Senin, 21 September 2009

9/21 Liputan6 - Aktual Tajam dan Terpercaya: RSS 0.92

Please add updates@feedmyinbox.com to your address book to make sure you receive these messages in the future.
Liputan6 - Aktual Tajam dan Terpercaya: RSS 0.92 Feed My Inbox

Gunungan Grebeg Syawal Diserbu Warga Yogyakarta
September 21, 2009 at 7:05 am

Liputan6.com, Yogyakarta: Ribuan warga di Yogyakarta, Senin (21/9), rela berdesakan untuk mendapatkan buah atau apapun yang terdapat dalam gunungan Grebeg Syawal. Mereka meyakini apa yang didapat membawa berkah bagi masyarakat. Aktivitas ini sudah menjadi tradisi di Yogyakarta.

Warga menunggu gunungan Grebeg Syawal di halaman Masjid Agung Kauman, berlokasi tak jauh dari Keraton Yogyakarta. Mereka menyaksikan gunungan dibawa sepuluh prajurit keraton yang diiringi musik khas tradisional keraton. Gunungan berisi sayur, buah-buahan, dan rempah-rempah hasil bumi itu lalu diletakkan sesaat untuk didoakan oleh ulama keraton. Namun, doa belum selesai, warga sudah menyerbu. Selengkapnya simak video berikut.(AIS/LUC)


Pemprov DKI: Kericuhan Bukan Karena Lemahnya Pengamanan
September 21, 2009 at 7:05 am

Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membantah lemahnya pengamanan menjadi penyebab kericuhan dalam open house dan pembagian fitrah di Kantor Gubernur DKI Jakarta, Senin (21/9). "Karena ketidaksabaran masyarakat, itu yang kita lihat. Banyak sekali yang sudah tua yang memang sudah lemah, anak-anak kecil," ujar Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Muhayat.

Kericuhan terjadi sesaat setelah acara open house Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dengan warga Jakarta berakhir pagi tadi. Massa yang belum kebagian paket bahan pokok dan uang Rp 40 ribu dari Pemprov DKI Jakarta berebut masuk halaman Gedung Balaikota. Kericuhan tak bisa dielakkan karena jumlah aparat keamanan tidak sebanding dengan massa [baca: Pembagian Zakat ala Foke Ricuh].

Sementara di Surabaya, Jawa Timur, dua orang pingsan dalam pembagian zakat yang dibagikan pengusaha tekstil. Begitupun di Makassar, Sulawesi Selatan. Aksi pembagian uang oleh seorang pengusaha yang berawal tertib, pada akhirnya berujung saling desak antarwarga.

Cara macam ini sebenarnya tidak disetujui Badan Amil Zakat Nasional. Memberi sumbangan seperti anjuran BAZN adalah menyalurkannya lewat badan yang dibentuk pemerintah secara resmi. Selain terjamin tepat sasaran, juga sekaligus memberdayakan masyarakat. "Dalam syariat Islam, zakat harus melalui amil zakat, yang amanah, terpercaya. Biarlah lembaga itu yang menyusun program pendayagunaan yang lebih baik," urai Ketua Umum Badan Amil Zakat Nasional, Didin Hafidhuddin.(YNI/LUC)


Presiden Yudhoyono Janji Sembuhkan Mak Edah
September 21, 2009 at 7:05 am

Liputan6.com, Bogor: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka rumahnya (open house) bagi warga yang ingin bersilaturahmi di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Senin (21/9). Kesempatan ini terbuka bagi warga yang berniat meminta bantuan langsung dari Presiden Yudhoyono.

Beruntung bagi Ibu Saedah yang mengalami kerusakan wajah pascaoperasi sejak enam tahun silam. SBY berjanji membantu upaya penyembuhan wanita yang lebih sering dipanggil Mak Edah ini.

Wajah Mak Edah yang tak berbentuk ini bermula dari luka yang tak kunjung sembuh tapi tak tuntas diobati. Setelah dioperasi ternyata luka terus mengeluarkan darah hingga melebar ke pipi. Ia tak bisa mengobati luka-lukanya karena tak punya cukup uang. Simak video berita ini.(AIS/LUC)


Didatangi Belasan Ribu Pengunjung, Ancol Sesak
September 21, 2009 at 7:05 am

Liputan6.com, Jakarta: Kawasan wisata Ancol, Jakarta Utara, setiap libur Lebaran selalu menjadi salah satu tujuan rekreasi keluarga. Pantauan udara SCTV menunjukkan hingga pukul 14.00 WIB, Senin (21/9), terdapat beberapa titik keramaian seperti di Pantai Indah Ancol.

Hampir seluruh areal pantai diduduki pengunjung dengan menggelar tikar atau koran seadanya. Areal jalan juga dipenuhi kendaraan pribadi yang antre melewati kawasan ini. Setidaknya lebih dari 14.000 pengunjung memenuhi Ancol. Selengkapnya simak video berikut.(YNI/LUC)


Kemacetan di Mengkreng Makin Parah
September 21, 2009 at 7:05 am

Liputan6.com, Kediri: Sejak pukul 8.00 WIB, Senin (21/9) pagi, arus  kendaraan yang melintas di perempatan Mengkreng, Kediri, Jawa Timur, padat baik dari arah Madiun menuju Surabaya maupun sebaliknya. Sama halnya dengan dari arah Kediri menuju Surabaya atau Madiun. Kemacetan yang terjadi cukup panjang. Bahkan diperkirakan lebih parah dibandingkan hari kemarin.

Selain volume kendaraan yang banyak, dari hitungan setiap satu jam kendaran yang melintas mencapai 10 ribu kendaraan roda dua dan roda empat. Kemacetan juga terjadi karena penyempitan jalur ketika kedaraan masuk ke jembatan Kertosono. Akibatnya, penumpukan kendaraan baik dari arah Madiun maupun dari Surabaya menumpuk. Demi mengurai kemacetan, polisi akhirnya melakukan sistem buka tutup.

Diperkirakan, kemacetan akan masih terjadi sampai mendekati masa libur Lebaran berakhir dan terjadi pada arus balik.(BJK/LUC)


Ipul: Kalau Enggak Ada Ketupat Enggak Seru
September 21, 2009 at 1:58 am

Liputan6.com, Jakarta: Usai umat muslim menjalankan ibadah puasa di Ramadan, tiba saatnya merayakan kemenangan dalam kehangatan keluarga. Kegiatan tersebut juga dilakukan sejumlah selebritis Tanah Air seperti penyanyi dangdut Saipul Jamil. Bekas suami Dewi Persik itu merayakan Idulfitri bersama 10 kemenakan dan juga keluarga besarnya.

Keceriaan mewarnai rumah orangtua pria yang akrab disapa Ipul di kawasan Tanjung Priuk, Jakarta Utara. Menurutnya, Lebaran tidak lengkap jika tidak ada ketupat. "Ini masakan yang paling enak. Lebaran kalau enggak ada ketupat enggak seru," ungkap pria yang baru saja melaksanakan ibadah haji itu dalam progam Halo Selebritis SCTV, Senin (21/9).

Usai menyantap menu spesial Lebaran, Ipul bersama keluarga besarnya bermain kembang api. Tak lupa, mereka mengumandangkan takbir sebagai tanda kemenangan. Ipul pun berdoa. "Mudah-mudahan di awal Syawal ini cahaya kehidupan dan karier saya seperti kembang api yang sangat berkilau," harapnya.

Kendati hingga kini Ipul masih sendiri semenjak ditingggal Dewi Persik, namun momen kebersamaan Ipul bersama keluarga seakan menjadi berkah yang diterimanya lantaran ia jarang berkumpul bersama mengingat jadwal Ipul yang padat.

Pemeran film "Pijat Atas Tekan Bawah" itu yakin masih banyak orang yang sayang kepadanya walaupun orangtua Ipul sudah tiada. Ipul menambahkan, kakak dan keponakannya selalu mendukung Ipul di setiap kesempatan.

Sementara itu, Jupe alias Julia Perez berbagi sedikit pengalaman tak terlupakannya saat Lebaran. Jupe yang pernah tinggal di Eropa selama delapan tahun merasakan hari Lebaran seakan seperti hari biasa jika tak ada orangtua. Mantan istri Damien Perez itu sedih lantaran hanya bisa chatting atau menelepon keluarga. Selengkapnya simak video berita berikut.(ASW/AND)


Makam Syekh Yusuf Ramai Didatangi Peziarah
September 21, 2009 at 1:58 am

Liputan6.com, Makassar: Hari kedua Lebaran, makam Syekh Yusuf ramai dikunjungai warga Makassar, Sulawesi Selatan, yang ingin berdoa. Sudah menjadi tradisi warga Makassar dan sekitarnya untuk mendatangi makam yang terletak di Kampung Kobbang, Jalan Syekh Yusuf, Kecamatan Rappocini, Makassar.

Peziarah tak hanya berasal dari daerah Makassar. Banyak pula pengunjung yang datang dari luar Makassar. Para peziarah yang hendak berdoa biasanya datang dengan membawa membawa air putih, bunga, dan seekor ayam.

Sekadar informasi, Syech Yusuf adalah ulama yang semasa hidupnya amat disegani masyarakat. Bahkan, dia dianggap sebagai pahlawan yang berjasa menyebarkan agama Islam.(BJK/AND)



Sebagian Negara Muslim Rayakan Idulfitri Senin
September 21, 2009 at 1:58 am

Liputan6.com, Aljier: Meski sebagian negara muslim merayakan Idulfitri, Ahad (20/9), terdapat sebagian negara muslim yang merayakan hari kemenangan tersebut pada Senin (21/9).

Islamonline melansir, selain Indonesia, negara-negara Asia Tenggara dan negara teluk, serta komunitas muslim di Eropa seperti Rumania, Bosnia, Bulgaria, Albania, Slovenia, dan Rusia juga melaksanakan idulfitri, kemarin.

Sejumlah negara muslim di Afrika merayakan Idulfitri pada Senin, seperti Aljazair. "Berdasarkan perhitungan astronomi sulit menyaksikan hilal pada Sabtu. Akibatnya puasa Ramadan akan digenapkan dan Idulfitri jatuh pada Senin," demikian pernyataan Lembaga Astronomi Aljazair. Hal serupa diperkirakan akan terjadi di sejumlah negara seperti Maroko, Pakistan dan India.

Perbedaan ini kerap terjadi di sejumlah negara, lantaran perbedaan lokasi menyebabkan satu negara dapat melihat hilal sedangkan negara lain tidak. Di samping itu masalah siapa yang paling memiliki otoritas menentukan awal dan akhir Ramadan juga masih jadi perselisihan kalangan ilmuwan Islam.(AND)


Pemudik di Gambir Masih Tinggi
September 21, 2009 at 1:58 am

Liputan6.com, Jakarta: Jumlah pemudik yang menggunakan jasa angkutan kereta api dari Stasiun Gambir Jakarta pada hari Lebaran kedua diprediksi sebanyak 9.000 hingga 10.000 orang.

Petugas informasi Stasiun Gambir, Asmat Saputra di Jakarta, Senin (21/9), mengatakan pergerakan jumlah penumpang pada H+2 lebaran cukup tinggi sehingga di atas rata-rata jumlah pada hari kerja biasa atau libur akhir pekan.

Saputra mengatakan penumpang yang berangkat pada H+2 Lebaran kebanyakan yang mudik ke kampung halamannya akibat tidak sempat berangkat sebelum 1 Syawal 1430 Hijriah. Menurutnya, jumlah tiket yang sudah terjual pada H+2 lebaran mencapai 7.869 lembar dengan tujuan Surabaya, Yogyakarta, Solo, Bandung, dan Cirebon dengan 53 rangkaian kereta.

Berdasarkan data tahun 2008 pada periode yang sama, jumlah penumpang kereta api di Stasiun Gambir mencapai 9.710 orang. Seperti diberitakan ANTARA, PT Kereta Api memperkirakan pada H+2 Lebaran 2009 jumlah penumpang di Stasiun Gambir tidak akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.(AND)


Puluhan Tenda di Terminal Merak Roboh
September 21, 2009 at 1:58 am

Liputan6.com, Merak: Puluhan tenda penjual minuman dan obat-obatan di kawasan Terminal Merak Terpadu roboh akibat diterjang angin kencang yang melanda pesisir pantai Selat Sunda, Senin (21/9). Pantauan ANTARA hingga pagi tadi tenda-tenda tersebut belum diperbaiki.

Tenda yang berada di tepi jalan yang menghubungkan antara Terminal Merak dan pelabuhan menuju Lampung sebagian besar terbuat dari terpal. Akibatnya tenda mudah roboh jika diterjang angin kencang.

Sementara itu, pengamat cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang, Halim, mengatakan, sepanjang hari ini kecepatan angin Selat Sunda bagian utara Merak-Bakauheni berkisar 5-13 knot. Sedangkan Selat Sunda bagian selatan Lampung 0,8 sampai 20 knot. "Saat ini tiupan angin begitu kencang karena bergerak dari tenggara laut," katanya.


Kapolri: Ada Kasus Lain Menyangkut Pimpinan KPK
September 20, 2009 at 8:26 pm

Liputan6.com, Jakarta: Datangnya Hari Idulfitri tak berarti perseteruan antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Polri usai. Kepala Polri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri menyatakan masih ada kasus lain yang menyangkut wakil pimpinan KPK. Demikian disampaikan Kapolri usai salat Idulfitri di Lapangan Mabes Polri, Jakarta, Ahad (20/9) pagi.

Seperti diketahui, KPK sudah kehilangan pucuk pimpinannya, Antasari Azhar yang ditahan karena diduga terlibat kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen. Usai salat Id kemarin pagi, keluarga Antasari datang menjenguk. Pimpinan lembaga pemberangus korupsi ini pun bertambah lowong menyusul dua wakil pimpinan KPK, Bibit Waluyo dan Chandra Hamzah ditetapkan sebagai tersangka.

Di tengah kontroversi mengisi kekosongan Ketua KPK, pemerintah kini sedang merancang Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) tentang penunjukkan pelaksana tugas KPK oleh Presiden. Menteri Sekretaris Negara Hatta Radjasa mengatakan, draf Perpu tersebut sudah final [baca: Perppu Plt Pimpinan KPK Terbit Pekan Ini].(ZAQ)


Warga Serbu Tempat Wisata
September 20, 2009 at 8:26 pm

Liputan6.com, Jakarta: Hari Raya Lebaran biasa digunakan keluarga untuk mengunjungi tempat rekreasi. Salah satu tempat wisata favorit di Jakarta adalah Dunia Fantasi (Dufan), Ancol, Jakarta Utara. Terlebih pada liburan Idulfitri kali ini pengelola Dufan menggelar pertunjukan drama action yang diambil dari serial komik Marvel, X-Men. Tak pelak, pengunjung pun terlihat antre di pintu masuk Dufan, Ahad (20/9).

Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan, juga menjadi tempat wisata langganan yang dipadati pengunjung setiap musim Lebaran tiba. Tempat ini menjadi pilihan keluarga karena tiket masuk terjangkau dan digemari anak-anak yang ingin melihat langsung aneka ragam satwa.

Seperti tahun-tahun sebelumnya Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, juga diserbu warga di Hari Lebaran. Wahana air terbaru di TMII menyedot sebagian besar pengunjung. Sementara kereta gantung dan Theater Imax Keong Mas juga tetap menjadi pilihan utama pengunjung. Diperkirakan sejumlah tempat wisata di Jakarta akan terus dipadati pengunjung hingga akhir liburan Lebaran berakhir.(ZAQ)


Lebaran di Rumah Mertua Noordin Sepi
September 20, 2009 at 8:26 pm

Liputan6.com, Johor: Suasana sepi menyelimuti rumah mertua dan istri Noordin Muhammad Top, Rusdi Hamid di Jalan Rabani, Sungai Redan, Ulu Tiram, Johor, Malaysia, Ahad (20/9). Keluarga Noordin dikabarkan meninggalkan kediaman mereka sejak dua hari sebelum Idulfitri.

Begitu juga dengan lingkungan sekitar. Masjid di belakang rumah Rusdi yang biasa digunakan warga sekitar juga sepi. Tak ada kegiatan salat Id. Lingkungan perumahan di belakang kediaman Rusdi pun terlihat sepi dan tertutup. Salah seorang tetangga mengaku selama ini tak bermasalah dengan keluarga Rusdi, walaupun Noordin disebut-sebut sebagai gembong teroris di Indonesia. Bahkan, ia menyatakan mendukung tindakan Noordin.

Situasi berbeda terlihat di rumah orang tua kandung Noordin di Kampung Melayu, Pontian, Johor. Namun, tak ada yang mengaku mengenal Noordin di sana. Tersangka terorisme itu sudah pergi ke luar negeri sejak kecil dan putus hubungan dengan saudara kandungnya. Sementara orang tua Noordin sudah meninggal sejak kecil.

Saudara Noordin, Attan mengatakan, pria yang hidupnya berakhir dengan ditembak Tim Densus 88 Polri itu lebih dekat dengan keluarga Rusdi di Ulu Tiram. Bisa jadi itu pula yang membuat keluarga belum memutuskan untuk memakamkan Noordin di Ulu Tiram atau Pontian. Bila Pontian dipilih, rencananya jenazah noordin dikubur di tempat pemakaman umum tanah wakaf pekuburan Kampung Melayu, yang berjarak sekitar 100 meter dari rumah Rusdi.(ZAQ)


Valencia Buang Peluang
September 20, 2009 at 8:26 pm

Liputan6.com, Valencia: Valencia membuang peluang menempel Real Madrid dan Barcelona di puncak klasemen sementara La Liga. Dalam pertandingan terakhir di jornada ketiga yang berlangsung di Estadio Mestalla, Sabtu (20/9) malam waktu setempat atau Senin (21/9) dinihari WIB, Los Che, julukan Valencia, harus puas bermain imbang 2-2 (1-1) dengan tamunya, tim promosi, Sporting Gijon. Padahal, selama 65 menit, tim tamu harus bermain dengan 10 orang menyusul dikeluarkannya gelandang Michel yang menerima dua kartu kuning alias kartu merah dari wasit David Fernandez Borbalan.

Dengan hanya meraih satu poin, posisi Valencia turun ke peringkat lima besar dengan meraih tujuh angka hasil dari tiga partai, kalah selisih gol dengan Real Mallorca. Sebaliknya, hasil yang bisa dibilang gemilang bagi tim tamu membuat Gijon naik ke peringkat kesepuluh dengan jumlah empat poin, hasil dari sekali menang, sekali seri, dan sekali menuai kekalahan.

Di laga tersebut, publik Mestalla yang disesaki 50 ribu penonton dibuat terkejut ketika gawang Miguel Moya jebol di menit ketujuh. Memanfaatkan konsentrasi David Villa dkk yang tampil agresif menekan pertahanan tim tamu, Gijon melakukan serangan balik cepat. Bola diarahkan ke David Barral yang berhasil melewati kawalan Jeremy Mathieu. Tendangan kaki kanan Barral tak mampu diantisipasi Moya. 1-0 untuk Gijon.

Valencia tersentak. Villa dkk meningkatkan tempo permainan. Setelah sundulannya terlalu lemah dan mudah diantisipasi kiper Gijon, Juan Pablo Colinas, Villa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit ke-24. Gol ini bermula dari serangan yang dibangun di sektor sayap. Bola diteruskan ke tengah kotak penalti. Sepakan David Silva masih dapat diblok defender Gijon. Bola rebound dimanfaatkan dengan jitu oleh Villa.

Tuan rumah mendapat keuntungan ketika Michel diusir ke luar lapangan. Sejak itulah, Valencia mutlak mendominasi jalannya pertandingan. Di menit ke-36, tendangan keras Villa masih melenceng dari sasaran. Skor 1-1 bertahan sampai jeda.

Empat menit setelah babak kedua dimulai, tendangan kapten tim Carlos Marchena yang naik membantu serangan masih melebar dari gawang Gijon. Di menit ke-56, Juan Pablo melakukan penyelamatan gemilang dengan memblokade tendangan Villa yang memanfaatkan crossing akurat Silva. Dua menit kemudian, Valencia mendapat peluang emas. Bermula dari tendangan sudut, sundulan Mathieu bergulir tipis beberapa cm dari gawang Gijon.

Usaha keras Valencia mencetak gol tambahan akhirnya membuahkan hasil di menit ke-60. Dari tengah, Ever Banega melontarkan umpan panjang ke kotak penalti yang dapat dikontrol dengan sempurna oleh Bruno yang langsung menyodorkannya ke arah Villa. Setelah memenangi duel dengan bek Gijon, dengan membelakangi gawang lawan, dengan kaki kirinya Villa melancarkan tendangan terukur ke pojok kanan gawang Juan Pablo. 2-1 untuk Valencia.

Di menit ke-70, Silva membuang peluang emas. Mendapat sodoran dari Bruno yang aktif bergerak di sektor sayap kiri pertahanan Gijon, tendangan Silva hanya tipis melebar dari gawang Juan Pablo. Di lain pihak, meski defisit pemain, Gijon sesekali berusaha mencuri kesempatan. Dua kali striker pengganti Bilic harus membuat Miguel Moya melakukan penyelamatan.

Empat menit jelang waktu normal berakhir, Valencia harus membayar mahal kegagalannya menyelesaikan sejumlah peluang di depan gawang Gijon. Bermula dari tendangan bebas di sektor kiri pertahanan Valencia, tendangan bebas Alberto Rivera gagal diantisipasi dengan baik oleh Moya. Tepisannya justru membentur pemain Gijon dan berbalik arah ke gawang sendiri. Bek Arnolin Gregory yang naik ikut membantu serangan berhasil memanfaatkan situasi tersebut. Dalam posisi yang bebas, sundulan Gregory menjebol gawang Valencia yang telah kosong. Skor berubah menjadi 2-2. Di sisa waktu pertandingan, Villa dkk berusaha sekuat tenaga mencetak gol ketiga. Namun, apa daya, upaya itu sia-sia. Gawang Juan Pablo tetap aman sampai peluit akhir berbunyi.(MEG)


Bermain di Sungai, Tiga Bocah Tewas Tenggelam
September 20, 2009 at 8:26 pm

Liputan6.com, Jombang: Suasana riang gembira berubah menjadi kelam saat tiga bocah tewas tenggelam di sungai Desa Nglebak, Bareng, Jombang, Jawa Timur, Ahad (20/9). Dua di antara korban adalah kakak beradik asal Sidotopo, Surabaya, Jatim. Sementara seorang lagi adalah sepupu kedua korban yang tinggal di Nglebak.

Mereka tenggelam karen diduga tak bisa berenang di sungai berkedalaman dua meter. Kala itu mereka bermain tanpa pengawasan orang dewasa. Kedua kakak beradik mudik bersama orang tua mereka di rumah nenek di Jombang, sejak Jumat pekan silam. Rencananya, ketiganya dimakamkan di Pemakaman Umum Desa Ngeblak.(ZAQ)


Korban Gempa Rayakan Lebaran Seadanya
September 20, 2009 at 3:35 pm

Liputan6.com, Tasikmalaya: Suasana haru mewarnai perayaan Idulfitri di Cigalontang, Tasikmalaya, Jawa Barat, Ahad (20/9). Warga yang menjadi korban gempa merayakan Lebaran di tenda-tenda darurat karena rumah mereka yang hancur belum diperbaiki. Tak pelak, kesedihan melanda seperti yang dirasakan Sahara. Ia tak henti-hentinya menangis karena Idulfitri kali ini ia rayakan dengan seadanya [baca: Isak Tangis Warnai Lebaran Korban Gempa].

Kesedihan juga mewarnai perayaan Lebaran di Kampung Cikangkareng, Cibinong, Cianjur, Jabar. Sebagian warga tidak hanya kehilangan tempat tinggal, tapi juga kehilangan sanak saudara. Silaturahmi pada Lebaran kali ini justru membangkitkan kenangan masa lalu. Bencana gempa dan tanah longsor di Cianjur menewaskan 30 orang serta puluhan lainnya masih terkubur tanah longsor.(ZAQ)


Perayaan Idulfitri di Timur Tengah
September 20, 2009 at 3:35 pm

Liputan6.com, Mekah: Hari Idulfitri turut dirayakan di berbagai negara Timur Tengah, Ahad (20/9). Di Mekah, Arab Saudi, warga mengikuti salat Id di Masjidil Haram. Sementara Raja Abdullah II dari Yordania, menjalani ibadah salat id di masjid Kota Aqaba, Yordania.

Perayaan juga berjalan lancar di daerah konflik Tepi Barat dan Jalur Gaza, Palestina. Warga mensyukuri kemenangan di Bulan Suci Ramadan meskipun suasana di Gaza diwarnai kemurungan menyusul masih diterapkannya blokade di perbatasan oleh Israel dan Mesir.

Di Iran, salat Idul Fitri di Kampus Universitas Teheran diikuti Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad dan pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Kamenei. Suasana kebahagiaan turut pula dirasakan rakyat Afghanistan dengan menggelar salat Id di Kabul, Afghanistan. Pesan perdamaian diselipkan Presiden Afghanistan Hamid Karzai dalam pidato menyambut Idulfitri dengan meminta kelompok Taliban menghentikan pemberontakan.

Konflik sektarian yang terus berkobar di Irak juga tak mengekang niat warga negara itu merayakan Hari Kemenangan. Warga Baghdad, Irak, mengikuti salat Id di berbagai masjid sebelum berziarah ke makam orang terkasih.(ZAQ)


Saatnya Elite Politik Saling Memaafkan
September 20, 2009 at 3:35 pm

Liputan6.com, Jakarta: Momentum Idulfitri memang tepat untuk saling memaafkan. Tidak terkecuali bagi pejabat negara seperti yang diperlihatkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Ahad (20/9). Kedua pejabat tinggi negara itu bersalaman penuh kehangatan setelah menjadi seteru dalam pemilihan umum yang lalu.

Sebagai wapres, ini adalah Lebaran terakhir bagi Kalla. Penggantinya adalah Boediono, yang juga bersilaturahmi dengan Kalla. Sebelumnya, JK--begitu Kalla sering disapa-- mengkritik Boediono saat menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia karena tidak mengawasi ketat Bank Century.

Kritikan juga dialamatkan pada Menteri Keuangan Sri Mulyani yang dinilai tak berkoordinas saat mengucurkan dana penyelamatan Bank Century. Di hari suci ini, saling kritik dilupakan dan digantikan dengan saling memaafkan dalam suasana kekeluargaan.

Alhasil, jika biasanya pejabat negara yang hendak lengser mulai dijauhi, berbeda dengan yang terjadi di kediaman JK. Lebaran terakhir JK sebagai Wapres ini jauh lebih meriah dibandingkan tahun sebelumnya.

Open house juga digelar di kediaman Ketua Umum Dewan Pimpina Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Sukarnoputri di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat. Sejumlah tokoh dan menteri Kabinet Pembangunan berdatangan, di antaranya adalah Boediono dan Menteri Luar Negeri Hasan Wirajuda.

Saban Lebaran juga Istana Negara dibuka untuk warga yang ingin bersalaman langsung dengan orang nomor satu di negeri ini. Antrean panjang berjam-jam tak menjadi halangan bagi warga untuk bertemu Presiden SBY. Melalui pengamanan yang ketat, setiap tamu yang akan bersalaman diperiksa [baca: Antre Berjam-jam Demi Bicara Langsung dengan Presiden].(ZAQ)


Madrid Hancurkan Xerez
September 20, 2009 at 3:35 pm

Liputan6.com, Madrid: Klub penuh bintang, Real Madrid, terus menjaga peluangnya bersaing dengan seteru abadinya, Barcelona, dengan meraih kemenangan di jornada ketiga saat menjamu tim promosi Xerez di Santiago Bernabeu, Minggu (20/9) malam waktu setempat atau Senin (21/9) dinihari WIB. Los Blancos unggul telak 5-0 (1-0). Dua dari lima gol kemenangan tuan rumah dicetak pemain bintangnya asal Portugal, Cristiano Ronaldo di menit pertama dan menit ke-75. Tiga lainnya dibagi rata antara Guti Hernandez di menit ke-78, Karim Benzema di menit ke-81, dan Ruud van Nistelrooy di menit ke-88.

Kemenangan ketiga kali ini membuat Madrid berhak menduduki posisi puncak klasemen sementara berkat keunggulan selisih gol dari Los Blaugrana dan Bilbao. Sebaliknya, kekalahan telak ini, ketiga kalinya secara beruntun, membuat posisi Xerez tetap terbenam di dasar klasemen alias peringkat juru kunci.

Melihat jalannya pertandingan, sebenarnya Los Galacticos Jilid II hanya tampil baik di awal dan akhir pertandingan. Baru 47 detik setelah kick-off babak pertama dibunyikan wasit Carlos Delgado Ferreiro, CR9, julukan populer Ronaldo, menjebol gawang Xerez yang dikawal Renan Brito Soares. Mendapat bola liar di jantung pertahanan lawan, Ronaldo melakukan akselerasi ke sisi kiri kotak penalti lawan. Tanpa disangka Renan, Ronaldo melancarkan tendangan keras mendatar ke sudut kiri gawang.

Di menit kelima, Madrid mendapat peluang emas. Tendangan keras Ronaldo masih dapat diblok Renan. Bola rebound mampir di kaki Raul Gonzalez. Sepakan Raul dari jarak lima meter masih dapat diblok Renan. Bola liar disambar Kaka. Sayang arahnya melebar dari gawang. Xerez mendpat peluang di menit ke-10 ketika tendangan bebas Emilio Viqueira membentur mistar gawang Iker Casillas. Sepuluh menit kemudian, Renan melakukan penyelamatan dengan menepis sundulan Sergio Ramos meneruskan tendangan sudut Kaka. Skor 1-0 untuk Madrid bertahan sampai jeda.

Di babak kedua, Madrid tampak kesulitan menerobos pertahanan tim tamu. Sebaliknya, skuad asuhan Cuco Ziganda berusaha mencetak gol balasan. Boleh dibilang dalam 20 menit pertama babak kedua, Xerez tampil lebih dominan. Namun, bandul permainan seketika berubah di menit ke-75. Adalah Ronaldo yang mengubah jalannya pertandingan. Sundulannya di menit ke-75 meneruskan tendangan sudut Granero yang masuk menggantikan Raul tak mampu diantisipasi Renan. 2-0 untuk Madrid.

Gol itu membuat semangat David Prieto dkk luruh. Alhasil, dalam rentang waktu 15 menit kemudian, tiga kali gawang Xerez kembali jebol. Gol Guti di menit ke-78 bermula dari tusukan Ronaldo di sayap kiri pertahanan Xerez. Umpannya ke Benzema gagal diselesaikan dengan sempurna. Beruntung ada Guti yang langsung melesakkannya ke dalam gawang. Tiga menit kemudian Benzema membayar lunas kesalahannya dengan mencetak gol indah lewat sepakan kaki kiri memanfaatkan umpan Nistelrooy. Mantan striker MU itu menutup kemenangan Madrid lewat gol khasnya, di sela-sela kaki kiper Renan, dua menit sebelum pertandingan usai.(MEG)


Chelsea Belum Terbendung
September 20, 2009 at 3:35 pm

Liputan6.com, London: Chelsea kian memberi bukti pantas dijadikan kandidat jawara Liga Premier musim ini. Di pekan keenam, John Terry dkk berhasil menumbangkan Tottenham Hotspur 3-0 (1-0) dalam derby London yang digelar di Stamford Bridge, Minggu (20/9). Tiga gol kemenangan The Blues dibagi rata antara Ashley Cole di menit ke-32, Michael Ballack di menit ke-58 dan Didier Drogba lima menit kemudian.

Kemenangan kali keenam secara beruntun ini membuat Chelsea kembali memuncaki klasemen sementara dengan keunggulan tiga angka dari pesaing terdekatnya, Manchester United. Sebaliknya, kekalahan untuk kali kedua yang diderita skuad asuhan Harry Redknapp dari tim elite atau the big four tersebut membuat posisi Spurs tertahan di peringkat keenam dengan jumlah 12 angka.

Sejatinya pertarungan kedua tim berjalan cukup seimbang. Sejumlah peluang didapat kedua tim di 30 menit pertama. Terciptanya gol pertama lewat sundulan diving Ashley Cole memanfaatkan umpan Drogba memicu panasnya jalannya pertandingan yang kemudian dipenuhi aksi tackling dari para pemain kedua tim.

Di awal babak kedua, Chelsea mendapat keuntungan ketika bek andalan Spurs, Ledley King mengalami cedera saat berbenturan dengan Frank Lampard. Lemahnya pertahanan Spurs berhasil dimanfaatkan anak-anak asuhan Carlo Ancelotti yang dua kali menjebol gawang Spurs yang dijaga mantan kiper Chelsea, Carlo Cudiccini dalam rentang waktu lima menit lewat sepakan Ballack dan Drogba. Spurs semakin sendu ketika bek barunya, Sebastien Bassong pun dibekap cedera delapan menit sebelum pertandingan usai.

Sementara itu, dalam pertandingan sebelumnya yang berlangsung di Molineux Stadium, tuan rumah yang berstatus tim promosi, Wolverhampton Wanderers membuat kejutan dengan menundukkan Fulham 2-1 (1-0). Dua gol kemenangan Wolves dicetak Kevin Davies di menit ke-18 dan David Edwards di menit ke-50. Gol balasan The Cottagers dihasilkan kapten tim Danny Murphy dari titik putih penalti di menit ke-66.

Tiga poin maksimal juga diraih Everton sekaligus kemenangan kedua kalinya di musim ini. Menjamu Bolton Wanderers, The Toffees unggul telak 3-0 (1-0). Keberhasilan skuad asuhan David Moyes tersebut tak lepas dari aksi gemilang Louis Saha yang mencetak dua gol di menit ke-22 dan menit ke-54. Satu gol lainnya dicetak Joseph Yobo di menit ke-58.(MEG)


Murid SD Terpanggang dalam Kebakaran Ruko
September 20, 2009 at 10:46 am

Liputan6.com, Makassar: Siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri I Daya Makassar ditemukan hangus terbakar di dalam rumah toko (Ruko) di Pasar Daya Makassar, Ahad (20/9), sekitar pukul 14.00 WITA. Ayu Rosmianah ditemukan terpanggang setelah ruko milik ayahnya di Jalan Parampa Raya, Kelurahan Daya, Kecamatan Biringkanayya, dilalap si jago merah.

Seperti dilansir ANTARA, saat ditemukan Ayu berada di lantai dua ruko dengan kondisi hangus serta tubuh bagian bawah hancur. Sementara sang ayah, Fahruddin mengalami luka bakar serius di wajah dan kedua tangan. Ketika itu, Farhruddin berupaya menyelamatkan Ayu dan adiknya, Ika, dari amukan api. Ika selamat walau juga mengalami luka bakar.

Saat ini jasad Ayu dilarikan ke Instalasi Forensik Rumah Sakit Bhayangkara Mappa Oudang. Sedangkan Fahruddin dan Ika dirawat intensif di Unit Gawat Darurat (UGD) RS Umum Daya Makassar.

Ketika kejadian, dituturkan keluarga korban, Fahruddin terbangun melihat api sudah membesar di kursi sofanya. Ia segera membangunkan semua orang. Namun nahas saking paniknya ia lupa membangunkan Ayu dalam kamar.

Kepala Polisi Sektor Kota (Polsekta) Biringkanayya, Ajun Komisaris Polisi Thamrin, mengungkapkan jika penyebab kebakaran ruko ini belum diketahui pasti. Polisi masih menunggu hasil identifikasi Laboratorium Forensik Mabes Polri di Makassar. Diduga kerugian mencapai Rp 500 juta.(LUC)


Lima Orang Cedera Usai Mobil Tabrak Motor
September 20, 2009 at 10:46 am

Liputan6.com, Magelang: Lima korban luka dibawa ke Rumah Sakit Umum Tidar Magelang, Jawa Tengah, Ahad (20/9). Mereka cedera menyusul tabrakan antara Mobil Suzuki Carry dan sepeda motor di Jalan Raya Yogyakarta-Semarang, tepatnya di kawasan Sambung, Magelang. Para korban menderita patah tulang dan luka di kepala. Tak ada yang meninggal dalam kecelakaan itu.

Mobil Suzuki Carry tercatat bernomor polisi AD 8915 BO dan sepeda motor bernomor AA 8577 AM. Paidi, korban luka sepeda motor mengatakan, saat itu bersama anaknya ia melintas dari arah Yogyakarta. Tiba-tiba dari arah berlawanan datang mobil yang dikemudikan tiga orang. Tabrakan pun tak terhindarkan.(AIS/LUC)


PM Xanana Gusmao Ucapkan Selamat Idulfitri
September 20, 2009 at 10:46 am

Liputan6.com, Dili: Suka cita merayakan Lebaran turut dirasakan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao. Xanana mengucapkan selamat Idulfitri kepada umat Muslim sedunia, terutama di Timor Leste. Ucapan disampaikan dalam pernyataan terbuka di Dili, Ahad (20/9).

Khusus bagi umat Muslim di Indonesia, Xanana juga menyampaikan rasa suka citanya menyambut Idulfitri. Ia memaknai momentum ini untuk lebih saling memahami makna kebersamaan, persaudaraan dan membangun perdamaian, toleransi, serta saling menghargai.

"Ini adalah peluang bersama bagi kita semua untuk saling menghargai dan mengingkatkan rasa persaudaraan di tengah adanya perbedaan kebudayaan dan agama," ujar Xanana, melalui surat elektronik yang diterima ANTARA News dari juru bicaranya, Antonio Naikoli Ramos.(AIS/LUC)


Suka Cita Lebaran di Daerah
September 20, 2009 at 10:46 am

Liputan6.com, Jombang: Hari kemenangan telah tiba. Suka cita itu dirasakan warga Bandar Kedungmulyo, Jombang, Jawa Timur, Ahad (20/9). Melalui tradisi unjung-unjung, warga saling bersilaturahim ke rumah kerabat dan tetangga untuk bermaaf-maafan.

Lebaran juga membawa berkah bagi anak-anak di Padang, Sumatra Barat. Dengan mendatangi satu per satu rumah tetangga, mereka tak jarang mendapat sedekah uang. Sang tuan rumah pun menanti dengan uang kertas pecahan Rp 1.000 hingga Rp 5.000. Bagi masyarakat Padang, kegiatan ini sudah menjadi tradisi yang dikenal sebagai tradisi manambang.(AIS/LUC)


Warga Indramayu Senang Chris John Menang
September 20, 2009 at 10:46 am

Liputan6.com, Indramayu: Sejumlah warga Indramayu, Jawa Barat, Ahad (20/9), menyambut suka cita kemenangan petinju Indonesia, Chris John atas lawannya Rocky Juarez di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Petinju kelahiran Jakarta, 14 September 1979 itu berhasil mempertahankan gelar kelas bulu WBA (Asosiasi Tinju Dunia) dengan menang angka. Ini adalah gelarnya yang ke-12 [baca: Chris John Pertahankan Gelar]

"Kemenangan Chris John diharapkan warga Indramayu, karena petinju tersebut kebanggaan masyarakat Indonesia. Selain lincah, pintar, dia bisa membuktikan kepada dunia," kata Monang Sembiring, penggemar Chris John seperti dikutip ANTARA. Menurut Monang, permainan Chris John terlihat cerdik dari cara menghindar serangan Juarez. Padahal pukulan lawan cukup keras.(AIS/LUC)


Ana Miriana Memiliki Pribadi Ceria
September 20, 2009 at 5:57 am

Liputan6.com, Jakarta: Tak hanya keluarga, kepergian Ana Miriana secara mengenaskan di Hari Raya Idulfitri membuat teman serta rekan kerjanya sangat berduka. Di mata mereka, korban orangnya sangat ceria serta centil. "Ana adalah orang yang ceria dan menyenangkan di kantor," kata Todd Callahan, Country Director PT DKT Indonesia yang juga atasan korban saat menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban di Perumahan Islamic Village, Tangerang, Banten, Ahad (20/9) siang.

Korban yang baru berulang tahun ke-27 pada Agustus lalu itu juga motivator ulung. Soal fisik, alumni LPK Tarakanita dinilai kuat. "Bisa diandalkan untuk mengangkat barang. Helpful banget," tutur Indy, teman korban yang belum bisa menerima kematian Ana.

Ana ditemukan tewas dengan luka tusuk di sekujur tubuhnya. Di antaranya dada, leher, serta perut. Korban ditemukan keluarga seusai salah Idulfitri. Diduga kuat, korban dibunuh perampok yang jumlah diperkirakan tiga orang [baca: Keluarga Salat Id, Perempuan Muda Tewas Dibunuh].(AND)


Ketua MK: Polri Menyalahgunakan Kekuasaan
September 20, 2009 at 5:57 am

Liputan6.com, Jakarta: Kepolisian dinilai telah menyalahgunakan kekuasaan karena menetapkan dua pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Chandra M. Hamzah dan Bibit Samad Rianto sebagai tersangka, dalam kasus yang tidak ada tindak pidananya. Pernyataan itu disampaikan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD usai bersilaturahmi Lebaran dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta, Ahad (20/9).

Ia mengatakan, sampai saat ini tidak ada tindak pidana pada perkara yang disangkakan kepada dua pimpinan KPK tersebut.

Chandra M Hamzah ditetapkan sebagai tersangka penyalahgunaan wewenang oleh Mabes Polri dalam kasus pencekalan Direktur Utama PT Massaro, Anggoro Widjojo, sedangkan Bibit dalam kasus pencekalan dan pencabutan pencekalan Direktur Utama PT Era Giat Prima, Djoko Tjandra.

Mahfud mengatakan keduanya dituduh memerintahkan pencekalan dengan pemaksaan sedangkan Dirjen Imigrasi Departemen Hukum dan HAM yang mengeluarkan surat cekal itu tidak pernah merasa dipaksa oleh KPK. "Imigrasi bilang surat KPK untuk mencekal itu normal, tidak ada paksaan. Tidak ada masalah. Lalu apa pidananya? Kalau tidak ada pidananya kok dipaksakan?" ujarnya seperti dikutip ANTARA.

Menurutnya, Mabes Polri tidak hanya menyalahgunakan kekuasaan dalam kasus tersebut, tetapi bahkan bisa balik dipidanakan. "Itu bukan lagi penyalahgunaan wewenang kalau tidak ada pidananya. Itu namanya penyalahgunaan kekuasaan," ujarnya.

Mahfud mengatakan kepolisian jelas telah melakukan kesalahan karena sampai saat ini kasus yang dituduhkan kepada Chandra dan Bibit tidak ada tindak pidananya."Sejauh penjelasan kepada masyarakat saat ini bahwa katanya ada aliran dana, penyuapan, bahwa katanya memaksa pencekalan, kenapa tidak ditunjukkan buktinya? Itu kan masyarakat harus tahu," ujarnya.

Kepolisian, lanjut dia, seharusnya berhati-hati karena tidak boleh memasuki perkara yang tidak mengandung tindak pidana. "Itu bisa merusak sistem hukum kita. Polri hanya di bidang pidana. Kalau administrasi itu rejimnya jelas dalam sistem hukum kita," katanya.

Menanggapi komentar Mahfud tersebut, Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri mengatakan kepolisian tetap jalan terus dalam perkara Chandra Hamzah dan Bibit Samad Rianto. "Proses pidana jalan terus, itu nanti diuji di peradilan saja," katanya.(AND)


Perppu Plt Pimpinan KPK Terbit Pekan Ini
September 20, 2009 at 5:57 am

Liputan6.com, Jakarta: Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) penunjukan langsung pelaksana tugas pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan dikeluarkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada pekan ini.

Menteri Hukum dan HAM Andi Mattalatta usai bersilaturahmi Lebaran dengan Presiden di Istana Negara, Jakarta, Ahad (20/9), mengatakan menurut rencana Perppu itu akan ditandatangani Presiden Yudhoyono sebelum berangkat ke Amerika Serikat pada Rabu 23 September 2009. "Ya keputusannya itu sebelum Presiden berangkat. Pekan ini dong, Presiden berangkat tanggal 23. Kalau sudah oke, keluar," ujarnya seperti dikutip ANTARA.

Andi membantah Perppu tersebut keluar terlalu cepat karena Presiden baru menyatakan kehendaknya mengeluarkan Perppu pada 16 September 2009. Menurutnya, Perppu tersebut hanya memberikan kewenangan kepada presiden untuk mengambil langkah menunjuk pelaksana tugas pimpinan KPK.

Dari Perppu tersebut, lanjut dia, kemudian dibuat Keputusan Presiden untuk menetapkan Plt. pimpinan KPK yang ditunjuk oleh Presiden. Andi memperkirakan selang waktu antara keluarnya Perppu dan Keppres tidak terlalu lama. "Secepatnya. Perppu keluar kan dalam rangka mengisi kekosongan pimpinan KPK," ujarnya.

Menteri Sekretaris Negara Hatta Radjasa pun mengaku draft Perppu untuk menunjuk langsung pelaksana tugas pimpinan KPK sudah mencapai tahap final."Perppu-nya sedang disiapkan, sudah selesai. Kita sudah bicara, sudah selesaikan dengan Menkumham, Meneg PAN, Setneg, sudah kita membuat drafnya dan sudah final," ujarnya.(AND)



Ana Miriana Diautopsi di RSCM
September 20, 2009 at 5:57 am

Liputan6.com, Tangerang: Ana Miriana, perempuan muda yang ditemukan tewas di rumah orangtuanya di Perumahan Islamic Village, Kelurahan Kelapa Dua, Tangerang, Banten, dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Salemba, Jakarta Pusat, Ahad (20/9) siang. Jenazah korban akan diautopsi di RS tersebut. Sebelumnya korban telah diautopsi di RS Qadr, Tangerang, Banten.

Ana ditemukan tewas oleh keluarganya usai salat Idulfitri. Putri pertama pasangan Darmansyah dan Asnah ini tewas dengan tujuh luka tusukan di dada, satu di leher, dan perut. Ana tidak ikut salat Id karena sedang datang bulan atau haid [baca: Keluarga Salat Id, Perempuan Muda Tewas Dibunuh].(AND)


Korban Bencana Lebaran di Penampungan
September 20, 2009 at 5:57 am

Liputan6.com, Tangerang: Idulfitri 1 Syawal 1430 Hijriah telah tiba. Tentunya, Lebaran menjadi peristiwa yang istimewa bagi setiap umat muslim. Tak terkecuali warga yang sedang tertimpa musibah.   Warga yang menjadi korban air bah Situ Gintung, Tangerang, Banten, Ahad (20/9), merayakannya dengan penuh kesederhanaan. Peristiwa enam bulan lalu itu mengubah hidup mereka, namun tetap disyukuri.

Tak terbayangkan oleh seorang warga bernama Cecep, musibah tersebut merenggut istri, anak, menantu, dan cucunya. Dalam kesepian di pengungsian Kertamukti, Ciputat, dirinya tak lagi berpeluk simpuh menjalankan tradisi keluarga. Meskipun harta yang berharga dalam hidupnya hilang, Cecep masih bisa bersyukur dengan kondisinya saat ini.

Kondisi serupa dialami korban banjir bandang di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara. Tanah masih becek dengan lumpur, tak ada uang sepeser pun untuk membeli ketupat Lebaran. Idulfitri tahun ini dilalui warga dengan pakaian yang melekat di badan.

Hari yang fitri membawa makna, merenungkan lagi perjalanan hidup dimana ada suka dan duka. Satu hal yang menjadi catatan para korban bencana, segala sesuatu tak ada yang abadi. Mensyukuri dan menerima kondisi dengan berserah pada Tuhan adalah jawaban yang menyejukkan. Simak kesederhanaan Lebaran di lokasi penampungan dalam video berikut.(OMI/AND)

 

This email was sent to auliaganteng4@gmail.comCreate Your Account
Don't want to receive this feed any longer? Unsubscribe here.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar