Sabtu, 19 September 2009

9/19 Liputan6 - Aktual Tajam dan Terpercaya: RSS 0.92

Please add updates@feedmyinbox.com to your address book to make sure you receive these messages in the future.
Liputan6 - Aktual Tajam dan Terpercaya: RSS 0.92 Feed My Inbox

AS Sumbangkan 10 Persen Vaksin Flu Babinya
September 18, 2009 at 3:27 pm

Liputan6.com, Washington DC: Amerika Serikat berencana menyumbangkan 10 persen dari persediaan vaksin influenza H1N1 ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk digunakan di negara-negara miskin. Sebanyak 195 juta dosis vaksin flu babi telah dipesan AS dan akan tiba mulai awal bulan depan.

Seperti diwartakan The Washington Post, Gedung Putih mengaku mengambil tindakan ini bersama dengan Australia, Brasil, Inggris, Prancis, Italia, Selandia Baru, Norwegia dan Swiss. Kendati demikian, Gedung Putih tidak merilis rincian tentang program ini. Sehingga, jadwal dan jumlah vaksin yang akan disumbangkan tidak diketahui.

Awal musim panas ini dua produsen vaksin, Sanofi Aventis dan GlaxoSmithKline mengatakan akan menyumbangkan 150 juta dosis vaksin yang sama ke WHO. Sementara produksi global, sekitar 20 produsen secara keseluruhan, diproyeksikan mencapai dua hingga empat miliar dosis per tahun.

Kendati demikian, jumlah orang yang bisa dilindungi tidaklah pasti. Tes pertama dari vaksin ini menunjukkan bahwa orang dewasa hanya memerlukan satu suntikan, bukanlah dua seperti yang telah diprediksikan para ahli. Namun anak-anak, kemungkinan tetap akan memerlukan dua suntikan.(LUC)


Chris John Siap 100 Persen Lawan Juarez
September 18, 2009 at 3:27 pm

Liputan6.com, Semarang: Juara dunia kelas bulu WBA Chris John menyatakan kesiapannya untuk menghadapi penantangnya, Rocky Juarez pada tarung tunda di MGM Grand Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Sabtu mendatang waktu setempat atau Ahad waktu di Indonesia. "Persiapan saya sudah tidak ada masalah dan saya siap 100 persen untuk naik ring melawan Juarez," kata Chris ketika dihubungi ANTARA di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (18/9).

Menurut Chris, memang masih ada waktu dua hari sebelum naik ring dan itu akan dimanfaatkan untuk menjalani latihan ringan untuk menjaga kondisi tubuh sebelum pertandingan. Waktu yang tersisa ini, kata dia, juga untuk menjaga kestabilan berat badannya. "Berat badan saya sekarang sudah memasuki target berat badan di kelasnya yaitu 57,1 kilogram," kata Chris. Menurut rencana kedua petinju akan melakukan timbang badan besok.

Menjelang pertarungan kedua petinju di Toyota Center, Houston, Texas, AS, pada 28 Febuari 2009, berat badan Chris adalah 56,8 kilogram atau 125,8 lbs, kemudian saat itu berat Juarez adalah 56,9 kilogram atau 125,5 lbs. Sedangkan berat badan untuk kelas bulu adalah 57,1 kilogram atau 126 lbs. Pada pertarungan di Texas, saat itu berakhir dengan hasil imbang dan Chris tetap dinyatakan sebagai pemegang sabuk gelar juara dunia kelas bulu.

Pertarungan Chris melawan Juarez di MGM Grand merupakan salah satu partai utama dari dua partai yang dijadwalkan. Satunya lagi adalah antara Juan Manuel Marquez (Meksiko) melawan Floyd Mayweather Jr. di kelas welter kemudian partai tambahan lainnya di antaranya adalah Zab Judah melawan Antonio Diaz juga di kelas welter. Chris John yang mendapat julukan "The Dragon" itu menginginkan menang mutlak atau KO saat melawan Juarez.(JUM/LUC)


Jay-Z Perpanjang Masa Kejayaan di Puncak Billboard
September 18, 2009 at 3:27 pm

Liputan6.com, New York: Penyanyi hip hop dan pengusaha sukses, Jay-Z diperkirakan bisa menempatkan albumnya yang bertajuk "Blueprint 3" pada posisi teratas tangga album musik Billboard 200 dalam dua pekan. Album ini kemungkinan harus berkompetisi cukup ketat dengan dua album baru serta pengisi posisi puncak sebelumnya, Whitney Houston. Demikian diwartakan Reuters, baru-baru ini.

Dua album baru itu adalah "The Resistance" oleh Muse dan "Man on the Moon: The End of Day" oleh Kid Cudi. Keduanya dirilis Selasa silam dan memiliki target penjualan sebanyak 120 ribu kopi hingga 20 September. Sedangkan album "The Resistance" diperkirakan akan memberikan penjualan terbaik dan posisi tertinggi di tangga album untuk grup musik asal Inggris tersebut.

Houston yang memimpin tangga album dua pekan lalu dengan album "I Look To You", tengah mencari keuntungan dari dua hari kehadirannya di acara "The Oprah Winfrey Show". Dia berbincang dengan Oprah Winfrey selama berjam-jam, Senin silam, dan tampil membawakan lagunya di hari berikutnya. Menurut sebuah sumber, penjualan album Houston tampaknya akan meningkat hingga mencapai 125 ribu di minggu ketiga peluncurannya.

Album Jay-Z terjual 476 ribu kopi pekan lalu. Sedangkan album lain yang tampaknya mulai menggapai posisi atas Billboard 200 pekan depan di antaranya milik penyanyi rap Drake dengan album mini "So Far Gone", penyanyi rap Lil Boosie dengan album "Superbad", grup musik bergenre metal Megadeth dengan album "Endgame" dan grup musik pop Honor Society dengan album "Fashionably Late".(LUC)


Messi Teken Perpanjangan Kontrak
September 18, 2009 at 3:27 pm

Liputan6.com, Barcelona: Klub raksasa La Liga yang di musim lalu menoreh rekor sebagai tim pertama di Spanyol yang mampu menyabet tiga gelar sekaligus dalam semusim (treble winners), Barcelona, memberi konfirmasi pemain bintang andalannya asal Argentina, Lionel Messi telah menandatangani perpanjangan kontraknya selama dua tahun, dari yang berakhir pada musim panas 2014 menjadi musim panas 2016. Dengan kata lain, Messi bakal berkostum Blaugrana selama 15 tahun. Pasalnya, Messi, 22 tahun, bergabung dengan tim yunior Barcelona pada 2001.

Dalam pernyataan resminya yang dilansir di situs resmi klub, Los Blaugrana, julukan Barcelona, juga menyatakan jika klausul buy-out Messi juga diperbarui, dalam arti ditingkatkan. Jika dalam kontrak semula, klausul buy-out-nya hanya mencapai 150 juta euro, maka dalam kontrak baru, Barca memagari Messi dengan nilai 250 juta euro atau sekitar Rp 3,6 triliun dengan kurs 1 euro = Rp 14.400. Jumlah sebesar itu masih jauh dibanding klausul serupa yang diberlakukan Real Madrid terhadap bintangnya asal Portugal, Cristiano Ronaldo yang diklaim mencapai 1 miliar euro (sekitar Rp 14,4 triliun).

Yang menarik, soal gaji Messi. Dua harian olahraga ternama di Spanyol, seperti Marca dan AS plus Radio Cadena Ser melansir jika dalam kontrak barunya itu, Messi mendapat gaji bersih sebesar 10,5 juta euro (sekitar Rp 151,2 miliar) atau lebih tinggi dibanding gaji Zlatan Ibrahimovic yang mencapai 9,5 juta euro (sekitar Rp 136,8 miliar).

Lebih jauh, AS dan Marca berbeda pendapat soal besaran gaji Messi dibandingkan pesaingnya, bintang Real Madrid. Menurut AS, gaji bersih yang diraup Messi tersebut melebihi jumlah yang diterima CR9 di Santiago Bernabeu yang jumlahnya sama dengan pendapatan Ibrahimovic atau 9,5 juta euro. Sementara, Marca, yang kerap disebut-sebut corongnya Madrid, mengklaim jika mantan ikon Manchester United itu digaji (bersih) sebesar 13 juta euro atau sekitar Rp 187,2 miliar.(MEG)


Posisi Donadoni Aman!
September 18, 2009 at 3:27 pm

Liputan6.com, Milan: Menjelang bergulirnya kompetisi Serie A Italia musim 2009-2010, Napoli termasuk klub yang aktif berbelanja pemain di bursa transfer musim panas lalu. Skuad asuhan Roberto Donadoni itu digadang-digadang bakal jadi batu kerikil bagi tim-tim raksasa, seperti Inter Milan, Junetus, dan AC Milan.

Namun, ternyata di tiga pertandingan perdana liga, kiprah Marek Hamsik dkk kurang memuaskan kalau tidak dapat dibilang cukup mengecewakan. Pasalnya, dari tiga partai, Partenopei, julukan Napoli, hanya mampu meraup tiga angka, hasil satu kali kemenangan atas Livorno, dan dua kali menuai kekalahan saat bertandang ke Palermo dan Genoa. Walhasil, posisi Donadoni sebagai pelatih mulai digoyang.

"Hasil pertandingan tersebut tidak tergantung dari (penampilan) kami sendiri. Lagipula, konsentrasi kami saat ini adalah mengembalikan jati diri kami di laga esok hari (Sabtu, 19/9) melawan Udinese," tegas Marino setibanya di Kota Milan menjelang digelarnya pertemuan Lega Calcio.

"Tentunya, pertandingan itu sendiri (melawan Udinese) bukanlah laga terakhir bagi Donadoni, seperti yang saya dengar dari sejumlah kalangan. Lagipula, ia baru saja berbicara dengan presiden kami, Aurelio De Laurentiis," tandasnya seperti yang dikutip Football Italia.

Lebih lanjut, Marino mengomentari isu skorsing berupa denda yang dijatuhkan Donadoni terhadap striker asal Argentina, Ezequiel Lavezzi menyusul keterlambatannya menghadiri sesi latihan di hari Selasa (15/9) lalu. "Kabar yang menggelikan. Aturan klub baru menyebutkan denda sebesar 100 euro akan digunakan untuk kegiatan amal. Saya tidak berhak mengomentari apakah ia (Lavezzi) akan diturunkan di laga lawan Udinese. Keputusan ini sepenuhnya tergantung pelatih klub (Donadoni)," pungkas Marino.(MEG)


Setelah Noordin Tewas
September 18, 2009 at 8:32 am


18/09/2009 19:21
Tampaknya tak ada keraguan lagi bahwa salah seorang yang tewas dalam penyergapan pasukan antiteror di Solo, Jawa Tengah itu, benar-benar Noordin M. Top. Dedengkot teroris asal Malaysia yang selama ini selalu saja berhasil lolos dari kepungan polisi, dan yang dalam aksi buronnya berkali-kali "sukses" meledakkan bom di Bali dan Jakarta.

Sambutan masyarakat sangat beragam. Ada yang gembira karena setidaknya ancaman bom akan berkurang setelah kematian Noordin. Ada yang masih ragu bahwa teroris yang tewas itu benar-benar Noordin. Ada yang tidak peduli. Bahkan ada juga yang berpendapat bahwa Noordin M. Top itu hanya sekedar tokoh fiktif. Namun apapun pendapat mereka, agaknya semua sepakat bahwa polisi telah bekerja ekstra keras, untuk memberangus gerombolan teroris. Dan, keberhasilan polisi antiteror kali ini, dinilai sebagai hadiah lebaran.

Semua orang tahu, kematian Noordin tidak serta merta akan menghentikan ancaman teror di negeri ini, karena seperti sering diungkapkan oleh para pengamat terorisme, Noordin – dalam pelariannya – telah berhasil membuat sel-sel jaringan yang cukup luas.  Ia konon telah merekrut sejumlah anak muda yang siap menjadi pelaku bom bunuh diri, dan telah pula mencetak kader-kader perancang bom yang siap menggantikan kedudukan Noordin.

Yang lebih parah lagi, ada kelompok-kelompok masyarakat yang akan selalu melindungi dan memberikan fasilitas kepada para pelaku aksi teror itu, karena memiliki keyakinan yang sama dengan para teroris. Kelompok-kelompok masyarakat tersebut menganggap teroris sebagai mujahid: orang yang berjihad di jalan Allah.

Mereka inilah yang mengartikan jihad dengan sangat sempit. Bahkan cenderung keliru. Jihad yang sebenarnya bermakna sangat luas itu, dijadikan alat untuk menghalalkan segala cara. Menghalalkan kekerasan. Menghalalkan pembunuhan dan bunuh diri. Menghalalkan perusakan. Padahal di dalam Kitab Suci Al-Quran, ada ayat-ayat yang melarang manusia untuk berbuat kerusakan di atas bumi, dan larangan untuk melakukan perbuatan yang melampaui batas.

Memang tak sesederhana itu membedah gerakan terorisme. Ada dendam sejarah yang sangat panjang, yang dimulai dengan praktek penjahahan berabad-abad oleh negara-negara Barat di negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim. Lalu pendudukan Uni Soviet di Afghanistan. Hegemoni Amerika di hampir seluruh penjuru dunia. Arogansi Israel dan lain sebagainya. Pendeknya, gerakan terorisme di Indonesia, hakikatnya merupakan bagian dari terorisme global yang muncul sebagai salah satu produk sejarah dunia.

Walau begitu, bukan berarti aksi-aksi terorisme itu tak bisa dihambat secara lokal. Dengan menyebarluaskan makna jihad yang sebenarnya kepada kaum muda, setidaknya bisa mengurangi kecenderungan mereka untuk terbujuk gerakan-gerakan garis keras. Sampaikanlah kepada mereka bahwa jihad yang utama adalah seperti yang pernah disabdakan Rasulullah Muhammad SAWW, yakni memerangi hawa nafsu. Lalu mencari nafkah di jalan Allah, memerangi kemiskinan dan kebodohan. Dan, berperang fisabilillah hanya berlaku bila negeri ini benar-benar berada dalam kondisi perang.

Lagi-lagi memang tak mudah untuk memberikan pencerahan seperti itu, karena para teroris yang merasa mujahid itu pun sebenarnya tahu bahwa jihad mempunyai arti yang sangat luas. Hanya saja mereka mengedepankan perang fisabilillah sebagai jihad yang utama, karena mereka meyakini bahwa sekarang ini memang sedang berada dalam kondisi perang.

Tentunya tak perlu pesimistis, karena akal sehatlah yang biasanya menang. Terorisme, apapun alasannya, tetap bertentangan dengan akal sehat. Kita pun yakin bahwa sebagian besar rakyat Indonesia masih memiliki akal sehat. Masih ingatkah dengan sikap sebagian masyarakat yang menolak daerahnya dijadikan lokasi kuburan untuk para tersangka teroris yang tewas di Temanggung tempo hari? Bukankah ini bukti bahwa masyarakat umumnya menolak terorisme?

Esok, masyarakat Muslim Indonesia, akan menyelesaikan jihad besar berupa jihad melawan hawa nafsu di bulan Ramadhan, lalu kembali pada hari yang fitri, hari yang suci. Dan, sekarang, jihad yang lainnya lagi sedang dilaksanakan banyak orang, yakni jihad membahagiakan keluarga dan orang-orang tercinta dengan cara bermudik. Mudik, selain memiliki makna membahagiakan keluarga, juga bermakna kontemplasi, yakni menelusuri kembali asal muasal diri kita. Dengan menyadari asal muasal diri, maka kita pun akan semakin menyadari ke mana kita akan kembali. Ini yang oleh para ahli spiritual Jawa disebut sebagai Sangkan Paraning Dumadi.

Jadi, sebarkanlah kepada setiap orang bahwa sekecil apapun upaya kita untuk membahagiakan orang-orang yang kita cintai (asalkan halal) itu namanya jihad. Dan, melakukan pemboman, apalagi sambil membunuh diri dan membunuh orang lain, itu bertentangan dengan semangat jihad. Bahkan masuk ke dalam golongan perbuatan yang melampaui batas dan perbuatan merusak bumi. Perbuatan yang sangat dibenci Tuhan.  

Kalau begitu, selamat bermudik. Selamat berlebaran.

Billy Soemawisastra
Kepala Pendidikan dan Pelatihan Liputan 6



Aburizal Bakrie Siap Jadi Presiden untuk 2014
September 18, 2009 at 8:32 am

Liputan6.com, Kupang: Calon Ketua Umum Partai Golongan Karya, Aburizal Bakrie siap dicalonkan menjadi presiden dari Golkar pada 2014 jika terpilih sebagai ketua umum. Ical, biasa Aburizal disapa, menyatakan siap bertarung melawan kandidat lainnya yakni Yuddy Chrisnandi, Tommy Soeharto, dan Surya Paloh.

Pernyataan tersebut diungkapkan Aburizal saat acara silaturahmi dengan 20 ketua dan sekretaris Dewan Pimpinan Daerah Tingkat II Golkar Nusa Tenggara Timur di Kupang, Jumat (18/9). Ical didampingi mantan Ketua Umum Golkar Akbar Tandjung. Kedatangan Aburizal disambut dengan tarian tradisional.

Dalam sambutannya, Ical juga mengatakan, Partai Golkar adalah identik dengan pemerintah karena itu tidak menyetujui isu oposisi. Ia berpendapat kalau rakyat adalah segalanya sehingga keputusan apapun terhadap kepentingan partai harus berlandaskan pada nasib dan kepentingan rakyat.(JUM/LUC)


Jalur Mudik Selatan Sangat Padat
September 18, 2009 at 8:32 am

Liputan6.com, Nagrek: Kepadatan arus lalu lintas terjadi di sepanjang jalur selatan khususnya di Jalan Raya Nagrek, Jawa Barat hingga Jumat (18/9) sore. Padahal, sejak kemarin malam polisi telah melakukan sistem satu arah sehingga kendaraan yang menuju ke arah Cileunyi harus ditahan. Cara itu dilakukan agar memperlancar pemudik yang menuju ke Jawa Tengah.

Menurut pantauan SCTV, terdapat peningkatan jumlah kendaraan yang tajam sejak dari pintu keluar tol Cileunyi. Sampai Jumat siang, tercatat ada sekitar 38.000 kendaraan yang keluar dari pintu tol tersebut. Semula, perusahaan pengelola jalan tol ini memperkirakan pada H-3 hanya ada 25.000 kendaraan.

Sekadar informasi, ada jalur alternatif yang dapat Anda lalui di jalur selatan. Salah satunya adalah jalur Cijapati, yang menghubungkan antara Bandung-Garut. Jalur ini berpotensi rawan karena memiliki penerangan yang minim dan jalan yang berkelok-kelok. Bukan cuma itu, jalur alternatif itu juga memaksa pemudik melewati tikungan tajam dan tanjakan-turunan yang curam.

Kendati demikian, Anda yang ingin mudik melewati jalur ini tak perlu khawatir lagi. Karena saat ini telah dibangun sejumlah posko seperti posko kepolisian, dan kesehatan. Jika Anda ingin mudik di malam hari, penerangan pun telah dipasang di sepanjang jalur alternatif tersebut.(ASW/VIN)


Pebasket LeBron James Main Film
September 18, 2009 at 8:32 am

Liputan6.com, Cleveland: Pemain basket dari klub Cleveland Cavaliers, LeBron James akan menjajaki peruntungannya di Hollywood. Seperti diwartakan Associated Press, pemegang gelar Most Valuable Player (MVP) NBA ini akan membintangi film komedi berjudul Fantasy Basketball Camp yang diproduksi Universal Pictures.

Dalam film ini James berperan sebagai dirinya sendiri. Film berkisah tentang lima pria dari beragam latar belakang, datang ke Las Vegas untuk mencapai impian mereka yaitu mendatangi kamp basket milik James.

Langkah James memasuki Hollywood ini mengikuti jejak rekan satu timnya, Shaquille O'Neal. Pemain yang baru dikontrak Cleveland pada Juni lalu itu telah membintangi sejumlah fim produksi layar lebar, seperti Blue Chips dan Kazaam.

James sendiri sebetulnya tidak asing dengan kamera. Dia sudah membintangi sejumlah iklan televisi, dan pernah berpartisipasi dalam acara Saturday Night Live. Dalam Fantasy Basketball Camp James akan menjadi produser eksekutif bersama rekan bisnisnya, Maverick Carter. Proses produksinya akan dimulai musim panas tahun depan.

Musim panas ini James juga mempromosikan More Than a Game, sebuah film dokumenter tentang ia dan empat teman masa kecilnya dalam meraih mimpi mereka untuk memenangkan kejuaraan basket nasional tingkat SMA. Film tersebut akan dirilis resmi pada 2 Oktober mendatang.(TES/VIN)


Istri Noordin Top Segera ke Jakarta
September 18, 2009 at 8:32 am

Liputan6.com, Kuala Lumpur: Istri pertama Noordin M. Top, Siti Rahma, dan seorang kakaknya akan segera pergi ke Jakarta setelah Pemerintah Indonesia mengumumkan hasil tes DNA, menerbitkan surat kematian, dan menyerahkan jenazah Noordin kepada Kedutaan Besar Malaysia. "Itulah hasil rapat keluarga," kata juru bicara keluarga, Badaruddin Ismail, dalam wawancara melalui telepon seluler dengan ANTARA dari Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (18/9).

"Kapan kedua orang itu akan berangkat tergantung dari Pemerintah Indonesia menyelesaikan semua bukti dan dokumen. Jika semua itu selesai maka istri dan kakaknya akan langsung berangkat ke Jakarta," kata Badaruddin. Rencananya, mayat Noordin Top akan dikuburkan di kawasan Pontian.,Johor Bahru, agar dekat dengan keluarga dari istri pertamanya. Dalam persembunyiannya, Noordin sempat menikahi beberapa wanita Indonesia.

Istri pertama Noordin, Siti Rahma, berasal dari Riau. Dia saudara kandung Mohammad Rois, anggota Jamaah Islamiyah yang juga guru di Luqmanul Hakiem, pesantren di Malaysia tempat Noordin pernah mengajar. Sejak 2005, Rahma dan keluarganya menetap di Sungai Tiram, Johor Bahru, Malaysia. Selain dengan Rahma, Noordin juga menikahi Munfiatun, perempuan asal Jepara, Jawa Tengah. Teroris itu menikah lagi dengan Ariani Rahma alias Arina, gadis asal Cilacap, Jateng.(JUM/LUC)


C30BEV, Mobil Hijau yang Tangguh
September 18, 2009 at 3:43 am

Liputan6.com, Frankfurt: Mobil ramah lingkungan saat ini tengah menjadi primadona. Tak ayal, perusahaan otomotif berlomba-lomba membuat mobil yang ramah lingkungan namun tetap memiliki performa yang prima. Persaingan ini membuat Volvo meluncurkan C30 versi bebas karbon dioksida di Frankfurt Motor Show 2009 di Frankfurt, Kamis (17/9).

Mobil ini jauh lebih baik dan bersih. C30 BEV, mobil listrik tiga pintu ini tidak memancarkan karbondioksida dari pipa knalpot. Pendatang baru ini tampil mengesankan. Yahoo! Cars mewartakan mobil ini dapat mencapai kecepatan 100 kilometer per jam dalam waktu kurang dari 11 detik. Selain itu, C30 BEV mampu menempuh jarak 150 kilometer sekali isi ulang baterai. Isi ulang baterai pun dapat dilakukan dengan listrik rumah konvensional yang hanya membutuhkan waktu selama delapan jam jika baterai dalam keadaan kosong.

Volvo telah menghabiskan beberapa waktu menguji BEV. Itulah sebabnya, Volvo cukup percaya diri untuk membuat klaim khusus tentang performa mengesankan mobil ini.(AND)


Rela Panas-panasan demi Mudik
September 18, 2009 at 3:43 am

Liputan6.com, Nagrek: Seperti sudah diperkirakan sebelumnya, puncak arus mudik terjadi Jumat (18/9) ini. Dari pantauan SCTV di Nagrek, Jawa Barat, kepadatan kendaraan mulai meningkat. Panas matahari yang terik pun tidak menyurutkan pemudik yang menggunakan sepeda motor. Menurut Dede, salah seorang pengendara motor, ia dan keluarganya rela berpanas-panasan demi bisa mudik ke Cilacap. Ia tetap memilih jalan pada siang hari sebab keselamatannya lebih terjamin. "Kalau malam, (misalnya) ada lubang, gelap tidak kelihatan," katanya.

Sementara di pintu gerbang Tol Cileunyi, 38 ribu kendaraan sudah melintas sejak kemarin sore. Dan hingga kini sudah terjadi peningkatan hampir 50 persen. Simak liputan selengkapnya dalam tayangan video berikut.(TES/AND)


Keluarga: Itu Memang Noordin
September 18, 2009 at 3:43 am

Liputan6.com, Kuala Lumpur: Keluarga Noordin Muhamad Top meyakini bahwa salah satu dari keempat tersangka terorisme itu adalah Noordin. Keluarga di Johor, Malaysia, juga mengatakan segera datang ke Indonesia untuk menjemput jenazah. Anggota keluarga yang dipastikan datang di antaranya kakak dan istri Noordin, Rahma. Demikian disampaikan juru bicara keluarga Noordin, Badaruddin Ismail, via telepon kepada SCTV.

Hingga kini, pihak keluarga masih mengurus kelengkapan dokumen di Malaysia untuk membawa pulang jenazah Noordin yang saat ini sedang diidentifikasi di Rumah Sakit Polri Jakarta. Keluarga berharap almarhum bisa dikebumikan di kampung halamannya, Johor.

Duta Besar RI untuk Malaysia Da'i Bachtiar juga mendatangi RS Polri Jakarta terkait rencana pemulangan jenazah Noordin. Da'i mengatakan, pihaknya akan segera menghubungi pemerintah Malaysia dan menghubungi keluarga Noordin. [baca: RI-Malaysia Siapkan Pengiriman Noordin].

Sementara itu, polisi telah mengambil contoh deoxyribonucleic acid (DNA) empat anak tersangka terorisme Husamudin alias Ario Sudarso di Desa Karang Reja, Purbalingga, Jateng. Contoh DNA itu kemudian akan dicocokkan dengan jenazah Husamudin yang tewas saat ditangkap di Solo, Jateng.(ZAQ/YUS)


Jalur Nagrek Mulai Padat
September 18, 2009 at 3:43 am

Liputan6.com, Nagrek: Arus mudik di jalur Selatan, tepatnya di Nagrek, Jawa Barat, Jumat (18/9) siang, mulai padat. Bahkan, polisi memberlakukan sistem satu arah yaitu menutup laju kendaraan yang menuju Cileunyi di pertigaaan Nagrek. Ini dilakukan untuk mencairkan kepadatan yang terjadi di jalur menuju Tasikmalaya serta Jawa Tengah. Penyempitan lanjur di sejumlah titik menjadi penyebab terjadinya kepadatan kendaraan.

Selain Jalur Nagrek, ada jalur lain yang dapat dilalui pemudik di jalur selatan yaitu jalur Cadas Pangeran. Namun, jalur ini masih dipadati truk pengangkut bukan bahan makanan. Padahal, tujuh hari sebelum Lebaran, truk-truk itu sebenarnya sudah tak boleh lagi melewati jalur mudik. Kondisi ini membuat polisi menggelar razia dan hasilnya 19 truk terjaring.

Bagi para pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk berhati-hati dan memperhatikan kondisi kendaraan, terutama pada bagian roda dan jari-jari. Sebab, di jalur selatan banyak terdapat turunan dan tanjakan serta tikungan-tikungan tajam. Selengkapnya simak video berita ini.(BOG/YUS)


Pantura Jawa Tengah Masih Lancar
September 18, 2009 at 3:43 am

Liputan6.com, Brebes: Kondisi jalur pantai utara Pulau Jawa (Pantura) Brebes, Jawa Tengah, saat ini dalam kondisi lancar. Pasalnya banyaknya pemudik yang berhenti beristirahat sambil menunaikan ibadah salat Jumat. Sebagaimana yang dilaporkan reporter SCTV, Wira Respati, Jumat (18/9).

Kendati demikian, para aparat telah siap berjaga 24 jam untuk mengatasi kemacetan yang diperkirakan akan mulai terjadi pada siang ini. Sementara itu, berdasarkan pantauan tim SCTV, kemacetan justru sudah terjadi mulai pintu Tol Cikampek, Jawa Barat. Kemacetan yang terjadi sejak pagi itu mengakibatkan para pemudik harus antre hingga satu kilometer sebelum dan sesudah pintu tol.

Biasanya, bila terjadi kemacetan di Cikampek pasti akan dialihkan ke Sadang lalu ke jalur tengah, yaitu jalur Subang. Di Subang, kemacetan pun sudah siap menanti para pemudik. Dengan kondisi yang padat merayap, kemacetan di jalur Subang sudah mencapai 15 kilometer. Sedangkan jika lurus akan ke pertigaan jalur pantura normal menuju pertigaan Jomil dan akan keluar ke jalur Sadang.

Bagi anda yang niat berangkat siang ini, ada baiknya mempersiapkan diri lebih prima karena kemacetan dipastikan akan terjadi mulai siang hingga malam nanti. Banyak faktor yang bisa menyebabkan kemacetan, seperti adanya perlintasan kereta api, persimpangan jalan, hingga adanya pasar tumpah. Selengkapnya simak video berita berikut.(UPI/YUS)

 

This email was sent to auliaganteng4@gmail.comCreate Your Account
Don't want to receive this feed any longer? Unsubscribe here.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar