkan. Berdasarkan laporan dari Satuan Penanggulangan Bencana Kabupaten Garut, tercatat sedikitnya 13 ribu pengungsi kini berada di tenda-tenda pengungsian di kawasan selatan kabupaten tersebut.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf, menyatakan manajemen bencana belum dibentuk secara terpusat sehingga penanganan dilakukan secara sporadis dan tidak merata. Selengkapnya simak video berita ini.(TES/BOG)


Nigeria Panggil Kembali Okocha
September 8, 2009 at 6:16 pm

Liputan6.com, Abuja: Pada Februari 2008, menyusul hasil buruk Timnas Nigeria di Piala Afrika, Berti Vogts meletakkan jabatannya sebagai pelatih Super Eagles, julukan timnas Nigeria. Posisinya diambil alih James Peters. Tak berapa lama, Federasi Sepakbola Nigeria (NFF) menunjuk Shaibu Amodu untuk menangani timnas. Target yang diembankan di pundak Amodu, 51 tahun, adalah mengantarkan John Obi Mikel dkk melaju ke putaran final Piala Dunia (PD) 2010 di Afrika Selatan (Afsel).

Hasil kurang menggembirakan yang diraih Nigeria di babak kualifikasi PD 2010 putaran ketiga Grup B Zona Afrika membuat posisi Amodu digoyang. Terlebih di mata Presidential Task Force (PTF) 2010, gugus tugas yang diperbantukan untuk meloloskan Nigeria ke Afsel. Namun, Presiden NFF, Sani "Lulu" Abdullahi tetap keukeuh memercayai Amodu.

Kegagalan meraih poin penuh saat menjamu Tunisia yang notabene tim saingan terkuat di Grup B, Minggu (6/9) lalu kembali memicu ketidakpercayaan terhadap Amodu. Seusai pertandingan, para fans Nigeria pun menumpahkan kekecewaannya dengan melempari bus yang ditumpangi Obi Mikel dkk dan menuntut Amodu untuk meletakkan jabatannya.

Seperti yang dilansir Goal, guna menyelesaikan konflik dengan PTF dan memikat hati para pendukung timnas, NFF mengambil jalan tengah dengan merekrut kembali mantan kapten Super Eagles, Austin "Jay-jay" Okocha.

Kembalinya Okocha memang menjadi isu hangat setelah mantan pemain Hull City ini tampak duduk di bangku cadangan di laga lawan Tunisia. Namun, tugas yang diemban Okocha bukanlah kembali aktif tampil di lapangan hijau, melainkan sebagai asisten teknik bagi Amodu. Selain Okocha, NFF menunjuk John Mastoroudes.

Sani Lulu sendiri tetap bersikeras bahwasanya di tangan Amodu, Obi Mikel dkk mampu melaju ke Afsel. Padahal, melihat klasemen sementara Grup B—Nigeria tertinggal dua poin dari Tunisia—dan jadwal yang tersisa, peluang Nigeria untuk tampil sebagai juara grup atau lolos ke Afsel terbilang sangat berat. Selain harus memenangkan dua partai sisa, melawan Mozambik dan Kenya, Nigeria berharap langkah Tunisia terganjal di laga lawan kedua tim tersebut. (MEG)


Banyak Peserta Tak Memiliki Integritas Baik
September 8, 2009 at 6:16 pm

Liputan6.com, Jakarta: Erry Riyana Hardjapamekas menjalani uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di Komisi Keuangan dan Perbankan DPR di Jakarta, Selasa (8/9). Di antara tujuh orang yang diuji malam tadi, mantan wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu diuji selama satu setengah jam lebih.

Meski mendapatkan pujian dari anggota DPR, Erry mengaku kecewa karena banyaknya peserta yang diuji tak memiliki integritas yang baik. Karena itu, ia mengaku masih pikir-pikir jika terpilih sebagai ketua BPK.

Sinyalemen Erry diamini salah seorang calon yang mundur, Nursanita Nasution. Ia mengaku kecewa dengan proses perekrutan yang tak sesuai dengan undang-undang, seperti pegawai negeri sipil di BPK boleh ikut uji kelayakan dan kepatutan termasuk pejabat di lembaga tersebut yang seharusnya nonaktif dulu.

Proses uji kelayakan dan kepatutan berlangsung hingga Jumat depan. Salah seorang yang akan diuji adalah Taufikurahman Ruki, mantan ketua KPK. Seleksi calon anggota BPK ternyata menggoda para politisi sekaligus anggota Komisi Keuangan dan Perbankan DPR. Di antaranya ada Ali Masykur Musa dan Misbah Hidayat dari Partai Kebangkitan Bangsa. Selain itu, ada Ahmad Hafiz Zawawi dan Tengku Muhammad Nurlif dari Partai Golkar [baca: Wakil Rakyat pun Tergiur].(BOG)


Hiddink Mungkin Mainkan Arshavin
September 8, 2009 at 6:16 pm

Liputan6.com, Cardiff: Dua tim, Jerman dan Rusia bersaing ketat memperebutkan tiket otomatis ke putaran final Piala Dunia (PD) 2010. Tim Panser sementara menduduki puncak klasemen Grup 4 Zona Eropa dengan jumlah perolehan 19 poin dari hasil tujuh pertandingan atau hanya terpaut satu angka dari pundi-pundi poin Rusia.

Karena itu, tidak ada pilihan lain bagi skuad asuhan Guus Hiddink selain meraih kemenangan saat bertandang ke Millenium Stadium, Cardiff, markasnya Wales, Rabu (9/9) malam nanti. Pasalnya, satu jam kemudian, diyakini Jerman dengan mudah akan mengatasi perlawanan Azerbaijan, salah satu dari dua tim terlemah di Grup 4.

Menjelang laga krusial itu, Hiddink boleh jadi akan membuat muka manajer Arsenal, Arsene Wenger, cemberut. Pasalnya, dengan terbuka Hiddink belum menutup kemungkinan diturunkannya bintang andalan Rusia yang bergabung bersama The Gunners, julukan Arsenal, Andrei Arshavin. Sebelumnya, Hiddink mengaku mencoret kans Arshavin untuk tampil di Cardiff. Sebab, Arshavin, 28 tahun, mengalami cedera di pangkal pahanya saat Arsenal berkunjung ke Old Trafford, markasnya Manchester United, Sabtu (29/8).

"Pada Sabtu lalu (5/9), ia (Arshavin) menilai tak mungkin baginya untuk turun bertanding. Itulah sebabnya kami membuat keputusan. Akan tetapi, setelah ia menjalani perawatan dan ikut berlatih, proses recovery-nya terbilang signifikan. Ia pun tampil baik saat sesi latihan di hari Senin (7/9). Jadi, kami akan melihat reaksinya sampai saat terakhir," ungkap Hiddink seperti yang dikutip The Telegraph.


Puluhan Korban Gempa Makan Singkong
September 8, 2009 at 6:16 pm

Liputan6.com, Garut: Puluhan korban gempa di Kampung Godog, Desa Lebak Agung, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, menggantungkan persediaan makanan dari singkong yang ada di sekitar mereka. Sebab, bantuan makanan yang datang tak sebanding dengan jumlah pengungsi dan hanya cukup sehari saja. Selain makanan, para pengungsi juga mengharapkan bantuan tambahan pakaian, selimut, dan uang untuk membeli perlengkapan rumah tangga. Demikian pantauan SCTV, Selasa (8/9).

Pemerintah Kabupaten Garut mengakui penyebaran bantuan di beberapa wilayah belum merata. Hal ini disebabkan sulitnya medan yang ditempuh. Ditambah lagi jumlah bantuan yang masuk masih amat terbatas. Gempa 7,3 skala richter di Samudera Hindia atau 142 kilometer barat daya Tasikmalaya, Jabar, Rabu (2/9) pekan silam, telah membuat lebih dari 7.00 warga Garut harus hidup di pengungsian. Gempa juga menimbulkan kerugian di atas Rp 1 triliun [baca: Gempa Rugikan Garut Rp 1 Triliun Lebih].(BOG)


"The Informant", Kisah Nyata Drama Kriminal
September 8, 2009 at 1:38 pm

Liputan6.com, New York: Setelah sukses membintangi The Bourne Identity dan dua sekuelnya, Matt Damon kembali beraksi dalam film bergenre drama kriminal berjudul The Informant. Film yang diangkat dari kisah nyata ini digarap langsung oleh sutradara Steven Soderbergh.

Diperankan Matt Damon, Mark Whitacre adalah seorang eksekutif bergelar Ph.D atau doktor dalam perusahaan yang tengah naik daun, Archer Daniels Midland di awal era 90-an. Namun Mark mulai menyadari ada yang tidak beres dengan perusahaannya. Mark pun mulai merekam sejumlah bukti dengan menggunakan kamera video maupun rekaman pembicaraan yang mencurigakan mengenai taktik manipulasi harga yang dilakukan perusahaannya.

Atas saran sang istri, ia pun memberanikan diri untuk mendatangi Biro Penyelidik Federal Amerika Serikat (FBI) dan membeberkan kecurigaan itu. FBI lalu mendesak Mark untuk mematai-matai perusahaannya sendiri.

Lantaran memiliki posisi bagus di perusahaan, bukanlah hal sulit bagi Mark untuk menjalankan tugas spionasenya itu. Tiga tahun menjalankan misi tersebut, Mark justru harus menghadapi situasi tragis. Sebuah kesalahan fatal yang ia lakukan justru menyeretnya ke penjara. Bahkan, dengan masa hukuman yang lebih lama dibanding rekan sekerja yang ia mata-matai.

The Informant menjadi salah satu film yang difavoritkan di Festival Film Venesia yang tengah berlangsung pekan ini dan berpeluang meraih penghargaan tertinggi Piala Golden Lion atau Singa Emas. Film ini diangkat ke layar lebar karena kasusnya menarik perhatian yang besar dalam sejarah Amerika Serikat.(UPI/ANS)



Tips bagi Penyandang Diabetes
September 8, 2009 at 1:38 pm

Liputan6.com, Jakarta: Penderita diabetes di Indonesia, saat ini mencapai 14 juta penduduk (6,4 persen dari 220 juta penduduk Indonesia). Angka ini menduduki peringkat keempat di dunia. Setiap tahunnya terus bertambah seiring dengan berubahnya gaya hidup masyarakat dan kehidupan yang semakin sulit.

Perlu keteguhan hati, disiplin serta kesadaran penuh akan kondisi kesehatan tubuh dalam mengantisipasi gangguan diabetes. Namun beberapa kiat berikut ini sedikit banyak dapat memberikan kontribusi pengetahuan seputar mengatasi diabetes:

Tahap-tahap yang penting untuk dilakukan:

1. Makan sesuai perencanaan
2. Tingkatkan aktivitas fisik
3. Pelajari tentang penyakit diabetes secara rinci
4. Konsisten dalam menjalani semua perencanaan yang telah dibuat
5. Apabila ada gejala yang mengganggu kesehatan, konsultasikanlah dengan dokter.

Beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Tentukan target kadar gula dan tekanan darah yang sesuai dengan konsensus pengelolaan diabetes yang baik. Kadar gula yang sesuai untuk penderita diabetes sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter. Tekanan darah yang ideal yakni
120/80 mmHg.
2. Turunkan berat badan. Jika berat badan lebih atau termasuk dalam kelompok obesitas, penurunan berat badan merupakan target lain yang harus dicapai.
3. Konsumsi makanan sehat. Ketahui makanan seperti apa yang sehat untuk Anda, dan bagaimana pola makan yang sebaiknya dijalankan oleh penyandang diabetes.
4. Tetap aktif, setidaknya berolahraga sekitar tiga jam dalam satu minggu. Dapat dilatih dengan berjalan ringan 5-10 menit dalam sehari.
5. Hindari makanan tinggi kolesterol, sebab mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Ubah kebiasaan makan untuk mengurangi kolesterol, jika perlu gunakan obat untuk mengurangi kolesterol, namun sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.
6. Perhatikan kesehatan mata. Salah satu komplikasi diabetes adalah gangguan mata. Konsultasi dengan dokter ahli mata, setidaknya setahun sekali untuk mengetahui kelainan pada mata, terutama bila terdapat gejala gangguan pada mata.
7. Perhatikan kesehatan kaki. Penderita diabetes biasanya akan mengalami gangguan pada alat gerak, tangan atau kaki. Terbentuk luka hingga akhirnya menimbulkan gangren. Waspadai masalah tersebut, karena jika didiamkan akan berlanjut hingga amputasi. Bila terdapat luka, konsultasikan dengan dokter bagaimana cara merawat luka tersebut.
8. Hindari depresi atau rasa ketakutan (ansietas). Penderita diabetes dapat mengalami masalah tersebut, yang pada gilirannya akan mengganggu kesehatan.
9. Komplikasi lain diabetes adalah gangguan ginjal. Lebih cepat penderita mengetahui kelainan ginjal, akan semakin baik. Karena dapat diberikan pengobatan lebih awal.
10. Kerusakan saraf. Jika didapatkan rasa baal di kaki atau tangan, konsultasikan dengan dokter. Hal itu perlu ditangani segera. Sebab rasa baal yang terus-menerus dapat mengganggu sensor nyeri di kaki. Dengan demikian, jika mengalami luka atau tidak dirasa, makin lama luka tersebut dapat semakin besar.
11. Masalah seksual. Masalah yang sering muncul ialah gangguan ereksi (impotensi), sehingga membuat penderita tidak
nyaman. Konsultasikan segera dengan dokter untuk memperoleh penanganan.
12. Pantau kadar gula darah secara berkala. Hal itu penting dilakukan untuk mengetahui perkembangan penyakit. Jika
meningkat, penderita harus waspada dan menurunkan kadar gula darah. Jika memiliki alat pengukur kadar gula,
pastikan alat ukur tersebut benar. Jika perlu, konfirmasikan dengan hasil laboratorium, setidaknya enam bulan sekali.
13. Hindari rokok. Merokok bagi penyandang diabetes merupakan kombinasi yang mematikan. Dapat terjadi kerusakan di
pembuluh darah hingga mengakibatkan gangguan organ vital seperti jantung dan otak.

Bila beberapa panduan dan arahan di atas dapat diimplementasikan secara bertahap dan konsisten atau disiplin dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari, diharapkan angka penderita diabetes dapat ditekan ke angka paling rendah sekalipun.(GEN/ANS)


Warga Serbu Bazar Sembako Murah
September 8, 2009 at 1:38 pm

Liputan6.com, Bandar Lampung: Ratusan warga dari beberapa kelurahan di Bandar Lampung, Lampung, tumpah ruah dan rela antre berdesakan di tengah terik matahari di sebuah lapangan. Mereka antusias mengantre demi mendapatkan sembako murah dalam sebuah bazar yang digelar Pemerintah Kota Bandar Lampung, Selasa (8/9) siang.

Kebutuhan pokok yang dijual murah dalam bazar ini di antaranya minyak goreng, mi instan, terigu, dan gula pasir. Gula pasir yang hanya dijual Rp 7.500 per kilogram langsung diserbu warga karena harga di pasaran kini mencapai Rp 11 ribu per kilogram. Alhasil, sebanyak satu ton gula pasir yang tersedia langsung ludes seketika meski setiap warga hanya diperbolehkan membeli dua kilogram.

Bazar sembako murah ini ternyata tidak hanya menarik perhatian warga, para pegawai negeri sipil dari Pemkot Bandar Lampung juga terlihat memborong gula pasir. Seorang PNS ternyata bisa membeli lebih dari empat kilogram, sedangkan warga biasa tetap dibatasi. Selengkapnya saksikan video berita ini.(ADO/AND)


Pencarian Korban Gempa Hingga Kamis
September 8, 2009 at 1:38 pm

Liputan6.com, Sukabumi: Pencarian korban gempa dan longsor di Cianjur, Jawa Barat, akan diperpanjang dua hari lagi atas permintaan keluarga. Perpanjangan waktu ditegaskan Panglima Daerah Militer III Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Rasyid Qurnuen Aquary, dan Kepolisian Daerah Jabar saat meninjau evakuasi korban longsor di Cikangkareng, Cibinong, Cianjur.

Meski pencarian akan dihentikan dalam dua hari ke depan, tidak membuat semua personel ditarik dari lokasi. Hingga saat ini tim evakuasi baru menemukan 29 korban jiwa. Sementara diperkirakan 47 korban yang tertimbun longsor masih dalam pencarian. Kini pencarian difokuskan pada sembilan titik yang dideteksi anjing pelacak. Selengkapnya dapat disimak di video.(YNI/ANS)


Penyaluran Bantuan di Ciamis Tak Merata
September 8, 2009 at 1:38 pm

Liputan6.com, Ciamis: Korban gempa di Ciamis, Jawa Barat, hingga Selasa (8/9) malam, masih bertahan di tenda pengungsian dengan mengandalkan bantuan dari berbagai pihak. Namun, bantuan belum tersalurkan secara merata. Warga yang menjadi korban gempa di Desa Sindangjaya, Kecamatan Manunjaya, Kabupaten Ciamis, misalnya. Mereka masih tinggal di tenda sederhana berukuran kecil. Bantuan yang didapat pun masih minim.

Sementara kondisi berbeda terlihat di Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis. Mereka tinggal di tenda yang besar, lengkap dengan fasilitas kesehatan yang siaga selama 24 jam setiap hari. Warga pun mendapat bantuan logistik memadai sehingga tak pernah kekurangan.

Pemerintah berjanji memberikan bantuan bagi rumah warga yang rusak akibat gempa. Bantuan rekonstruksi rumah tinggal ini nantinya disalurkan secara berkelompok. Namun, jumlah dan waktu penyaluran masih akan dibahas usai masa tanggap darurat berakhir 16 September mendatang. Selengkapnya dapat disimak di video berita ini.(ZAQ/ANS)


Honda Genjot Komersialisasi FCX Clarity
September 8, 2009 at 9:03 am

Liputan6.com, Tokyo: Meskipun menghadapi tantangan berat, Honda Motor Co akan mengenjot komersialisasi FCX Clarity dengan meningkatkan target penjualan dengan sistem sewa kendaraan hibrida fuel-cell tersebut. Setelah lebih dari satu tahun diluncurkan, saat ini hanya 10 FCX Clarity yang bersliweran di Amerika Serikat dan Jepang.

Pabrikan mobil terbesar kedua di Jepang itu menargetkan penjualan sekitar 200 mobil dalam tiga tahun ke depan di kedua negara tersebut. Honda juga menargetkan mobil tersebut siap dijual di dealer pada 2015 mendatang. "Kami ingin mencapai target (200 mobil). Ini mimpi saya sendiri untuk membuat kendaraan fuel-sel bagi pengendara biasa. Saya ingin membuat generasi mobil fuel-cel dimulai sedini mungkin," ujar Sachito Fujimoto, kepala manajer proyek FCX Clarity seperti dikutip Reuters, Selasa (8/9).

Kendaraan fuel-sel disebut-sebut sebagai alternatif utama jangka panjang untuk mobil konvensional. Di antara pembuat mobil, Honda dan saingannya Toyota Motor Corp adalah perusahaan otomotif pertama di dunia yang mengenalkan kendaraan fuel-cel yang digerakkan oleh listrik yang diperoleh dari reaksi kimia hidrogen pada Desember 2002.

Saat ini, sedan sporty tersebut masih jauh dari produksi massal sebagai kunci untuk mendorong harga lebih rendah. "Namun, tantangan utama adalah bagaimana meningkatkan produktivitas, khususnya untuk membangun bagian inti dan fuel-sel adalah bagian paling sulit menuju ke arah komersialisasi," ujarnya.(AND)


DPR Sahkan UU Perfilman
September 8, 2009 at 9:03 am

Liputan6.com, Jakarta: DPR akhirnya mengesahkan Rancangan Undang-undang (RUU) Perfilman menjadi undang-undang dalam sidang paripurna di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (8/9). Delapan dari sembilan fraksi menyetujui RUU Perfilman menjadi UU sebagai pengganti UU No.8/1992 tentang Perfilman. Sedangkan satu fraksi, yaitu Fraksi Partai Demokrasi Indonesia  Perjuangan (PDIP) menolak atau tidak menyetujui pengesahan RUU tersebut.

Juru bicara fraksi PDIP, Deddy Sutomo yang membacakan pendapat akhir fraksinya mengatakan karena keterbatasan waktu pembahasan RUU Perfilman pada pembahasan tingkat I, maka banyak masukan dan saran dari pemangku kepentingan film yang diakomodir. "Masih banyak pasal yang kurang sesuai dengan pembentukan awal RUU Perfilman," kata Deddy seperti dikutip ANTARA.

Karena itu, fraksi bergambar banteng bundar itu merekomendasikan RUU Perfilman untuk dibahas oleh anggota DPR masa mendatang. Sedangkan Ketua Komisi X DPR yang membahas RUU Perfilman, Irwan Prayitno, mengatakan RUU tersebut telah disepakati dan disetujui pada pembahasan tingkat I untuk dibawa ke sidang paripurna.

RUU Perfilman sendiri telah dibahas sebanyak 12 kali oleh tim panitia kerja (panja), dan oleh tim perumus dan tim sinkronisasi telah melalui rapat dengar pendapat dengan para pemangku kepentingan film dan tokoh perfilman, serta uji publik di empat provinsi.

Sedangkan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Mendudpar) Jero Wacik yang menyampaikan pendapat akhir pemerintah mengatakan RUU Perfilman tersebut telah mengakomodir semua aspek mengenai perfilman. "Bila ada yang tidak puas, itu wajar dalam kehidupan berdemokrasi," katanya. Dia membantah bahwa UU Perfilman yang baru ini akan mematikan kreativitas seperti yang ditakutkan oleh masyarakat perfilman.

Sidang paripurna keenam DPR RI tersebut juga dihadiri oleh masyarakat perfilman Indonesia seperti Slamet Rahardjo Djarot, Mira Lesmana, Riri Riza, Jajang C. Noer dan Nia Dinata yang menolak pengesahan RUU Perfilman. Mereka merasa UU Perfilman yang baru tersebut justru akan mematikan perfilman nasional yang mulai tumbuh, mematikan kreativitas dan lebih banyak mengatur mengenai tata niaga perfilman.(ADO/ANS)


"Lapindo dalam Komik" Diluncurkan
September 8, 2009 at 9:03 am

Liputan6.com, Jakarta: Empat tahun sudah kasus lumpur Lapindo bergulir tanpa penyelesaian menyeluruh. Hal ini dirangkum dalam cerita bergambar bertajuk "Lapindo dalam Komik" yang diluncurkan di Jakarta, Selasa (8/9).

Komik yang memiliki 40 halaman ini menuturkan secara kronologis ihwal bencana lumpur Lapindo. Mulai dari pengeboran oleh Lapindo Brantas, awal lumpur panas tersembur, tercerabutnya masyarakat Porong, polemik kesalahan prosedur pengeboran, faktor bencana, hingga tersendatnya ganti rugi untuk korban.

Selain itu komik memiliki lampiran dokumen serta tanggapan pakar dari berbagai kalangan. Ini semua diharapkan mampu memberikan gambaran jelas tentang kejadian sebenarnya di Sidoarjo, Jawa Timur.

Direktur Lembaga Advokasi Korban Lapindo (Lakorlap) Dr. Mufti Mubarok, penggagas komik ini berharap publik dapat terngiang kembali bahwa kasus Lapindo lebih dari sekadar tragedi kemanusiaan, sebab ada kejahatan hak asasi manusia. Ada Konspirasi pemerintah dan koorporat. Serta, ada unsur pembohongan dan pembiaran yang harus dilawan.

Sejumlah aktivis dan kelompok pemuda dan mahasiswa yang hadir menyambut baik peluncuran buku yang mengisahkan nasib puluhan ribu masyarakat yang "terkubur" Lapindo. Mereka mengajak seluruh lapisan masyarakat terus memperjuangkan nasib masyarakat korban Lapindo. Dan, jangan terbelah dengan strategi Lapindo yang hanya mengekspos segelintir masyarakat yang dapat penggantian lewat media massa.

Hal itu dipertegas Zainul, salah satu korban Lapindo yang sengaja didatangkan untuk peluncuran buku ini. "Masih banyak warga Sidoarjo yang hidup di penampungan tanpa kepastian," kata Mukmin dalam testimoninya.(ANS)


Oliver Stone Bujuk Ahmadinejad
September 8, 2009 at 9:03 am

Liputan6.com, New York: Sutradara kondang, Oliver Stone, tengah berupaya membujuk Mahmoud Ahmadinejad agar diizinkan membuat film dokumenter tentang presiden Iran tersebut. Stone baru saja menyelesaikan film serupa mengenai Presiden Venezuela, Hugo Chavez. Demikian diwartakan Contactmusic.com, Selasa (8/9).

Ahmadinejad tengah mendapat kecaman dari banyak pemimpin negara di dunia terkait program persenjataan nuklir Iran dan kritik kerasnya terhadap negara Barat. Masa pemerintahannya yang kedua ini juga memicu kontroversi setelah ratusan pengunjuk rasa terluka lantaran memprotes kemenangannya pada pemilihan presiden beberapa waktu lalu.

Meski telah dibicarakan, namun keputusan boleh atau tidaknya Stone belum dapat dipastikan. Ia mengaku sangat tertarik membuat film tersebut karena mengira akan ada perang AS dengan Iran.(YUS)


Mel C Kembali Akan Memeriahkan "Pinktober"
September 8, 2009 at 9:03 am

Liputan6.com, London: Mantan anggota grup musik Spice Girls, Mel C dan beberapa penyanyi wanita akan mengisi sebuah konser amal. Seperti diwartakan situs Contactmusic.com, Selasa (8/9), konser ini akan diadakan 1 November mendatang dalam rangka merayakan 10 tahun penelitian kanker payudara.

Penyanyi asal Inggris itu rencananya akan tampil di konser yang diadakan Hard Rock bertajuk Pinktober: Women of Rock di Royal Albert Hall, Westminster, London, Inggris. Artis lainnya yang juga bergabung bersama mereka adalah kelompok musik Bananarama, Escala, penyanyi Joss Stone, Jamelia, Bonnie Tyler, Tulisa dari grup musik hip hop N-Dubz, dan Sharon Corr dari The Corrs.

Penyanyi yang dijuluki Sporty Spice dan bernama lengkap Melanie Chisholm ini mengatakan, dirinya sangat senang bisa kembali ambil bagian dalam acara pengumpulan dana untuk Yayasan Caron Keating tersebut. Tahun lalu, Mel juga turut serta mengisi acara Pinktober di Hard Rock Cafe Manchester, Inggris.(ANS)


Ferry Irawan Diadukan Mantan Istri ke Polisi
September 8, 2009 at 4:28 am

Liputan6.com, Jakarta: Mantan istri Ferry Irawan tak bisa mempertahankan perkawinannya. Wanita bernama Noviana Shintawaty Siregar ini diceraikan Ferry yang memutuskan menikah lagi dengan perempuan lain. Dugaan sementara, sikap ngotot cerai aktor ini dikarenakan pernikahan sirinya dengan perempuan bernama Anggi sudah terjadi.

Wanita yang disebut-sebut masih berstatus istri sah dai kondang Zainuddin MZ itu, menurut Novi, tidak bersedia diduakan dengan dirinya. "Kalau hanya untuk memiliki istri lain, saya coba mengerti. Yah, saya jangan dicerai," ujar Novi dalam tayangan Halo Selebriti SCTV, Selasa (8/9).

Habis manis, sepah dibuang. Itulah yang dialami Novi. Dalam persidangan di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Ferry membuat pernyataan yang menyudutkan Novi. Terang saja, wanita asal Medan, Sumatra Utara itu lantas mengadukan mantan suaminya ke polisi, dengan tuduhan berbuat zinah. Pasalnya, saat itu Ferry masih berstatus beristri ketika menikahi Anggi.

Novi berusaha untuk bisa menerima kenyataan, meski masih penasaran terhadap alasan Ferry menceraikannya. "Selama delapan tahun, kami baik-baik saja. Jarang sekali ribut," ujarnya penuh tanda tanya. Dugaan lain, latar belakang perpisahan itu adalah harta Anggi yang melebihi kekayaan Novi.

Besar memang, pengorbanan Novi. Ferry sempat divonis dokter hanya mampu bertahan hidup sebentar akibat tumor yang dideritanya. Selama Ferry sakit, dirinya banting tulang untuk membiayai penyembuhannya. Bahkan ketika mantan kekasih Cici Paramida itu tak lagi diperhitungkan di dunia hiburan, Novi sibuk bekerja untuk kebutuhan rumah tangganya. Tapi itu semua ternyata tak dilupakan Ferry. Bagaimana curhatan Novi, apakah Ia sakit hati? simak berita lengkapnya di video.(VIN)


Drama Eksekusi Penangkapan Sheila
September 8, 2009 at 4:28 am

Liputan6.com, Jakarta: Drama eksekusi penangkapan Sheila Marcia Joseph akhirnya benar-benar terjadi. Perempuan berusia 20 tahun itu dijemput paksa dua petugas Kejaksaan Negeri Jakarta Utara dan aparat kepolisian. Peristiwanya berlangsung di rumah kontrakan ibu kandung Sheila, di Bali. Berita tentang eksekusi itu dibenarkan Kepala Kejari Jakut Andar Perdana.

Eksekusi itu sebenarnya bisa terhindarkan, jika saja Sheila memenuhi panggilan kejaksaan. Namun hingga tiga kali surat dikirimkan, domisili dan keberadaan wanita yang tengah mengandung dua bulan itu tak menanggapinya. "Terus terang, kami semua merasa terpukul," ujar Josh Pieters, sahabat sekaligus mantan pacar Sheila dalam tayangan Halo Selebriti SCTV, Selasa (8/9).

Kekagetan juga dialami Maria Joseph, ibunda Sheila. Wanita berambut panjang itu khawatir dengan kondisi anaknya. Namun Maria menyadari, situasi itu sedikit banyak juga merupakan kesalahannya karena tidak merespon surat panggilan kejaksaan. Maria pun yakin kalau anaknya akan kuat menjalani sisa kurungan selama empat bulan ke depan.

Selain harus bergumul dengan sisa masa tahanan yang belum kelar, juga proses pemeriksaan yang memakan waktu lama, Sheila pun kini sedang menghadapi masa-masa kehamilan. Sheila kini sedang hamil dua bulan. Artis sinetron itu mengaku bahwa ayah dari janin yang dikandungnya, berbeda keyakinan dengannya. Persoalan itulah yang menjadi kendala mereka untuk bersatu. Sheila pun takut sekaligus bimbang [baca: Sheila Marcia Hamil, Karena Siapa?].

Kini Sheila mendekam di rumah tahanan Pondok Bambu. Ia tengah menanti keputusan yang berkaitan dengan sisa masa tahanan yang harus dijalani. Bagaimana kronologi penangkapan mantan pacar Roger Danuarta ini? Simak berita selengkapnya di video.(VIN)


Kediaman Jacko Tertutup untuk Umum
September 8, 2009 at 4:28 am

Liputan6.com, California: Para penggemar Raja Musik Pop Michael Jackson pasti akan kecewa. Pasalnya, rumah di California, AS, di mana pelantun Heal the World meninggal pada 25 Juni silam karena serangan jantung kini tidak bisa dikunjungi oleh siapa pun. Sang pemilik rumah yang baru, tidak dapat memperoleh izin untuk mengubah properti itu menjadi tempat keramat sang bintang dan menjadikannya sebagai tempat umum. Demikian diwartakan situs Contactmusic.com, baru-baru ini.

Desainer Perancis, Christian Audigier telah menyelesaikan pembelian atas Holmby Hills, rumah yang disewa pencipta gerakan moonwalk dari salah satu asosiasi fashion. Pencipta seni Audigier, Ed Hardy akan diserahkan kunci rumah tersebut pada pertengahan September ini. Namun menurut juru bicaranya, Michele Elyzabeth, izinnya telah ditolak pemerintah setempat untuk menjadikannya sebagai sebuah ruang publik.

Sebelum meninggal, Jacko dan Audigier membuat penawaran untuk membeli rumah tersebut. Rencananya, Jacko akan mengubah bangunan rumah itu menjadi museum yang dibuka untuk umum.(ANS)


Jero Wacik Mundur dari Kabinet
September 8, 2009 at 4:28 am

Liputan6.com, Jakarta: Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, Selasa (8/9) sore, akan mengirim surat ke Komisi Pemilihan Umum dan Sekretariat Negara soal pengunduran dirinya sebagai menteri. Hal ini terkait penetapan anggota legislatif terpilih dan empat menteri Kabinet Indonesia Bersatu yang termasuk di dalamnya.

Sesuai aturan jika terpilih, mereka tidak bisa merangkap jabatan sebagai menteri dan anggota DPR. Mereka harus memilih paling lambat pada 9 September besok. Sedangkan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Suryadharma Ali mengaku telah memilih tapi keputusan tersebut baru akan diumumkan 2 hari lagi.(YUS)


Yuddy Tetap Maju di Munas Golkar
September 8, 2009 at 4:28 am

Liputan6.com, Jakarta: Politisi muda Partai Golongan Karya Yuddy Chrisnandi bertekad mencalonkan diri sebagai bakal calon ketua umum partai berlambang beringin itu dalam musyawarah nasional awal Oktober mendatang, walaupun dirinya hanya didukung oleh satu Dewan Pimpinan Daerah. "Apa pun yang terjadi, semua tidak akan menyurutkan langkah saya untuk mencalonkan diri," ujarnya di sela-sela rapat paripurna DPR di Senayan, Jakarta, Selasa (8/9) seperti dikutip ANTARA.

Menurut Yuddy, idealisme dan gagasan yang selama ini diusungnya tidak bisa diwakilkan kepada orang lain termasuk kepada para kader senior Partai Golkar yang juga telah mencanangkan diri menjadi bakal calon ketua umum. Jadi, ia menambahkan, meski dalam persaingan di Munas nanti ada pula Tommy Soeharto dan konglomerat lainnya, maka dirinya tetap pantang mundur.

Alasan Yuddy untuk terus maju adalah dia telah bertekad membangun Golkar yang independen dan demi mereformasi internal partai yang saat ini sedang mengalami krisis setelah perolehan suara dalam dua pemilu 2004 dan 2009 merosot. Selain Yuddy, sejumlah nama yang muncul dalam bursa calon Ketua Umum Partai Golkar hingga saat ini adalah Aburizal Bakrie, Surya Paloh, Ferry Mursydan Baldan dan Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto.(JUM/VIN)


M.S. Kaban Diperiksa KPK
September 8, 2009 at 2:16 am

Liputan6.com, Jakarta: Menteri Kehutanan Malam Sambat Kaban atau M.S. Kaban diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta, Selasa (8/9). Usai menjalani pemeriksaan sepanjang hari kemarin, Kaban keluar dari Gedung KPK melalui pintu belakang hingga tidak terpantau wartawan.

Menurut Johan Budi, Juru Bicara KPK, Kaban diperiksa sebagai saksi terkait dugaan suap sejumlah anggota DPR saat pemilihan deputi gubernur senior Bank Indonesia pada 2004 yang dimenangkan Miranda Swaray Goeltom. Saat itu, Kaban sebagai anggota Komisi IX DPR yang menangani masalah keuangan dan perbankan.

Dalam kasus suap ini, KPK telah menetapkan empat tersangka, yakni Hamka Yandu, Endin Soefihara, Dudi Makmun Murod, dan Udju Djuhaeri [baca: Endin Kecewa Atas Tuduhan KPK].(BOG)

 

This email was sent to auliaganteng4@gmail.comCreate Your Account
Don't want to receive this feed any longer? Unsubscribe here.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar