Rabu, 16 September 2009

9/17 Liputan6 - Aktual Tajam dan Terpercaya: RSS 0.92

Please add updates@feedmyinbox.com to your address book to make sure you receive these messages in the future.
Liputan6 - Aktual Tajam dan Terpercaya: RSS 0.92 Feed My Inbox

Jalur Selatan Mulai Ramai
September 16, 2009 at 9:58 pm

Liputan6.com, Bandung: Sesuai perkiraan, arus kendaraan yang melintasi jalur selatan mulai menunjukkan peningkatan signifikan sejak Rabu (16/9) malam. Jika biasanya jumlah kendaraan yang keluar dari pintu tol Cileunyi hanya sekitar 19 ribu tiap hari, pada Rabu malam mencapai 23 ribu.

Diperkirakan, pada Kamis (17/9), jumlah kendaraan yang melintas diperkirakan mencapai 25 ribu kendaraan. Jumat besok diprediksi menjadi puncak arus mudik.(YUS)


Dua Ledakan Terdengar di Rumah Teroris
September 16, 2009 at 9:58 pm

Liputan6.com, Solo: Suara ledakan keras seperti bom sebanyak dua kali terdengar saat aparat kepolisian menggerebek sebuah rumah yang diduga dihuni teroris di RT 3 RW 11 Kampung Kepoh Sari, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Kamis (17/9).

ANTARA melaporkan, suara ledakan seperti bom terdengar keras dari jarak sekitar 300 meter dari lokasi rumah yang digerebek. Ledakan pertama terdengar sekitar pukul 05:15 WIB dan ledakan kedua sekitar pukul 05:35 WIB.

Namun, belum diketahui apakah suara ledakan itu dari pihak polisi atau dari pihak penghuni rumah yang diduga teroris itu. Selain itu, juga terdengar suara rentetan senjata api di lokasi rumah penyergapan dan suara itu masih berlangsung sejak Rabu malam sekitar pukul 23.00 WIB hingga sekarang.

Masyarakat setempat yang ingin melihat baku tembak antara polisi dengan sekawanan orang yang diduga teroris itu semakin banyak di sekitar lokasi kejadian. Mereka tidak diperbolehkan mendekati di lokasi kejadian, mereka hanya dapat melihat dari jarak sekitar 300-an meter dari rumah kontrakan yang dihuni Susilo alis Adeb itu.Penghuni rumah yang digerebek oleh polisi, Susilo alias Adeb, di RT 3/RW 11 Kampung Kepoh Sari, Mojosongo, Jebres, Surakarta, diketahui tidak pernah berbaur dengan warga setempat.

Warga sekitar mengenal Susilo sebagai orang yang tertutup dan tidak suka membaur. Ketua RT 3 RW 11, Kepoh Sari, Suratmin, di lokasi kejadian, mengatakan Susilo setiap ada pertemuan warga tidak pernah datang. Menurutnya, Susilo pernah diundang langsung di rumahnya beberapa kali oleh warga untuk ikut kumpulan warga, tetapi tetap tidak pernah datang.

Selain itu, Susilo sering memakai pakaian khasnya yakni celana "cengkrang" atau panjangnya di atas mata kakinya dan tidak pernah mendatangi masjid di kampung. "Saya tidak pernah tahu jika ada orang datang di rumah Susilo," katanya.

Suratmin mengatakan, Susilo menempati rumahnya bersama istri yang kesehariannya memakai cadar sehingga warga banyak yang tidak tahu wajahnya."Setiap ada kumpulan RT tidak pernah datang," katanya.

Sementara polisi melakukan penyergapan di rumah milik Totok yang dikontrak oleh Susilo diduga sebagai tempat persembunyian Bagus Budi Pranata alias Urwah, salah satu DPO teroris. Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari polisi tentang penyergapan itu.(AND)


Tiga Pasar Tumpah Hambat Pemudik di Lampung
September 16, 2009 at 9:58 pm

Liputan6.com, Bandar Lampung: Berhati-hatilah bagi Anda para pemudik yang melalui jalan lintas Sumatra terutama di Provinsi Lampung. Di kawasan ini setidaknya terdapat tiga pasar tumpah, yakni Pasar Natar, Pasar Tengineneng, Lampung Selatan, dan Pasar Bandar Jaya, Lampung Tengah.

Sejak pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB laju kendaraan di kawasan ini sangat lambat, bahkan macet. Maklum, para pedagang memajang dagangannya di bahu dan pinggir jalan sehingga menghambat laju lalu lintas. Kondisi itu semakin diperparah karena pengemudi angkutan umum berhenti di sembarang tempat untuk mencari penumpang.(YNI/AND)


Tol Kanci Padat, Roda Dua Mendominasi
September 16, 2009 at 9:58 pm

Liputan6.com, Cirebon: Jalur mudik pantai utara Jawa sudah mulai diramaikan pemudik. Kamis (17/9) pagi, lonjakan arus mudik dari Jakarta sudah terlihat di pertigaan Tol Kanci, Cirebon. Yang agak menyolok peningkatannya adalah pemudik dengan kendaraan roda dua. Kondisi ini jauh berbeda dibandingkan tadi malam, dimana arus lalu-lintas masih terlihat sepi.

Menurut reporter SCTV Louisa Kusnandar, kepadatan yang terjadi sejak pagi tidak sampai membuat terjadinya kemacetan. Kendaraan masih dapat dipacu dengan kecepatan 80 kilometer per jam. Kalaupun terjadi kepadatan, pemudik bisa menggunakan jalur alternatif seperti Pejagan yang letaknya sekitar 500 meter dari Tol Kanci. Selengkapnya saksikan video berita ini.(ADO)


Jalur Selatan Ramai Pemudik
September 16, 2009 at 9:58 pm

Liputan6.com, Nagreg: Sesuai prediksi sebelumnya, sejak tadi malam sudah terlihat peningkatan arus mudik dari arah Jakarta yang melewati jalur selatan Jawa. Jumlah kendaraan yang keluar dari pintu gerbang Tol Cileunyi, Bandung, Jawa Barat, yang biasanya hanya 19 ribu kendaraan, tadi malam tercatat sekitar 23 ribu kendaraan. Diperkirakan pula hari ini kendaraan yang keluar dari pintu Tol Cileunyi akan mencapai 25 ribu kendaraan.

Reporter SCTV Sufiani Tanjung juga melaporkan, hingga Kamis (17/9) pagi jalur selatan seperti di Nagreg, Bandung, Jabar, masih tetap ramai. Tak hanya oleh mobil pribadi dan angkutan umum, kendaraan roda dua juga terlihat memadati jalur ini. Kendati demikian, puncak arus mudik di jalur ini diperkirakan baru akan terjadi besok.

Sementara itu, bagi para pemudik yang akan melewati jalur selatan dengan tujuan Tasikmalaya atau Garut, diingatkan untuk berhati-hati. Pasalnya banyak tikungan dan tanjakan yang curam. Tadi malam, sebuah truk yang membawa barang bekas terguling karena kesalahan sopir. Meski tak ada korban jiwa, kecelakaan ini sempat membuat arus lalu lintas tersendat.

Sedangkan untuk mengantisipasi longsor di kawasan Cadas Pangeran, Pemerintah Kabupaten Sumedang menyiapkan dua alat berat dan pos kesehatan serta mobil ambulans. Kawasan ini memang banyak dilalui pemudik. Namun, karena letaknya di perbukitan, membuat jalur yang menghubungkan Bandung dan Cirebon ini rawan longsor. Selengkapnya saksikan video berita ini.(ADO)


Lokasi Baku Tembak di Mojosongo Dijaga Ketat Polisi
September 16, 2009 at 5:12 pm

Liputan6.com, Solo: Baku tembak di Desa Kepoh Sari, Kelurahan Mojosongo, Jebres, Kota Surakarta, Jateng, Kamis (17/9), sudah berhenti. Warga mulai berdatangan dan memadati sepanjang jalan menuju lokasi kejadian. Namun, warga tak bisa mendekat karena aparat kepolisian memblokir dan menjaga ketat lokasi baku tembak [baca: Baku Tembak di Mojosongo Masih Berlangsung].

Sebuah mobil pemadam kebakaran terlihat keluar dari lokasi kejadian dan beberapa menit kemudian datang mobil pemadam lainnya. Seorang polisi, seperti dilaporkan ANTARA, terlihat keluar dari lokasi baku tembak sambil membawa sebuah kotak yang diduga berisi amunisi senjata api. Kotak tersebut langsung dimasukan ke dalam mobil dan dibawa pergi dari lokasi kejadian.

Sementara itu, sebuah mobil ambulans milik Kepolisian Kota Besar Surakarta, satu mobil jenazah dan kendaraan Unit TKP datang ke lokasi. Sebuah kendaraan water canon dan mobil penjinak bom juga masuk ke lokasi kajadian beberapa menit kemudian. Kondisi terakhir di lokasi rumah yang diduga tempat persembunyian teroris itu kelihatan sudah tenang dan tidak ada lagi suara tembakan.


Anti-Klimaks di Giuseppe Meazza
September 16, 2009 at 5:12 pm

Liputan6.com, Milan: Partai Inter Milan kontra Barcelona tidak berjalan sesuai dengan gembar-gembor yang membahana. Dalam partai pembuka penyisihan Grup F Liga Champions yang dimainkan di Stadion Giuseppe Meazza, Rabu (16/9) atau Kamis dini hari WIB, kedua kesebelasan bermain 'kacamata' alias 0-0.

Barca yang turun tanpa Andres Iniesta menggebrak di menit pertama. Penetrasi Lionel Messi dan dilanjutkan dengan tendangan mendatar mampu ditangkap Julio Cesar. Peluang emas tim tamu diperoleh Ibra pada menit kedelapan yang lolos dari jebakan offside. Sayang tendangan voli kaki kirinya melambung. Satu menit kemudian sundulan Messi dihalau Cesar.

Peluang pertama Inter diperoleh satu menit sebelum setengah jam babak pertama berjalan. Namun tendangan Diego Milito bisa dimentahkan Victor Valdes. Itulah peluang terbaik Inter yang lebih banyak ditekan lawannya di babak pertama. Sedangkan Barca memiliki dua kesempatan sebelum istirahat. Pertama tendangan Seydou Keita yang melenceng dan tembakan Messi yang ditepis Cesar.

Permainan di babak kedua lebih monoton meski dibuka oleh peluang yang tidak mampu dimaksimalkan Wesley Sneijder. Meski menguasai lini tengah namun serangan pasukan Pep Guardiola terlalu lunak untuk diredam Lucio dkk di depan gawang Inter.

Nerazzurri juga demikian. Walau Jose Mourinho memasukkan Dejan Stankovic untuk menggantikan Sulley Ali Muntari yang jadi kartu mati, permainan Nerazzurri juga tidak kunjung hidup. Guardiola coba memecah kebuntuan dengan menurunkan Andres Iniesta namun tidak juga membuahkan hasil. Demikian pula denga pergantian Mario Balotelli yang menggantikan Milito. Sampai wasit meniup peluit panjang kebuntuan tidak juga bisa dipecahkan.

Sementara itu, masih dari Grup F, Dynamo Kiev bangkit setelah sempat tertinggal lebih dulu dari Rubin Kazan. Bermain di kandang sendiri, Stadion Lobanovsky Dynamo, klub Ukraina itu tertinggal gol berkat gol Alejandro Damian Dominguez di menit ke-25.

Dinamo bangkit di 20 menit terakhir, dimulai gol Ayila Yussuf pada menit ke-71. Pada menit ke-79 Dynamo membalikkan keadaan berkat gol dari Gerson Magrao. Tiga poin yang membuat Dynamo memimpin Grup F akhirnya dilengkapi gol Oleh Husyef lima menit sebelum permainan bubar.(DIM)

Susunan pemain:
Inter Milan: Julio Cesar; Maicon, Lucio, Walter Samuel, Cristian Chivu; Sulley Ali Muntari, Thiago Motta, Javier Zanetti, Wesley Sneijder; Samuel Eto'o, Diego Milito.
Barcelona: Victor Valdes; Dani Alves, Carles Puyol, Gerard Pique, Eric Abidal; Toure Yaya, Xavi, Seydou Keita; Lionel Messi, Zlatan Ibrahimovic, Thierry Henry.
Wasit: Wolfgang Stark (Jerman).


Baku Tembak di Mojosongo Masih Berlangsung
September 16, 2009 at 5:12 pm

Liputan6.com, Solo: Polisi terlibat baku tembak dengan orang yang diduga teroris di sebuah rumah di Kampung Kepoh Sari, Kelurahan Mojosongo, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (17/9). Hingga dini hari tadi baku tembak masih terus berlangsung.

Menurut laporan wartawan ANTARA, suara tembakan senjata api masih terus terdengar dengan target sebuah rumah di pinggir jalan lingkar (ring road) Mojosongo. Suasana terasa lebih mencekam karena lokasi kejadian gelap gulita akibat listrik padam. Warga setempat menuturkan, suara tembakan berlangsung sejak Rabu malam.

Pasukan Brimob Surakarta didatangkan ke lokasi kejadian sekitar pukul 01.00 WIB, disusul sebuah mobil pemadam kebakaran. Sementara itu, sejak baku tembak terjadi, warga setempat dilarang mendekat ke lokasi kejadian. Sejumlah aparat kepolisian dari Kepolisian Kota Besar dan Polwil Surakarta kelihatan berjaga-jaga.

Menurut warga setempat, rumah yang menjadi sasaran aparat itu memang biasa dikontrakkan sehingga penghuninya selalu berganti-ganti. Namun, hingga sekarang belum diketahui siapa penghuni rumah itu. Penggerebekan di Mojosongo ini mengingatkan peristiwa serupa di rumah Muhjahri di Desa Kedu, Kabupaten Temanggung, Jateng, yang berakhir dengan tewasnya Ibrohim, Agustus lalu.


Sakit Misterius Masih Melilit Enke
September 16, 2009 at 5:12 pm

Liputan6.com, Hannover: Kabar tak sedap masih menggelayuti Robert Enke. Penjaga gawang berusia 32 tahun ini masih dibekap sakit misterius setelah Hannover 96 mengkonfirmasi bahwa Enke tidak aakn bermain untuk partai lanjutan Bundesliga pekan keenam menghadapi Borussia Dortmund, Sabtu (19/9).

Enke juga diperkirakan bakal absen menjaga gawang Jerman untuk pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia di Grup 4 Zona Eropa. Pada 10 Oktober nanti Jerman akan menghadapi Rusia. Partai krusial yang memengaruhi posisi pemuncak grup, sekaligus meraih tiket langsung tampil di Afrika Selatan musim panas tahun depan.

Enke ditarik dari skuad Der Panzer sesaat sebelum laga kontra Azerbaijan pekan lalu karena infeksi misterius yang diidapnya. Tim dokter masih melakukan serangkaian tes untuk mengetahui penyakit tersebut dan memulihkan kondisinya, sementara Enke terus menjalani latihan ringan.

"Hasil tes belum akan keluar di akhir pekan," tutur hannover dalam pernyataannya melalui laman resminya. "Sampai saat ini ia masih menjalani diagnosa. Robert (Enke) sendiri menjalani latihan ringan. Dengan demikian ia tidak akan bermain untuk partai kontra Borussia Dortmund."

Masalah yang menimpa Enke menjadi kabar baik buat duo kiper pelapis di Hannover. Posisi utama untuk bisa tampil di AWD Arena, kandang sendiri, akan diperebutkan Florian Fromlowitz dan Morten Jensen.

Infeksi yang dideritanya telah diperiksa di institut khusus penyakit-penyakit negara tropis di Hamburg, namun hasilnya negatif. Kabar tak sedap ini merupakan langkah mundur bagi Enke dalam persaingan memperebutkan posisi kiper utama Jerman.

Ia saat ini besaing dengan Rene Adler (Bayer Leverkusen), Tim Wiese (Werder Bremen), Manuel Neuer (Schalke 04). Pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew menyatakan tidak akan memainkan Enke jika ia kembali berlatih selang beberapa hari dari laga versus Rusia. Saat ini Jerman bertengger di puncak dan hanya unggul satu poin dari Rusia.(DIM)


Dialog Ramadan Bersama SBY
September 16, 2009 at 5:12 pm

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan, konsep berbagi di masyarakat terbagi cukup luas, seperti memberi, menolong, tenggang rasa dan kesetiakawanan. Implementasinya pun cukup jelas. Pemerintah memungut pajak yang dananya digunakan untuk membangun. Kemudian, perusahaan diharuskan mengeluarkan sebagian keuntungan. Sementara masyarakat menerjemahkan arti berbagi melalui zakat, infaq, sodaqoh, dan yang lainnya.

"Saya juga senang dan bersyukur ketika ada musibah dengan cepat masyarakat memberikan bantuan," kata Presiden dalam perbincangannya dengan SCTV, Rabu (16/9). Hadir dalam acara tersebut, Prof. DR. Tolhah Hasan, ulama, serta Prof. DR. Rafii Yunus, Guru Besar Universitas Islam Alauddin, Makassar, Sulawesi Selatan

Penjelasan Presiden tersebut disampaikan menjawab pertanyaan soal aplikasi pemerintah akan konsep berbagi dan keadilan sosial untuk mensejahterakan masyarakat. Menurut Presiden, negara sudah berbuat banyak terhadap kaum fakir miskin dan anak telantar. Dari fungsi sosial, pemerintah dengan program-program yang ada memberikan bantuan sosial kepada mereka-mereka yang memerlukan bantuan. " Masyarakat sudah mengenal program pro-rakyat atau bantuan langsung tunai bagi masyarakat kurang sejahtera," kata SBY.

Pendapat Presiden diamini Tolhah Hasan. Menurut Tolhah, kepedulian terhadap orang yang tidak punya memang kewajiban pemerintah. Namun, di sisi lain masyarakat juga mempunyai tanggungjawab yang sama. Konsep berbagi dalam Islam, kata Tolhah,  berbeda dengan konsep yang ada dalam filsafat sosial lain. Islam mengakui dan melindungi hak pribadi. Namun, dalam Islam, setiap kekayaan mempunyai fungsi sosial. Dalam kekayaan ada hak orang lain yang harus diberikan pada saat-saat tertentu.

Rasulullah, kata Rafii Yunus, ketika di Mekkah, Arab Saudi, sudah mengenalkan konsep berbagi. Begitu juga di Madinah. Beliau bahkan harus berbagi bukan hanya dengan umat muslim, tapi juga dengan penganut lain.

Selanjutnya Presiden menjelaskan, konsep keadilan di mata pemerintah adalah tiap-tiap warga negara diberikan peluang, didorong, diberdayakan untuk bisa memiliki kehidupan yang layak. Negara dengan kebijakan dan undang-undang menyediakan ruang untuk itu. Namun, diakui Presiden ada orang yang belum bisa melakukannya sendiri. "Dalam kaitan itulah negara harus membantunya. Tapi yang lainnya, sesuai dengan ajaran Islam, harus juga ikut membantunya. Itu namanya adil," ujar SBY.

Pada bagian lain, Presiden menyinggul soal potensi penghimpunan dana dari masyarakat melalui badan zakat. Sejauh ini, kata Presiden, organisasi, manajemen, dan programnya sudah tertata dengan baik. Hanya saja tinggal membangun mekanisme dan cara-cara untuk membangun kesadaran masyarakat.

Namun, menurut Rafii Yunus, membangun kesadaran masyarakat adalah hal yang gampang-gampang susah. Pasalnya, masyarakat harus lebih cerdas dan memahami pengertian bahwa di dalam hartanya terdapat hak orang lain.

Kebijakan apalagi yang telah diambil pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya? Apakah upaya-upaya tersebut sesuai dengan pandangan Islam? Simak selengkapnya perbincangan Presiden dengan Prof. DR. Tolhah Hasan, dan Prof. DR. Rafii Yunus, dalam video dialog Barometer SCTV edisi 16 September 2009.(IAN)


Ford Kenalkan C-Max Compact Akhir 2011
September 16, 2009 at 12:25 pm

Liputan6.com, Michigan: Lagi-lagi perusahaan otomotif Ford Motor Co akan meminjam desain Eropa untuk memperkenalkan mobil sedan compact barunya ke pasar Amerika Utara. Mobil C-Max dengan tujuh kursi ini akan mulai bertengger di ruang pameran Amerika Serikat mulai akhir 2011. Demikian diumumkan Ford di acara pers pameran otomotif Frankfurt Motor Show, Frankfurt, Jerman, Selasa (15/9), seperti diwartakan The Wall Street Journal. Kendati demikian, Ford membantah bahwa C-Max akan diproduksi di AS.

Ini adalah kali keempat Ford berkiblat ke Eropa untuk ide-ide desain mobil Amerika Utaranya. Ford Focus yang dibuat lebih baru, Focus hatchback, Transit Connect dan Ford Fiesta adalah beberapa contoh dari model mobil yang mengikuti jejak nenek moyangnya hingga pasar Eropa. Transit Connect tersedia di AS, sementara Focus dan Fiesta baru akan dipamerkan pada 2010.

Chief Executive Officer (CEO) Ford, Alan Mulally mempertaruhkan reputasinya dan masa depan keuangan perusahaan pada keyakinan bahwa desain mobil dengan beberapa kekurangan kecil itu akan bisa menembus pasar dunia. "Desain kini tak lagi tetap tersegmentasi berdasarkan pada daerah tertentu," katanya. Jika Mulally benar, maka Ford dapat mempercepat pengenalan kendaraan baru itu.

C-Max yang memiliki keunggulan pada pintu geser ganda dan kursi lipatnya, bisa saja menjadi ancaman terbesar bagi minivan keluaran perusahaan otomotif Chrysler Group, LLC yang telah lama populer. Selain itu, Ford juga berencana untuk meluncurkan sebanyak 10 model atau dua juta kendaraan per tahun, yang berlandaskan C-Max. C-Max untuk pasar Eropa akan diproduksi di pabrik Ford di Valencia, Spanyol, dengan perkiraan harga sebesar 23 ribu dolar AS atau sekitar Rp 230 juta. Namun untuk mobil sekecil ini, harga itu terlalu mahal untuk diberlakukan di AS.(VIN)


MA Vonis Al Amin Delapan Tahun Penjara
September 16, 2009 at 12:25 pm

Liputan6.com, Jakarta: Mahkamah Agung (MA) memvonis mantan anggota DPR, Al Amin Nur Nasution, delapan tahun penjara. Hukuman ini sama dengan putusan pengadilan tingkat pertama. Demikian dikatakan salah satu anggota majelis hakim, Krisna Harahap, Rabu (16/9), seperti dilansir ANTARA.

Putusan tersebut lebih rendah dibanding putusan ditingkat banding yang memvonis Al Amin 10 tahun penjara. Sebelumnya, pada pengadilan tingkat pertama, Al Amin divonis delapan tahun penjara [baca: Al Amin Divonis Delapan Tahun Penjara].

Majelis hakim yang diketuai Edward Pattinasarani menyatakan, Al Amin terbukti secara sah dan meyakinkan menerima uang dalam proses alih fungsi hutan lindung dan dalam proyek pengadaan alat di Departemen Kehutanan. Al Amin juga telah meminta Sekretaris Daerah Bintan, Kepulauan Riau, Azirwan, menyediakan dana sebesar Rp 3 miliar untuk proses alih fungsi hutan lindung.

Kemudian, Al Amin meminta Rp 100 juta untuk biaya kunjungan kerja anggota DPR ke India, dan Rp 150 juta untuk kunjungan kerja anggota Dewan ke Bintan. Majelis hakim juga menyatakan, Al Amin terbukti meminta dan menerima uang dari rekanan Departemen Kehutanan dalam proyek pengadaan GPS Geodetik, GPS Handheld, dan Total Station. Dalam proyek tersebut, Al Amin meminta dua perusahaan rekanan Departemen Kehutanan, PT Data Script, dan PT Almega Geosystem menyerahkan uang komisi. Al Amin kemudian menerima Rp 186 juta dari PT Data Script, dan Rp 1,2 miliar dari PT Almega Geosystem.(VIN)


Barack Obama Sebut Kanye West "Jackass"
September 16, 2009 at 12:25 pm

Liputan6.com, Washington: Menyusul insiden diselanya pidato kemenangan penyanyi country belia Taylow Swift oleh penyanyi rap Kanye West di acara MTV Video Music Awards (VMAs), Presiden Amerika Serikat, Barack Obama menyebut West "jackass" atau "orang tolol". Istilah tak pantas itu disebut Obama di sebuah wawancara dengan koresponden ABC News, Terry Moran.

Beberapa saat setelah itu, Moran langsung mempublikasikan pernyataan Obama tersebut di situs jejaring sosialnya, Tweeter. "Presiden Obama baru saja menyebut Kanye West seorang yang tolol karena aksinya di VMAs ketika Taylor Swift menang. Itu baru namanya presiden," tulis Moran sinis. Tulisan ini bisa dibaca pengikut Moran di Tweeter yang jumlahnya mencapai satu juta orang lebih.

Seperti diwartakan Chicago Tribune, Rabu (16/9), ternyata ucapan Obama tersebut tidak dimaksudkan untuk konsumsi publik. Untuk itu, Moran pun berusaha menghapus tulisannya di Tweeter. Tapi apa daya, tulisan itu sudah telanjur dipublikasikan di internet. ABC News pun meminta maaf pada Gedung Putih atas tindakan Moran yang kekanak-kanakan itu.

Bermula dari aksi West yang mengejutkan seluruh penonton acara VMAs. Saat itu Swift tengah memberikan pidato kemenangannya atas kategori video klip penyanyi wanita terbaik. Di tengah-tengah pidato, tiba-tiba West menerobos ke panggung dan merampas mikrofon dari Swift. Kemudian dia mengatakan pada penonton di depan Swift bahwa Beyonce, saingan Swift dalam kategori itu, memiliki video terbaik yang pernah ada. Swift pun dipermalukan di depan khalayak ramai [baca: Jacko Dominasi Penghargaan MTV Video Musik Award].

Sejak itu West telah berulang kali meminta maaf pada Swift, keluarga Swift dan publik. Tanpa terkecuali dalam acara talkshow yang cukup terkenal di Amerika Serikat, The Jay Leno Show.(VIN)


Gumiter Rawan Kecelakaan, Warga Dilibatkan Atur Jalan
September 16, 2009 at 12:25 pm

Liputan6.com, Jember: Guna menekan angka kecelakaan selama arus mudik dan balik Lebaran di Gunung Gumiter, Jember, Jawa Timur, polisi memberdayakan relawan untuk mengatur jalan. Kelompok yang dinamakan Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas (Supeltas) tersebut merupakan warga sekitar yang sudah tahu seluk-beluk dan kondisi Gunung Gumiter.

Kawasan Gunung Gumiter di perbatasan Jember-Banyuwangi merupakan daerah paling rawan kecelakaan. Setidaknya ada 15 titik tikungan tajam yang amat berbahaya. Kawasan ini masuk kategori black spot atau titik rawan kecelakaan, tanah longsor, dan pohon tumbang.(YNI/VIN)


BNP2TKI: 100 Ribu TKI Mudik Tahun Ini
September 16, 2009 at 12:25 pm

Liputan6.com, Jakarta: Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Moh. Jumhur Hidayat, memperkirakan sedikitnya 100 ribu tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di berbagai negara memanfaatkan momen lebaran tahun ini untuk mudik ke kampung halaman. Peningkatan luar biasa arus mudik TKI ke Tanah Air tersebut, terjadi selama dua pekan jelang Idulfitri.

"Sebagian besar TKI yang mudik berasal dari Malaysia dan negara-negara di Timur Tengah. Mereka ada yang kebetulan habis kontrak kerja, namun sebagian lagi mudik karena cuti Lebaran," kata Jumhur, Rabu (16/9). Menurut Jumhur, sebagian besar TKI mudik menggunakan jalur udara (pesawat udara), dan yang lainnya memakai kapal laut serta jalur darat.

Para TKI yang menggunakan jalur udara saat ini telah memenuhi sejumlah debarkasi di Bandar Udara (Bandara) Soekarno Hatta Jakarta, Bandara Selaparang Mataram, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Hasanuddin Makassar, dan beberapa pelabuhan udara internasional lainnya.

Sementara para TKI yang menggunakan jalur laut, tiba di Tanjungpriok Jakarta, Tanjung Pinang Kepulauan Riau, Tanjung Balai Karimun dan Belawan, Sumatra Utara, Dumai Riau, Batam Kepulauan Riau, Tanjungperak Surabaya, Nunukan Kalimantan Timur, Tawao Sulawesi Utara, dan beberapa pelabuhan laut yang menerima kedatangan kapal internasional.

Adapun pemudik TKI yang menggunakan jalur darat umumnya tiba di daerah perbatasan, yaitu di Entikong, Kalimantan Barat. "BNP2TKI sudah menyiapkan seluruh jajaran di daerah agar melayani setiap pemudik TKI dengan baik, jangan sampai mereka mengalami kesulitan untuk sampai ke kampung halamannya," tegas Jumhur.

Jumhur mengakui, dibanding tahun sebelumnya ada sedikit penurunan jumlah TKI yang mudik di lebaran tahun ini. Penurunan itu, terkait dengan dampak krisis ekonomi global yang melanda sejumlah negara sejak awal 2009.

Namun dibandingkan dengan arus kedatangan TKI ke Tanah Air secara regular setiap bulannya, jumlah TKI yang mudik pada lebaran ini mengalami peningkatan 100 persen lebih. Biasanya jumlah TKI yang tiba di Indonesia mencapai 1.500 hingga 2.000 orang per hari, tapi kini ada 100 ribu TKI yang pulang ke kampung halaman. Sementara jumlah TKI yang berangkat ke luar negeri rata-rata mencapai 2.000 orang per hari.(IAN/VIN)


SBY: Jangan Paksakan RUU Rahasia Negara
September 16, 2009 at 2:53 am

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta agar pengesahan Rancangan Undang-undang Rahasia Negara tidak dipaksakan. Menurut Presiden Yudhoyono, harus ditemukan titik temu antara kedua kebutuhan terlebih dahulu. "Tak benar bila atas nama rahasia negara, kaidah transparency, good governance lantas dikorbankan," ucap Yudhoyono dalam rapat di Kantor Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (16/9). SBY memimpin rapat untuk mendengarkan laporan terkait polemik RUU Rahasia Negara.

Presiden Yudhoyono sudah menerima surat dari elemen masyarakat yang mengkhawatirkan keberadaan sejumlah pasal karet dalam RUU Rahasia Negara. Ada sejumlah pasal dalam RUU ini yang dianggap dapat mengebiri asas kebebasan dan hak asasi manusia (HAM). Namun, Presiden Yudhoyono mengingatkan kebebasan berlebihan yang mengabaikan keamanan tak boleh terjadi.

Rapat ini dihadiri di antaranya Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso, Kepala Kepolisian RI Jenderal Bambang Hendarso Danuri, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Andi Matalatta. Hadir pula Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono, Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Widodo A.S. dan Menteri Dalam Negeri Mardiyanto [baca: Hari Ini Presiden Panggil Menhan].(AIS/ANS)


Tim SAR Sulit Mencapai Lokasi Banjir
September 16, 2009 at 2:53 am

Liputan6.com, Panyabungan: Hingga Rabu (16/9) siang, tim penyelamat (SAR) masih kesulitan mencapai lokasi banjir bandang di Kecamatan Muara Batang Gadis, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara. Sulitnya medan dan putusnya jalan darat, menurut Bupati Amru Daulay, menjadi kendala terbesar tim penolong untuk mengevakuasi korban. Satu-satunya jalur untuk mencapai lokasi yaitu melalui sungai.

Bupati Amru Daulay menyebutkan jumlah korban meninggal yang sudah ditemukan dua jam lalu sebanyak 11 orang. Dengan demikian, jumlah korban tewas hingga kini 49 jiwa. Sementara itu, putusnya jalan darat membuat bantuan tidak dapat masuk ke Mandailing Natal. Memang, bantuan seperti obat-obatan dan makanan sudah dikirim melalui udara. "Namun belum bisa memadai melihat jumlah korban yang begitu banyak," kata Bupari Amru [baca: Banjir Mandailing Natal Telan 38 Jiwa].

Banjir bandang setinggi dua meter yang menghantam enam desa di Mandailing Natal, Selasa dini hari silam, diduga akibat penebangan hutan yang membabi buta. Padahal, hutan di daerah ini tidak hanya sebagai penyangga habitat yang ada, tapi juga penyangga hidup masyarakat setempat. Selengkapnya simak video berita ini.(BOG/ANS)


Harum Berseri di Hari nan Fitri
September 16, 2009 at 2:53 am

Liputan6.com, Jakarta: Beberapa hari menjelang Lebaran, pasar bunga di Rawa Belong, Jakarta Barat, kian ramai pembeli. Kendati demikian, calon pembeli tak perlu khawatir. Sebab, para pedagang sudah menyiapkan banyak stok bunga. Selain itu, para pedagang kembang di Rawa Belong mengaku tidak akan tutup selama libur Lebaran [baca; Sedap Malam, Bunga Favorit Setiap Lebaran].

Salah satu bunga yang diburu adalah sedap malam. Bahkan, saking banyak yang mencari, harga bunga naik dari semula Rp 1.500 per batang, menjadi Rp 3.500 per batang. Tidak hanya sedap malam, bunga jenis lain juga tak kalah diminati pembeli. Berita selengkapnya dapat disimak di video.(BJK/ANS)

 


Mahasiswa Datangi KPK, Beri Dukungan
September 16, 2009 at 2:53 am

Liputan6.com, Jakarta: Para mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia yang merupakan gabungan 120 BEM, Rabu (16/9) siang, mendatangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kedatangan mereka untuk memberi dukungan kepada KPK terkait penetapan status tersangka kepada dua wakil ketua KPK oleh Mabes Polri.

Penasehat KPK Abdullah Hehamahua yang menerima perwakilan mahasiswa mengatakan saat ini telah terjadi konflik antara KPK dan Polri yang digerakkan oleh para koruptor untuk membuat KPK, Polri, dan Kejaksaan lemah. Di depan mahasiswa, Abdullah menyatakan, dalam dua tahun terakhir, KPK mulai merambah mafia korupsi besar dan "Menganggu sarang lebah. Nah, yang terjadi sekarang ada feedback dari mereka yang merasa terganggu," katanya.

Mengenai status tersangka, Abdullah heran karena untuk menetapkan pasal 12e UU Korupsi yang disangkakan harus ada enam unsur tapi baru satu unsur yang ada di Chandra dan Bibit, yaitu penyelenggara negara. Sedangkan unsur lain yaitu melakukan pemerasan, memaksa orang lain, dan mendatangkan keuntungan bagi diri itu tidak ada.

Mahasiswa lalu membacakan pernyataan sikap mereka di hadapan Abdullah. Mahasiswa meminta KPK tidak gentar menghadapi upaya-upaya menghancurkan KPK melalui RUU Tipikor dan kasus ini. Mahasiswa juga meminta kabareskrim Susno Duaji ditangkap karena terkait Century.(YUS)


Kanci-Cikampek Masih Lancar
September 16, 2009 at 2:53 am

Liputan6.com, Cirebon:  Arus mudik di kawasan pertigaan Kanci, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (16/9), masih lancar. Memang menjelang siang, sempat terjadi sedikit kepadatan. Namun, arus kendaraan yang melalui pertigaan Kanci menuju Brebes, Jawa Tengah, saat ini lancar kembali.

Diinformasikan, tersedia pula jalur alternatif yang bisa ditempuh menuju Jateng, yaitu menggunakan Jalan Tol Pejagan menuju Bumiayu, Purwokerto. Namun, karena tol yang terletak 35 kilometer dari pertigaan Kanci itu baru dibuka H-10 silam, pengendara disarankan untuk lebih hati-hati. Hingga Lebaran nanti, jalur Tol Pejagan akan diterapkan sistem satu arah menuju Bumiayu [baca: Tol Kanci-Pejagan Belum Siap Hadapi Arus Mudik].

Arus kendaraan di jalur Cikampek, Jabar, juga terlihat lengang. Berdasarkan pantauan udara, belum ada antrean panjang kendaraan sepanjang jalur Cikampek. Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-3 atau H-2 Lebaran.

Bagi pemudik yang hendak berbuka saat melintas Tol Cikampek bisa memilih berbagai restoran dengan hidangan lezat. Salah satunya adalah Restoran Sate Maranggi yang terletak sekitar lima kilometer dari pintu Tol Cikampek menuju Purwakarta.

Sate kambing maranggi plus sambal racikan tomat dan cabai hijau adalah menu andalan di restoran ini. Untuk sepuluh tusuk sate, pembeli cukup merogoh kocek sebesar Rp 15 ribu. Bagi yang bermasalah dengan kolesterol, bisa memilih sate sapi yang tak kalah lezat. Juga tersedia sup, sayur asam, ayam panggang, ikan gurame bakar, jus buah, dan es kelapa segar. Selengkapnya silakan simak video.(ZAQ/ANS)

 

This email was sent to auliaganteng4@gmail.comCreate Your Account
Don't want to receive this feed any longer? Unsubscribe here.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar