Senin, 14 September 2009

9/15 Liputan6 - Aktual Tajam dan Terpercaya: RSS 0.92

Please add updates@feedmyinbox.com to your address book to make sure you receive these messages in the future.
Liputan6 - Aktual Tajam dan Terpercaya: RSS 0.92 Feed My Inbox

Elton John Ingin Adopsi Bayi Ukrania
September 14, 2009 at 9:38 pm

Liputan6.com, Donetsk: Penyanyi asal Inggris, Elton John, mengunjungi Ukrania bersama yayasan amal AIDS-nya, Elton John's AIDS Foundation. Di sana, pelantun Candle in the Wind ini mengatakan, akhir pekan lalu, ingin mengadopsi bayi laki-laki berusia 14 bulan dari sebuah panti asuhan di sebelah Timur negara pecahan Uni Soviet itu. Demikian diwartakan Reuters.

Ukrania memiliki tingkat pertumbuhan jumlah penderita HIV tercepat di Eropa. Dua tahun lalu, John memberikan konser gratis di alun-alun utama Kiev, Ukrania, yang dihadiri puluhan ribu orang untuk meningkatkan kesadaran tentang HIV dan AIDS. Elton John's AIDS Foundation sendiri bekerja sama dengan Yayasan Anti-AIDS Ukrania Olena Franchuk, putri mantan presiden Ukraina Leonid Kuchma.

Di panti asuhan, penyanyi menaruh bayi laki-laki bernama Lev di pangkuannya. "David (Furnish, pasangan sejenisnya, red.) dan saya selalu berbicara tentang adopsi. David selalu ingin mengadopsi anak dan saya selalu berkata "tidak" karena saya berusia 62 tahun dan saya pikir karena perjalanan hidup dan kehidupan saya, mungkin tidak akan adil bagi si anak," ujar peraih lima Grammy Awards tersebut.

Namun, setelah melihat Lev, pelantun Your Song ini langsung jatuh cinta dan ingin mengadopsinya. Selain itu, John juga terinspirasi oleh sahabatnya, Guy Babel, yang baru saja meninggal dunia. "Minggu lalu saya kehilangan salah satu teman terbaik. Hati saya hancur karena ia begitu jenius, muda, serta memiliki dua anak yang menakjubkan. Adakah peluang yang lebih baik untuk menggantikan seseorang daripada menggantikannya dengan seseorang yang saya dapat berikan masa depan?" kata John yang masuk dalam daftar 100 artis terbaik sepanjang masa menurut majalah Rolling Stone itu.(YUS)



Jalur Selatan Dipantau CCTV
September 14, 2009 at 9:38 pm

Liputan6.com, Cileunyi: Situasi di pintu keluar Tol Cileunyi, Bandung, Jawa Barat, Selasa (15/9) pagi sudah menunjukkan peningkatan volume kendaraan. Kendati demikian, pihak kepolisian memperkirakan peningkatan arus mudik baru akan terjadi Rabu besok. Sedangkan puncak arus mudik akan terjadi pada H-3 Lebaran.

Reporter SCTV Sufiani Tanjung melaporkan, guna mengantisipasi terjadinya kemacetan pada saat puncak arus mudik, Kepolisian Resor Bandung mulai memaksimalkan penggunaan kamera pengintai (CCTV). Pantauan akan dilakukan secara real time sehingga jika terjadi kemacetan akan segera diketahui dan bisa diantisipasi petugas.

Sementara itu, suasana ramai juga mulai terlihat di Stasiun Kiara Condong, Bandung. Sejak tadi malam, para pemudik terlihat memenuhi stasiun pemberangkatan kereta ekonomi ini. Tercatat sudah 4.500 penumpang yang diangkut ke wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Para pemudik mengaku mudik lebih awal agar tidak kehabisan tiket kereta. Puncak arus mudik di stasiun ini diperkirakan pada H-4 Lebaran. Selengkapnya saksikan video berita ini.(ADO)


Jalur Utara Diperkirakan Mulai Ramai
September 14, 2009 at 9:38 pm

Liputan6.com, Tegal: Arus kendaraan yang melewati jalur pantai utara Jawa (Pantura), hingga Selasa (15/9) pagi belum terlihat meningkat. Kendati demikian, pengelola jalan Tol Cikampek, Jawa Barat, sudah menambah jumlah pintu tol menjadi delapan pintu untuk melayani pemudik. Sampai tadi pagi, kendaraan yang melintas masih didominasi mobil berukuran besar seperti truk.

Reporter SCTV Wira Respati juga melaporkan, peningkatan volume kendaraan diperkirakan baru akan terjadi mulai hari ini hingga puncaknya pada H-3 Lebaran. Meski kepadatan masih normal, pos pengamanan mudik Kepolisian Wilayah Purwakarta sudah terlihat sibuk. Para personel kepolisian secara proaktif membagi-bagikan peta jalan secara gratis.

Sementara itu, selain memperhatikan kelaikan kendaraan, Anda para pemudik sebaiknya juga menjaga kondisi tubuh agar tetap prima. Jika mengalami kelelahan di perjalanan, sebaiknya Anda beristirahat dan bisa mampir di Posko 24 yang menawarkan beragam fasilitas gratis bagi pemudik.

Jika perjalanan Anda melewati jalur Pantura, posko tenang Joy Tea Green Tea di Rumah Makan Pringsewu, Tegal, Jawa Tengah, bisa menjadi pilihan tepat untuk sejenak berelaksasi. Bukan hanya minuman Joy Tea Green Tea gratis, jari-jari pemijat profesional juga akan memanjakan tubuh Anda yang kelelahan.

Posko Joy Tea Green Tea juga menyediakan aneka permainan, khususnya bagi anak-anak. Jika kondisi fisik sudah kembali segar, Anda bisa melanjutkan perjalanan mudik ke kampung halaman. Selengkapnya saksikan video berita ini.(ADO)


Produk Berbahaya di Paket Sembako Gratis
September 14, 2009 at 9:38 pm

Liputan6.com, Semarang: Balai Pengawasan Obat dan Makanan Semarang, Jawa Tengah, menyatakan produk perlengkapan mandi seperti pasta gigi, sabun, dan minyak wangi produk Cina yang sempat dibagikan kepada masyarakat di Semarang tak layak konsumsi. Produk itu antara lain disertakan dalam pembagian paket sembako gratis di Klenteng Sam Poo Kong, Semarang, belum lama ini.

Balai POM Semarang mengatakan, produk tersebut sebenarnya pernah dilarang beredar pada 2007 lalu karena mengandung diethylene glycol. Bila dikonsumsi bisa menimbulkan alergi pada kulit.

Pihak Balai POM juga meminta warga miskin yang menerima pembagian produk yang disinyalir berbahaya tersebut agar tidak mengonsumsinya. Hingga kini panitia pembagian sembako belum bersedia dikonfirmasi mengenai asal-usul produk yang dibagikan. Selengkapnya saksikan video berita ini.(ADO)


Mantan Pangkostrad Leo Lopulisa Wafat
September 14, 2009 at 9:38 pm

Liputan6.com, Jakarta: Bangsa Indonesia kembali kehilangan salah satu putra terbaiknya. Mantan Panglima Kostrad Letnan Jenderal TNI Purnawirwan Leo Lopulisa meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat, Jakarta Pusat, Senin (14/9) sekitar pukul 16.00 WIB. Almarhum yang pernah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Filipina ini meninggal akibat penyakit stroke dan penyumbatan paru yang sudah lama dideritanya.

Leo Lopulisa kelahiran Bandung, Jawa Barat, tanggal 23 Novenber 1926 dan menjadi Pangkostrad di tahun 1975 hingga 1978. Almarhum rencananya akan dimakamkan di Taman Makan Pahlawan Kalibata, Rabu besok sekitar pukul 11.00 WIB. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pagi ini direncanakan datang ke rumah duka untuk memberikan penghormatan terakhir. Selengkapnya saksikan video berita ini.(ADO)


Eduardo Bebas dari Skorsing
September 14, 2009 at 4:56 pm

Liputan6.com, Nyon: Jelang partai perdana di putaran penyisihan grup Liga Champions, kabar baik menyambangi Arsenal. Badan sepakbola Eropa, UEFA membatalkan skorsing dua pertandingan di panggung Eropa yang dilimpahkan buat striker Arsenal, Eduardo da Silva.

Striker internasional Kroasia itu dijatuhi hukuman setelah ditemukan bersalah melakukan diving untuk mendapat hadiah penalti ketika menghadapi Celtic di pertandingan play-off menuju babak utama pada 26 Agustus. Akan tetapi pada Senin, 14 September, UEFA menyatakan menerima banding Arsenal.

Dengan demikian Arsene Wenger, manajer Arsenal, bisa bebas memainkan Eduardo untuk partai perdana di Grup H. Arsenal memulai petualangannya di kancah regional musim ini menghadapi Standard Liege di Stadion Maurice Dufrasne, Kamis (17/9) dini hari.

Menyangkut pembahasan ulang dengan segala bukti yang dimiliki, terutama pernyataan dari wasit dan inspektur pertandingan serta rekaman video, tim panelis di bawah Dewan Banding UEFA setuju dengan keputusan yang dikeluarkan wasit untuk memberi penalti," tutur UEFA melalui laman resminya (www.uefa.com).

Arsenal tentu saja senang. "Kami senang tercapai keputusan yang benar di kasus ini. Kami mampu meyakinkan bahwa terdapat kontak antara Eduardo dan kiper Celtic (Artur Boruc) dan menganggap keputusan itu harus dianulir." Demikian pernyataan resmi Arsenal.

"Kami mendukung kampanye fair-play dalam sepakbola dan UEFA punya standar tinggi yang dijalani. Kami menganggap insiden itu masa lalu dan berkonsentrasi untuk pertandingan di muka,"Arsenal menambahkan. Arsenal tergabung dengan AZ Alkmaar, Olympiacos dan Standard Liege di Grup H.(DIM)


Umat Muslim Minta Kekerasan di Palestina Dihentikan
September 14, 2009 at 4:56 pm

Liputan6.com, Jakarta: Ribuan umat Islam dari berbagai elemen berunjuk rasa di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat di kawasan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (14/9). Meski cuaca di Jakarta cukup panas dan dalam keadaan puasa, para demonstran tetap bersemangat menyuarakan aspirasinya.

Mereka mendesak agar AS dan Israel segera menghentikan segala bentuk kekerasan yang terjadi di Palestina. Para demonstran juga meminta pemerintah Indonesia menolak segala bentuk kerja sama dengan Israel. Aksi solidaritas umat muslim Indonesia kepada bangsa Palestina ini, dijaga ketat polisi. Simak selengkapnya dalam video berita ini.(IAN/AND)


Ratusan Pedagang Serbu Rumah Gubernur Papua
September 14, 2009 at 4:56 pm

Liputan6.com, Jayapura: Ratusan perempuan yang tergabung dalam Solidaritas Pedagang Asli Papua berunjuk rasa di kediaman Gubernur Barnabas Suebu di Jayapura, Papua, Senin (14/9) siang. Aksi sempat diwarnai cekcok antara pedagang dengan petugas yang melarang mereka masuk ke rumah Barnabas Suebu.

Setelah bernegosiasi, 15 perwakilan pedagang diperkenankan masuk dan diterima Asisten III Setda Papua Ibrahim Badaruddin. Dalam tuntutannya, pedagang meminta pembangunan pasar tradisional di tengah kota. Selama ini pemda telah membangun pasar tradisional. Namun letaknya cukup jauh yakni sekitar 30 kilometer dari Kota Jayapura. Tempatnya pun dinilai tak layak. Selengkapnya simak video berikut.(JUM/AND)


Juve Bukan Diego Seorang
September 14, 2009 at 4:56 pm

Liputan6.com, Turin: Performa impresif Juventus di awal musim ini tidak terlepas dari peran Diego Ribas da Cunha. Playmaker asal Brasil yang dibeli dari Werder Bremen itu bermain apik di giornata pertama dan kedua.

Permainan apik dan dua gol ke gawang AS Roma di partai kedua membuat banyak pihak bahwa Bianconeri akan berbicara banyak musim ini dengan Diego sebagai porosnya. Akan tetapi nasib malang tidak bisa ditepis. Diego mengalami cedera ketika berhadapan dengan Lazio, Sabtu (12/9) lalu.

Cedera paha itu membuat Diego absen untuk partai perdana Liga Champions menghadapi Bordeaux, Rabu (16/9) dini hari WIB. Banyak pengamat yang kemudian beranggapan situasi ini akan membuat Juve kedodoran. Gianluigi Buffon tidak sepakat. Meski menyatakan bahwa Juve merugi, Buffon yakin timnya akan mampu menjaga kualitas meski ditinggal absen Diego.

"Diego pemain penting dan kami akan selalu senang jika ia bisa bermain, tapi tim besar—seperti Juve—tidak bergantung pada seorang pemain," seru kapten Juve setelah Alessandro Del Piero tersebut. "Untuk bisa bersaing kami mesti memiliki kedalaman skuad dengan banyak pemain berkualitas dan setara."

Juve termasuk klub yang paling getol berbelanja pemain di Italia untuk bursa transfer musim panas kemarin. Demi meraih trofi sebanyak-banyaknya, La Vecchia Signora mendatangkan Felipe Melo, Fabio Cannavaro, Fabio Grosso dan Martin Caceres selain Diego.

"Terlalu dini mengatakan kami akan memenangi Liga Champions. Yang pasti kami memiliki skuad lebih kompetitif dibanding musim sebelumnya," kata Buffon menambahkan, seperti dituturkan Football Italia. Di penyisihan grup Liga Champions, Juve bergabung dengan Bayern Muenchen, Bordeaux dan Maccabi Haifa. Di kancah Serie A, Juve menjadi tiga tim bersama Sampdoria dan Genoa yang memetik tiga kemenangan beruntun di musim ini.(DIM)


Puting Beliung Terjang Gianyar, Sejumlah Rumah Rusak
September 14, 2009 at 4:56 pm

Liputan6.com, Gianyar: Angin puting beliung yang disertai hujan deras merusak rumah warga yang berada di sepanjang Jalan Raya Purnama Utara, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali, Senin (14/9). Akibatnya, sejumlah atap rumah copot diterbangkan angin.

Angin puting beliung juga menumbangkan sejumlah pohon yang tumbuh di jalan maupun di halaman rumah. Beberapa kandang sapi dan babi milik warga juga dilaporkan rusak. Kendati demikian, tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Selengkapnya simak video berikut.(IRN/AND)


Masyarakat Aceh Tolak Pengesahan Qanun Rajam
September 14, 2009 at 12:10 pm

Liputan6.com, Banda Aceh: Sejumlah elemen masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Aceh berunjuk rasa di luar Gedung DPRD Nanggroe Aceh Darussalam, Senin (14/9). Memprotes sikap anggota DPRD yang terlalu tergesa-gesa menetapkan qanun atau peraturan daerah tentang rajam. Padahal, tingkat partisiapasi dalam mengodog aturan itu masyarakat masih rendah. Menurut pendemo, qanun rajam betentangan dengan kesepakatan damai Helsinki serta mengabaikan hak kelompok wanita.

Setelah kelompok anti-qanun membubarkan diri, sejumlah mahasiswa yang pro-qanun mendatangi Gedung DPRD mendukung pengesahan qanun tersebut. Mereka membawa poster berisi kecaman yang menyatakan siapapun yang anti-qanun jinayah adalah musuh bersama. Simak selengkapnya di video berita ini.(IAN/AND)


Hebat... Ada Kaca Antiledakan
September 14, 2009 at 12:10 pm

Liputan6.com, St. Louis: Sejumlah bangunan di perkotaan banyak menggunakan kaca sebagai bagian dari gedung yang akan dibangun. Lantaran tembus cahaya, benda ini banyak dipilih arsitek untuk memperhitungkan kadar cahaya yang ingin dibiarkan masuk ke dalam gedung, sehingga selain dapat menerangi ruangan pada siang hari, listrik pun dapat dihemat. Karena banyak manfaatnya para ilmuwan mencoba membuat kaca yang kuat meskipun terkena ledakan.

Namun kaca antiledakan saat ini sangat mahal dan tebal, sehingga kurang ekonomis. Ketidakekonomisan ini menginspirasi sejumlah ilmuwan dari Universitas Missouri untuk membuat kaca antiledakkan yang murah dan tipis.

Upaya tersebut mulai menampakkan hasil. LiveScience mewartakan, peneliti mengganti plastic sandwiched yang biasa dipakai dalam pembuatan kaca dengan fiberglass yang ditempelkan ke plastik. Hasilnya kaca yang lebih kuat, murah dan tipis. Bahkan ukurannya bisa setengah ketebalan kaca anti ledakan biasa. Pada percobaan yang dilakukan, kaca ini mampu menahan ledakan kecil seperti granat. Meski demikian, penelitian masih terus dilanjutkan sampai menemukan kaca yang mampu menahan ledakan yang lebih besar.(AND)


Jacko Dominasi Penghargaan MTV Video Musik Award
September 14, 2009 at 12:10 pm

Liputan6.com, New York: Mengenang mendiang "Raja Musik Pop" Michael Jackson mendominasi ajang penghargaan video musik terbaik versi stasiun televisi musik MTV, MTV Video Musik Award 2009, yang berlangsung Ahad (13/9) kemarin di New York. Sejumlah penari tampil bergaya Michael Jackson, yang populer lewat video musiknya "Bad" dan "Thriller".

Saudari Jacko, Janet Jackson juga menunjukkan rasa cintanya kepada almarhum dan berdansa bersama sang kakak, seperti dalam video musik "Scream". Para penonton dalam kesempatan tersebut, menyaksikan preview eksklusif film dokumenter sang superstar, berjudul "Michael Jackson's This Is It, yang diambil saat Jacko tengah berlatih menjelang konser akbarnya di London. Film ini nantinya akan dirilis 28 oktober mendatang.

Penampilan sejumlah artis tidak kalah hebohnya. Penyanyi eksentrik Lady Gaga, menghipnotis penonton dengan gaya horornya saat menyanyikan hitsnya, "Paparazzi". Lady Gaga juga berhasil meraih penghargaan untuk artis pendatang baru terbaik. Sedangkan diva musik pop, Beyonce menyanyikan lagu andalannya "Single Ladies (put a ring on it)". Video musik lagu ini juga memenangkan penghargaan video tahun ini.

Namun insiden kecil mewarnai acara yang dibawakan oleh pelawak Inggris Russell Brand. Ucapan terima kasih oleh Taylor Swift, yang menerima penghargaan video terbaik untuk penyanyi wanita, dirusak oleh penyanyi rap, Kanye West. Dia menilai penghargaan tersebut seharusnya diberikan pada Beyonce. Namun West dilaporkan telah meminta maaf kepada Swift dan keluarganya. Selengkapnya simak video berikut.(ISW/AND)


Seribu Mahasiswa Bangka Belitung Mudik Bersama
September 14, 2009 at 12:10 pm

Liputan6.com, Jakarta: Seribu mahasiswa asal Bangka Belitung dari beberapa universitas di Jawa mudik bersama menggunakan Kapal Sirimau di Pelabuhan Tanjungpriok, Jakarta Utara, Senin (14/9). Transportasi laut jadi andalan mereka karena harga tiketnya terjangkau yakni Rp 185 ribu per orang. Mudik bersama ini sudah berlangsung sejak 2007.

Di Pulau Kangean, Sumenep, Madura, arus kedatangan pemudik mulai mengalami peningkatan. Para pemudik datang dari daerah yang cukup jauh seperti Jakarta, Bali, maupun dari luar negeri. Diperkirakan puncak arus mudik ke Pulau Kangean akan terjadi besok lusa.

Peningkatan kedatangan penumpang juga terjadi di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatra Utara. Peningkatan arus mudik penumpang kapal ini mulai berlangsung sejak Ahad lalu. Berdasarkan data dari Adpel Belawan, sudah ada 2.500 penumpang tiba menggunakan kapal.

Sementara di Temanggung, Jawa Tengah, tumpukan material proyek pembangunan trotoar yang ada di kanan kiri jalan belum dibersihkan. Hal ini dapat mengganggu kelancaran penggunaan jalan dan dikhawatirkan terjadi kemacetan di jalur alternatif Purwokerto-Semarang pada arus mudik nanti. Selengkapnya simak video berikut.(JUM/AND)


Tips Mudik Aman dengan Motor
September 14, 2009 at 12:10 pm

Liputan6.com, Jakarta: Tingginya harga tiket bus, kereta api, maupun pesawat udara membuat mudik dengan menggunakan motor makin diminati. Meski tingkat bahaya lebih besar, namun ribuan orang memilih mudik dengan menggunakan sepeda motor. Maklum, biaya yang dihemat cukuplah besar. Bahkan, Polda Metro Jaya memperkirakan jumlah pemudik asal Jakarta yang memakai sepeda motor sebanyak 3,9 orang pada masa Lebaran 2009. Jika Anda termasuk pemudik dengan motor, berikut tips ringan yang disusun Liputan6.com dari berbagai sumber.

Agar nyaman, pastikan sepeda motor dalam kondisi prima. Ada baiknya, Anda menyambangi bengkel langganan untuk memastikan motor Anda mampu menempuh perjalanan panjang.

Mintalah bengkel untuk melakukan tune-up standar. Selain itu, pastikan seluruh komponen karburator dalam kondisi bersih, penyetelan klep yang pas, serta mengganti oli bila diperlukan.

Setelah urusan mesin beres, cek kondisi bearing roda, velg, rantai, maupun gir. selain itu, ban yang sudah mulai botak ada baiknya segera Anda ganti. Cek pula kondisi kampas rem baik depan dan belakang.

Terakhir yang tak kalah penting, lakukan pengecekan lampu depan, sein, lampu belakang, lampu rem, dan klakson. Jika semua dalam kondisi oke, motor Anda sudah siap melakukan mudik.

Saat berkendara, ada baiknya Anda menggunakan helm full face. Selain itu, Anda juga harus melengkapi diri dengan pelindung dada. Tentunya, Anda tak mau jatuh sakit saat tiba di kampung halaman bukan?

Selain itu, pastikan barang bawaan tidak terlampau banyak. Sebab, barang bawaan Anda akan membuat manuver motor tidak optimal. Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengirimkan barang-barang tersebut melalui jasa pengiriman.

Kondisi pengendara juga harus menjadi perhatian. Saat menempuh perjalanan, Anda tak perlu tergesa-gesa. Jika Anda telah menempuh perjalanan selama dua jam, ada baiknya istirahat. Selain itu, patuhilah rambu-rambu lalu lintas yang ada. Selamat mudik!(AND)


Sopir Ugal-Ugalan, Bus Masuk Jurang
September 14, 2009 at 7:26 am

Liputan6.com, Tasikmalaya: Sebuah bus antarkota dalam provinsi masuk ke dalam jurang di daerah Kawalu, Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (14/9). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun sembilan penumpang dan sopir bus terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka serius.

Kecelakaan bermula saat bus Sakura jurusan Tasikmalaya-Karangnunggal berusaha menyalip kendaraan di depannya. Namun dari arah berlawanan muncul kendaraan lain. Sopir bus Sakura mencoba menghindar, tapi malah kehilangan kendali. Akhirnya bus jatuh ke jurang sedalam 15 meter.

Sementara itu, jumlah kendaraan yang melintas di jalur Tol Padalarang-Cileunyi mulai meningkat. Kendati begitu arus lalu lintas di ruas jalan tol tersebut, seperti dilaporkan reporter SCTV Ido Sitompul, masih lancar. Pagi tadi arus lalu lintas di daerah Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jabar, juga sudah mulai padat. Kepadatan terjadi di Simpang Tiga, yang merupakan lintasan strategis dari Bandung menuju Jakarta maupun menuju arah Purwakarta dan sekitarnya [baca: Cileunyi Normal, Padalarang Mulai Padat].

Di tempat terpisah, Kepala Biro Operasi Kepolisian Daerah Jabar, Komisaris Besar Polisi Muktiono, menjelaskan, di Jabar terdapat tiga titik kemacetan. Ketiga daerah itu adalah, Cikopo (pintu gerbang Tol Cikampek), Losari (perbatasan Jabar-Jateng), dan Nagrek. Simak selengkapnya dalam video berita ini.(IAN/AND)


Tidak Semua Setan Dibelenggu Ketika Ramadan
September 14, 2009 at 7:26 am

Liputan6.com, Jakarta: Mengapa masih banyak godaan bagi orang yang sedang berpuasa? Padahal, menurut hadis Rasulullah setan-setan dibelenggu saat Ramadan tiba. Mungkin pertanyaan tersebut pernah terlintas di benak Anda. Jangan khawatir, Ustad Subki Al-Bughury dapat menjawab pertanyaan itu.

"Ada tiga pendapat yang perlu diperhatikan. Pertama, setan berjalan pada tubuh anak manusia melalui aliran darahnya," ungkap Ustaz Subki Al-Bughury. Maksudnya adalah, saat manusia berpuasa dan terhindar dari makanan yang haram, saat itu pengaruh setan menjadi lebih kecil.

Pendapat kedua mengatakan, setan yang dibelenggu hanya yang jahat saja. Maka dari itu, masih ada setan yang berkeliaran dan berpeluang mengganggu manusia. Setan terdiri dari dua golongan, jin dan manusia. Jadi setan manusia yang berperan menggangu.

Pendapat ketiga menyebutkan, ada jiwa-jiwa yang memang sejak pertama sudah jelek. Sehingga, walaupun Ramadan tiba, hati mereka tetap saja buruk. Sengaja berbuat kesalahan, dan akhirnya tergoda oleh setan. Simak penjelasan lengkap dari Ustad Subki Al-Bughury dalam video berikut.(ASW/AND)


Perbaikan Jalan di Sejumlah Daerah Belum Rampung
September 14, 2009 at 7:26 am

Liputan6.com, Grobogan: Memasuki H-7 Hari Raya Idulfitri arus mudik mulai padat. Namun, perbaikan jalan di sejumlah daerah belum selesai. Padahal, semua perbaikan jalur mudik ditargetkan sudah selesai sebelum Lebaran.

Perbaikan jembatan di Jalan Raya Sambirejo, Grobogan, Jawa Tengah misalnya. Perbaikan jembatan ini diperkirakan tidak akan selesai dalam waktu dekat. Pengerjaan perbaikan jembatan sudah memakan waktu tiga bulan. Hingga kini, proyek tersebut baru kelar 60 persen. Alhasil, dipastikan jalur alternatif Semarang-Surabaya ini bakal tersendat lantaran akan diberlakukan sistem buka tutup.

Sementara itu, jalur alternatif yang disiapkan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk mengatasi kemacetan di daerah Lembah Anai juga belum selesai. Jalan yang panjangnya 38 kilometer itu baru lima kilometer saja yang sudah diaspal. Sisanya, masih berupa jalan tanah yang dikeraskan.

Dari enam jembatan yang ada, semuanya masih menggunakan jembatan peninggalan Belanda yang rapuh dan sempit. Namun demikian, pemerintah setempat tetap mengupayakan jalan itu bisa digunakan sebagai jalur alternatif saat mudik nanti. Selengkapnya simak video berita berikut.(ASW/AND)


Tol Cikampek Masih Lengang
September 14, 2009 at 7:26 am

Liputan6.com, Cikampek: Laju kendaraan yang melintas di gerbang Tol Cikampek, Jawa Barat masih lancar. Sebagian besar adalah truk dan bus penumpang. Menurut data Jasa Marga tercatat sebanyak 5.000 kendaraan melintas di gerbang Tol Cikampek. Demikian hasil pantauan SCTV dari Tol Cikampek, Senin (14/9) petang.

Jasa Marga memprediksi puncak kepadatan di Tol Cikampek terjadi pada H-5 dan H-4 menjelang Lebaran. Mengantisipasi kepadatan, Jasa Marga akan menetapkan sistem one way (satu jalur) dan juga membuka gerbang ekstra. Dengan dua langkah itu diharapkan akan mencairkan kemacetan.

Pemudik juga dapat memilih menggunakan jalur alternatif untuk menghindari kemacetan parah di Tol Cikampek. Jalur alternatif yang bisa dilalui adalah melalui Tol Sadang kemudian menuju Subang dan balik lagi ke jalur Pantai Utara (Pantura) untuk kemudian menuju ke Cirebon, Jabar. Bisa juga dengan keluar Tol Kalihurip kemudian menuju pertigaan Jomin. Namun jalur ini kurang disarankan karena jalan masih banyak yang berlubang.

Sementara itu, perbaikan jalan di ruas Cikampek hingga Pamanukan telah selesai. Tumpukan pasir di sisi-sisi jalan juga telah dibersihkan. Selengkapnya simak video berita berikut.(JUM/AND)


Puluhan Pengacara Siap Bela KPK
September 14, 2009 at 7:26 am

Liputan6.com, Jakarta: Prihatin kewenangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikebiri pemerintah, 20 pengacara menyatakan siap menjadi tim advokasi pembela KPK, Senin (14/9). Mulai besok, tim yang diantaranya terdiri dari anggota Yayasan Lembaga Hukum Indonesia (YLBHI) bakal mendampingi pemeriksaan pimpinan KPK yang dilakukan Polri. Mereka sepakat akan membela KPK demi bebasnya Tanah Air dari para koruptor.

Sebenarnya ada apa dengan KPK? Sepak terjang dalam melumat para koruptor justru menjadi bumerang bagi komisi yang dibentuk pada 2003 itu. Kini, komisi ini diburu Polri lantaran tuduhan bermain mata dengan koruptor. Polisi beralasan kesaksian Ketua KPK nonaktif Antasari Azhar menyeret empat petinggi KPK yang pekan lalu sudah menjalanipemeriksaan di Mabes Polri.

Dalam kesaksian Antasari, disebutkan para pimpinan KPK menerima uang dari PT Masaro Radiokom dalam kasus sistem komunikasi radio terpadu Departemen Kehutanan. Dalam pemeriksaan, keempat pimpinan KPK itu diperiksa bukan perkara suap, namun soal pencekalan Direktur PT Masaro, Anggoro Widjoyo. Selengkapnya simak video berikut.(ASW/AND)


Makepung, Menarik Wisata Melestarikan Tradisi
September 14, 2009 at 2:41 am

Liputan6.com, Jembrana: Usai panen seperti saat ini bagi warga Jembrana, Bali, adalah momentum istimewa. Salah satunya karena saat pascapanen tradisi balapan kerbau yang disebut makepung biasa digelar. Ini bukan sekadar pacuan. Sebab, balapan ini memiliki pakem-pakem tertentu seperti setiap kerbau dihiasi gelung rumbing atau sejenis makhota pada kepala mamalia berkaki empat itu. Setelah kerbau didandani, dimulailah pertandingan. Pemenang lomba adalah peserta yang bisa mendekati pacuan kerbau di depan kurang dari lima meter.

Tradisi ini dimulai pada era 30-an di Bali Barat. Kala itu lomba mempertandingkan adu cepat membajak di atas tanah berlumpur. Kata makepung berarti berkejar-kejaran dalam bahasa Indonesia. Warga Jembrana menggelar tradisi yang telah masuk dalam kalender pariwisata ini, hingga sembilan kali saban tahun. Selain menarik minat wisatawan, acara ini juga digelar untuk melestarikan tradisi masyarakat setempat. Simak selengkapnya di video.(ZAQ/ANS)


Jalur Pantura dan Selatan Masih Lengang
September 14, 2009 at 2:41 am

Liputan6.com, Bandung: Lebaran tinggal tujuh hari lagi. Kendati demikian, intensitas kendaraan di jalur selatan boleh dibilang masih sepi. Dari pantauan SCTV, Senin (14/9) di perempatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, kendaraan yang mendominasi jalan tersebut adalah angkutan kota setempat dan truk pengangkut barang. Puncak arus diperkirakan pada H-3.

Selain itu, jalur yang sudah mulus dan diperlebar, dipastikan menambah nyaman para pengendara yang melintasi jalur selatan. Ditambah lagi, polisi setempat juga sudah memasang kamera pemantau atau CCTV di lima titik yang rawan macet di sepanjang jalur selatan. Meski jalan sudah mulus dan lebar, pengendara tetap diimbau berhati-hati karena banyaknya tikungan tajam dan kontur jalan yang naik turun [baca: Jalur Mudik Selatan Lebih Nyaman].

Kondisi serupa terlihat di pintu Jalan Tol Cikampek, Jawa Barat. Hingga siang ini, jumlah kendaraan yang melewati jalur pantai utara Pulau Jawa atau pantura masih lengang. Para pengendara bisa memacu kecepatan kendaraan dari 70 hingga 80 kilometer per jam. Menurut pihak Jasa Marga, peningkatan kendaraan sudah terlihat kendati belum signifikan. Dengan demikian, diperkirakan puncak arus mudik terjadi di H-4.

Sementara untuk pemudik menggunakan sepeda motor, sejak 11 September atau H-10 kemarin, sudah dilarang melewati Jomin, dan dialihkan ke jalur alternatif lain. Jalur alternatif yang dimaksud adalah melewati Johor, Cilamaya Karawang, Cikalong, lalu keluar di Cikampek [baca: Polres Karawang Siapkan Jalur Khusus Sepeda Motor].

Lain halnya dengan pemudik melalui jalur laut. Bagi pemudik yang melalui Pelabuhan Merak, Banten, sebaiknya bersiap energi lebih. Sebab, sepanjang jalan dari Jakarta ke Tangerang, Serang, hingga Merak, Banten, banyak pasar tumpah. Pasar tradisional di sepanjang jalan itu rentan macet. Ditambah lagi penumpukan kendaraan di Pelabuhan Merak, akibat meningkatnya volume kendaraan. Berita selengkapnya dapat disimak di video.(BJK/ANS)


Pesanan Beduk Meningkat, Perajin Kewalahan
September 14, 2009 at 2:41 am

Liputan6.com, Temanggung: Tiba saatnya perajin beduk menuai rezeki jelang Lebaran. Ini dialami Mashudi, perajin beduk di Temanggung, Jawa Tengah. Ia kewalahan memenuhi pesanan yang naik hingga beberapa kali lipat. Biasanya, ia menerima pesanan hanya dua sampai tiga beduk per bulan, kini ada 12 beduk besar yang sudah dipesan.

Buah karya Mashudi tak hanya disukai warga lokal. Beduk-beduk dari bengkel Mashudi juga diekspor ke mancanegara seperti ke Arab Saudi, Korea Selatan, Singapura, dan Malaysia. Harga beduk bervariasi antara Rp 2 juta hingga Rp 5 juta untuk ukuran jumbo berdiameter dua meter. Selengkapnya saksikan video berita ini.(AIS/LUC)


Maradona Coret Pemain Eropa?
September 14, 2009 at 2:41 am

Liputan6.com, Buenos Aires: Peluang tim raksasa Amerika Latin, Argentina untuk melaju ke putaran final Piala Dunia (PD) 2010 di Afrika Selatan akan ditentukan dari hasil yang diraih di dua laga terakhir di babak kualifikasi, yaitu menjamu Peru pada Sabtu, 10 Oktober, dan bertandang ke Estadio Centenario, Montevideo, markasnya Uruguay, empat hari kemudian.

Mengantisipasi sangat krusialnya kedua laga tersebut, pelatih Tim Tango, Diego Armando Maradona dikabarkan bakal melakukan perubahan drastis dan bahkan dapat dianggap radikal, yaitu dengan mencoret sejumlah pemain senior yang berkecimpung di kompetisi Eropa.

Mantan kapten Timnas Argentina di PD 1986 dan PD 1990 itu dilaporkan sangat frustasi melihat performa sejumlah para pemain seniornya di dua laga terakhir lawan Brasil dan Paraguay yang membuat peluang tim meraih tiket otomatis kian menipis.

Seperti yang dilansir harian nasional yang berbasis di Buenos Aires, Ole, di dua laga berikut yang akan menentukan langkah Argentina, Maradona hanya akan memanggil para pemain yang berlaga di kompetisi lokal alias Divisi Primera Argentina.

Sebanyak enam pemain senior yang malang melintang di kompetisi persepakbolaan Eropa bakal dicoret Maradona, yaitu bek serbabisa Gabriel Heinze (Olympique Marseille), Javier Zanetti (Inter Milan), gelandang Fernando Gago (Real Madrid), Maximiliano Rodriguez (Atletico Madrid), Lisandro Lopez (Olympique Lyonnais), dan Diego Milito (Inter Milan).



ATKP Tawarkan Kompensasi untuk Keluarga Hendra
September 14, 2009 at 2:41 am

Liputan6.com, Asahan: Sejumlah kejanggalan di balik kematian Hendra Syahputra, Taruna Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan atau ATKP di Medan, Sumatra Utara, terus terungkap. Kali ini, keluarga Hendra bersaksi jika pihaknya sempat ditawari kompensasi atas kematian Hendra, oleh seorang petinggi ATKP. Kompensasi yang diberikan berupa masuk ATKP tanpa biaya dan tes bagi adik almarhum, atau biaya kuliah ditanggung manajemen ATKP. Sebelumnya, keluarga Hendra juga mengungkapkan adanya kejanggalan pada kronologi kematian Hendra yang dibuat oleh ATKP.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Sumut, Komisaris Besar Polisi Baharuddin Djafar, mengatakan pihaknya akan kembali memeriksa 36 saksi yang sebelumnya telah dimintai keterangan [Baca: Saksi Kasus Hendra Akan Diperiksa Ulang]. Termasuk tim medis ATKP Medan juga akan dipanggil kembali untuk dimintai keterangan ulang. Hal tersebut dilakukan setelah keluarnya hasil visum yang memastikan Hendra Syahputra tewas akibat penganiayaan berat [Baca: Polisi Pastikan Hendra Tewas Dianiaya].

Keluarga berharap polisi segera mengungkap kasus penganiayaan di balik tembok ATKP Medan itu. Selain itu pihak keluarga Hendra juga ingin agar tidak lagi jatuh korban jiwa akibat penganiayaan yang mestinya tidak perlu dilakukan dalam pendidikan. Berita selengkapnya simak di video.(BJK/LUC)

 

This email was sent to auliaganteng4@gmail.comCreate Your Account
Don't want to receive this feed any longer? Unsubscribe here.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar